Penggunaan Data Mining untuk Analisis Pola Pembelian Pelanggan Menggunakan Metode Association Rule Algoritma Apriori (Studi Kasus di Toko Waspada)

Penulis

  • Mohamad Gusmil Saparudin Universitas Pamulang
  • Sholihin Sholihin Universitas Pamulang

Kata Kunci:

Data Mining, Association Rule, Algoritma Apriori

Abstrak

Toko waspada adalah Toko yang menjual berbagai macam produk sembako. Data volume transaksi pembelian dari Toko Waspada dapat digunakan untuk menganalisis perilaku pembelian pelanggan. Algoritma Apriori merupakan satu dari algoritma untuk mengekstraksi aturan asosiasi dalam bidang data mining. Kami akan menerapkan algoritma apriori untuk menemukan pola pembelian pelanggan berdasarkan data transaksi penjualan toko Waspada. Metodologi penelitian ini disusun sedemikian rupa untuk membimbing dan menjadi bahan referensi bagi peneliti dalam proses penelitian, dan desain penelitian juga berperan penting dalam membimbing peneliti dari penjelasan masalah hingga pengujian hasil. Aturan yang diterapkan dengan algoritma Apriori dapat digunakan sebagai kriteria untuk menyimpan item yang memenuhi skor dukungan dan kepercayaan minimum. Hasil dari aturan tersebut dapat dijadikan sebagai dasar untuk menyimpan entitas yang ada sehingga hubungan antara kedua entitas tersebut memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.

Referensi

Adinugroho, S., & Sari, Y. A. (2018). Associaton Rule. In Implementasi Data Mining Menggunakan Weka (pp. 127–144). UB Press.

Fitriati, D. (2016). Implementasi Data Mining untuk Menentukan. 2(1), 472–480. http://ars.ilkom.unsri.ac.id472

Han, J., & Kember, M. (2011). Data Mining Concept and Technique. Morgan Kauffman.

Informatika, J. R. (2019). Penerapan Data Mining Terhadap Penjualan Pipa Pada CV 1(4), 167–172.

Jiwei, H., Kamber, M., & Pei, J. (2011). Data Mining: Concept and Techniques. Elseiver.

Komaruddin. (2001). Pengertian Analisis Menurut Para Ahli, KBBI dan Secara Umum. https://www.zonareferensi.com/pengertian-analisis-menurut- paraahli-dan-secara- umum/

Kusrini, & Luthfi, E. T. (2019). Algoritma A Apriori. In T. A. Prabawati (Ed.), Algoritma Data Mining (pp. 149–156). Cv Andi Offset.

Larose, D. T. (2015). Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. John Willey & Sons, Inc.

Lestari, N. (2017). Penerapan Data Mining Algoritma Apriori Dalam Sistem Informasi Penjualan. Jurnal Edik Informatika, 103–111.

Megayasa, I. G. P., Agus, I. K., Aryanto, A., Diputra, I. G. S., Arianta, I. N., & Rusditya, S. (2016). Implementasi Algoritma Apriori untuk Menganalisis Pola Pembelian Konsumen pada Produk SPA. Senapati, 206–210.

Sepri, D., Afdal, M., & Riau, S. (2017). Analisa Dan Perbandingan Metode Algoritma Apriori Dan Fp- Growth Untuk Mencari Pola Daerah Strategis Pengenalan Kampus Studi Kasus Di Stkip Adzkia Padang. Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), 1(1).

Srikanti, E., Yansi, R. F., Norhavina, Permana, I., & Salisah, F. N. (2018). Penerapan Algoritma Apriori untuk Mencari Aturan Asosiasi pada Data Peminjaman Buku di Perpustakaan. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 4(1), 77– 80.

Tana, M. P., Marisa, F., Wijaya, I. D., Informatika, J. T., & Widyagama, F. T. U. (2018). Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase Menggunakan Algoritma Apriori. 3(2), 17–22.

Turban, E., & dkk. (2015). Decision Support System and Intelligent Systems. AndiOffset.

Yanto, R., & Khoiriah, R. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. 102–113.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-31

Cara Mengutip

Saparudin, M. G., & Sholihin, S. (2023). Penggunaan Data Mining untuk Analisis Pola Pembelian Pelanggan Menggunakan Metode Association Rule Algoritma Apriori (Studi Kasus di Toko Waspada). Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 6(1), 27–33. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/26927