Implementasi Fuzzy Mamdani Menentukan Tingkat Kepuasan Penumpang Trans Metro Deli Kota Medan
Kata Kunci:
Fuzzy mamdani, Kepuasan penumpang, Logika fuzzy, Matlab, Trans metro deli kota medanAbstrak
Kota Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki populasi yang padat. Untuk memenuhi kebutuhan transportasi penduduk, pemerintah Kota Medan meluncurkan Trans Metro Deli, sebuah layanan transportasi publik yang nyaman dan efisien. Namun, dalam beberapa waktu terakhir, bus Trans Metro Deli mengalami penurunan jumlah penumpang yang signifikan. Oleh karena itu, pihak pengelola bus transport perlu melakukan strategi yang tepat untuk mempertahankan konsumen mereka. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan analisis tingkat kepuasan penumpang Trans Metro Deli menggunakan metode fuzzy. Metode fuzzy Mamdani dipilih karena memiliki toleransi yang fleksibel dan hasilnya lebih sesuai dengan persepsi manusia. Melalui penggunaan kuesioner, pendapat dan harapan penumpang dievaluasi dan dihitung menggunakan metode fuzzy. Penelitian sebelumnya yang menggunakan metode serupa telah memberikan hasil yang efektif dalam menentukan tingkat kepuasan penumpang di sektor lain. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah fasilitas, harga, kualitas layanan, dan lokasi. Data-data tersebut dikumpulkan dari studi lapangan selama satu bulan. Proses fuzzy Mamdani melibatkan empat tahap, yaitu fuzzyfication, inferensi, komposisi aturan, dan defuzzyfication. Tahap-tahap ini digunakan untuk mengubah nilai input menjadi keluaran fuzzy yang mewakili tingkat keanggotaan dari masing-masing variabel. Hasil yang diperoleh sebesar 74,4. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan pada bus Trans Metro Deli. Dengan demikian, pengelola transportasi dapat memenuhi harapan penumpang dan mempertahankan konsumennya. Melalui implementasi fuzzy Mamdani, diharapkan dapat tercapai peningkatan dalam kepuasan penumpang Trans Metro Deli di Kota Medan.
Referensi
Ahmad, A. Z., Hardianto, R., Armada, A., & Anggraini, K. (2022). Analisa Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik di Polsek Kecamatan Tembilahan. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 3(2), 143–156. https://doi.org/10.31849/zn.v3i2.8502
Anita Sindar. (2021). Identifikasi Berita Hoax Menggunakan Fuzzy Logic. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 9(1), 42–46. https://doi.org/10.21063/jtif.2021.v9.1.42-46
Athiyah, U., Handayani, A. P., Aldean, M. Y., Putra, N. P., & Ramadhani, R. (2021). Sistem Inferensi Fuzzy: Pengertian, Penerapan, dan Manfaatnya. Journal of Dinda : Data Science, Information Technology, and Data Analytics, 1(2), 73–76. https://doi.org/10.20895/dinda.v1i2.201
Basri. (2021). Logika Fuzzy Mamdani Pada Sistem Pakar Identifikasi Hama Tanaman Kakao. Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) 2021, 501–507.
Dhamma, M., Guinarto, G., & Khomulia, L. (2019). Analisis Tingkat Kepuasaan Mahasiswa Terhadap Layanan Student Service Centre di Universitas Pelita Harapan Medan Dengan Metode Fuzzy Mamdami. Jurnal ISD, 4(1), 55–63. https://ejournal.medan.uph.edu/index.php/ISD/article/view/351%0Ahttps://ejournal.medan.uph.edu/index.php/isd/article/viewFile/351/186
Dristyan, F., Apridonal, Y., & Meri, M. (2022). Analisis Kepuasan Siswa terhadap Pelayanan Program Studi Menggunakan Logika Fuzzy (Studi Kasus: STMIK Royal Kisaran). Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 3(3), 389–395. https://doi.org/10.37859/coscitech.v3i3.4271
Elfaladonna, F., Griha, I., Isa, T., Informatika, J. M., & Sriwijaya, P. N. (2022). Uji Efektifitas Metode Fuzzy Logic Mamdani pada Penerimaan Beasiswa Bantuan Menggunakan Matlab. Sintech, 5(1), 75–86.
Irsan, M. Y. T., Kasau, M. I., & Simbolon, I. P. (2019). Penggunaan Fuzzy Logic & Metode Mamdani untuk Menghitung Pembelian, Penjualan dan Persediaan. JAAF (Journal of Applied Accounting and Finance), 3(1), 37–48. https://doi.org/10.33021/jaaf.v3i1.677
Mait, C. D., Watuseke, J. A., Saerang, P. D. G., & Joshua, S. R. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Fuzzy Logic Tahani untuk Penentuan Golongan Obat Sesuai dengan Penyakit Diabetes. Jurnal Media Infotama, 18(2), 344–352.
Mursalin, S. B., Sunardi, H., & Zulkifli, Z. (2020). Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Sensor Kelembaban Tanah Menggunakan Logika Fuzzy. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 11(1), 47–54. https://doi.org/10.36982/jig.v11i1.1072
Nasution, V. M., & Prakarsa, G. (2020). Optimasi Produksi Barang Menggunakan Logika Fuzzy Metode Mamdani. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 129–135. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1719
Nasyuha, A. H., Hutasuhut, M., & Ramadhan, M. (2019). Penerapan Metode Fuzzy Mamdani untuk Menentukan Stok Produk Herbal Berdasarkan Permintaan dan Penjualan. Jurnal Media Informatika Budidarma, 3(4), 313–323. https://doi.org/10.30865/mib.v3i4.1354
Radja, M., Londa, M. A., & Sara, K. (2020). Penerapan Metode Logika Fuzzy dalam Evaluasi Kinerja Dosen. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 10(2), 78–86. https://doi.org/10.31940/matrix.v10i2.1841
Saputra, I., Alkadri, S. P. A., & Insani, R. W. S. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Beasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani. Digital Intelligence, 2(1), 25–43. https://doi.org/10.29406/diligent.v2i1.2903
Simorangkir, S. (2021). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Hasil Perkebunan dengan Metode Fuzzy Mamdani. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 2(2), 65–69. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin/article/view/765%0Ahttps://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin/article/download/765/546
Sitio, S. L. M. (2018). Penerapan Fuzzy Inference System Sugeno untuk Menentukan Jumlah Pembelian Obat (Studi Kasus: Garuda Sentra Medika). Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(2), 104–112. https://doi.org/10.32493/informatika.v3i2.1522
Sunanto, S., Firdaus, R., & Makmur Setiawan Siregar. (2021). Implementasi Logika Fuzzy Mamdani Pada Kendali Suhu dan Kelembaban Ruang Server. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 2(2), 128–136. https://doi.org/10.37859/coscitech.v2i2.3362
Syahputra, R. (2021). Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelayanan Penumpang pada Maskapai Lion Air Kualanamu International Airport dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Procces ). Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), 20(1), 1–13. https://doi.org/10.53513/jis.v20i1.3280
Yakub, S., Azanuddin, A., & Prayudha, J. (2022). Implemetnasi Metode Fuzzy Associative Memory dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelayanan di Perpustakaan. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), 7(1), 62–72. https://doi.org/10.30645/jurasik.v7i1.416
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nur Jamilah Aruan, Abdul Halim Hasugian
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms