Implementasi Fuzzy Mamdani Menentukan Tingkat Kepuasan Penumpang Trans Metro Deli Kota Medan

Penulis

  • Nur Jamilah Aruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Abdul Halim Hasugian Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Fuzzy mamdani, Kepuasan penumpang, Logika fuzzy, Matlab, Trans metro deli kota medan

Abstrak

Kota Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki populasi yang padat. Untuk memenuhi kebutuhan transportasi penduduk, pemerintah Kota Medan meluncurkan Trans Metro Deli, sebuah layanan transportasi publik yang nyaman dan efisien. Namun, dalam beberapa waktu terakhir, bus Trans Metro Deli mengalami penurunan jumlah penumpang yang signifikan. Oleh karena itu, pihak pengelola bus transport perlu melakukan strategi yang tepat untuk mempertahankan konsumen mereka. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dan analisis tingkat kepuasan penumpang Trans Metro Deli menggunakan metode fuzzy. Metode fuzzy Mamdani dipilih karena memiliki toleransi yang fleksibel dan hasilnya lebih sesuai dengan persepsi manusia. Melalui penggunaan kuesioner, pendapat dan harapan penumpang dievaluasi dan dihitung menggunakan metode fuzzy. Penelitian sebelumnya yang menggunakan metode serupa telah memberikan hasil yang efektif dalam menentukan tingkat kepuasan penumpang di sektor lain. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah fasilitas, harga, kualitas layanan, dan lokasi. Data-data tersebut dikumpulkan dari studi lapangan selama satu bulan. Proses fuzzy Mamdani melibatkan empat tahap, yaitu fuzzyfication, inferensi, komposisi aturan, dan defuzzyfication. Tahap-tahap ini digunakan untuk mengubah nilai input menjadi keluaran fuzzy yang mewakili tingkat keanggotaan dari masing-masing variabel. Hasil yang diperoleh sebesar 74,4. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan pada bus Trans Metro Deli. Dengan demikian, pengelola transportasi dapat memenuhi harapan penumpang dan mempertahankan konsumennya. Melalui implementasi fuzzy Mamdani, diharapkan dapat tercapai peningkatan dalam kepuasan penumpang Trans Metro Deli di Kota Medan.

Referensi

Ahmad, A. Z., Hardianto, R., Armada, A., & Anggraini, K. (2022). Analisa Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik di Polsek Kecamatan Tembilahan. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 3(2), 143–156. https://doi.org/10.31849/zn.v3i2.8502

Anita Sindar. (2021). Identifikasi Berita Hoax Menggunakan Fuzzy Logic. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 9(1), 42–46. https://doi.org/10.21063/jtif.2021.v9.1.42-46

Athiyah, U., Handayani, A. P., Aldean, M. Y., Putra, N. P., & Ramadhani, R. (2021). Sistem Inferensi Fuzzy: Pengertian, Penerapan, dan Manfaatnya. Journal of Dinda : Data Science, Information Technology, and Data Analytics, 1(2), 73–76. https://doi.org/10.20895/dinda.v1i2.201

Basri. (2021). Logika Fuzzy Mamdani Pada Sistem Pakar Identifikasi Hama Tanaman Kakao. Konferensi Nasional Ilmu Komputer (KONIK) 2021, 501–507.

Dhamma, M., Guinarto, G., & Khomulia, L. (2019). Analisis Tingkat Kepuasaan Mahasiswa Terhadap Layanan Student Service Centre di Universitas Pelita Harapan Medan Dengan Metode Fuzzy Mamdami. Jurnal ISD, 4(1), 55–63. https://ejournal.medan.uph.edu/index.php/ISD/article/view/351%0Ahttps://ejournal.medan.uph.edu/index.php/isd/article/viewFile/351/186

Dristyan, F., Apridonal, Y., & Meri, M. (2022). Analisis Kepuasan Siswa terhadap Pelayanan Program Studi Menggunakan Logika Fuzzy (Studi Kasus: STMIK Royal Kisaran). Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 3(3), 389–395. https://doi.org/10.37859/coscitech.v3i3.4271

Elfaladonna, F., Griha, I., Isa, T., Informatika, J. M., & Sriwijaya, P. N. (2022). Uji Efektifitas Metode Fuzzy Logic Mamdani pada Penerimaan Beasiswa Bantuan Menggunakan Matlab. Sintech, 5(1), 75–86.

Irsan, M. Y. T., Kasau, M. I., & Simbolon, I. P. (2019). Penggunaan Fuzzy Logic & Metode Mamdani untuk Menghitung Pembelian, Penjualan dan Persediaan. JAAF (Journal of Applied Accounting and Finance), 3(1), 37–48. https://doi.org/10.33021/jaaf.v3i1.677

Mait, C. D., Watuseke, J. A., Saerang, P. D. G., & Joshua, S. R. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Fuzzy Logic Tahani untuk Penentuan Golongan Obat Sesuai dengan Penyakit Diabetes. Jurnal Media Infotama, 18(2), 344–352.

Mursalin, S. B., Sunardi, H., & Zulkifli, Z. (2020). Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Sensor Kelembaban Tanah Menggunakan Logika Fuzzy. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 11(1), 47–54. https://doi.org/10.36982/jig.v11i1.1072

Nasution, V. M., & Prakarsa, G. (2020). Optimasi Produksi Barang Menggunakan Logika Fuzzy Metode Mamdani. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 129–135. https://doi.org/10.30865/mib.v4i1.1719

Nasyuha, A. H., Hutasuhut, M., & Ramadhan, M. (2019). Penerapan Metode Fuzzy Mamdani untuk Menentukan Stok Produk Herbal Berdasarkan Permintaan dan Penjualan. Jurnal Media Informatika Budidarma, 3(4), 313–323. https://doi.org/10.30865/mib.v3i4.1354

Radja, M., Londa, M. A., & Sara, K. (2020). Penerapan Metode Logika Fuzzy dalam Evaluasi Kinerja Dosen. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 10(2), 78–86. https://doi.org/10.31940/matrix.v10i2.1841

Saputra, I., Alkadri, S. P. A., & Insani, R. W. S. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Beasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani. Digital Intelligence, 2(1), 25–43. https://doi.org/10.29406/diligent.v2i1.2903

Simorangkir, S. (2021). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Hasil Perkebunan dengan Metode Fuzzy Mamdani. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 2(2), 65–69. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin/article/view/765%0Ahttps://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin/article/download/765/546

Sitio, S. L. M. (2018). Penerapan Fuzzy Inference System Sugeno untuk Menentukan Jumlah Pembelian Obat (Studi Kasus: Garuda Sentra Medika). Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(2), 104–112. https://doi.org/10.32493/informatika.v3i2.1522

Sunanto, S., Firdaus, R., & Makmur Setiawan Siregar. (2021). Implementasi Logika Fuzzy Mamdani Pada Kendali Suhu dan Kelembaban Ruang Server. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 2(2), 128–136. https://doi.org/10.37859/coscitech.v2i2.3362

Syahputra, R. (2021). Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelayanan Penumpang pada Maskapai Lion Air Kualanamu International Airport dengan Metode AHP (Analytical Hierarchy Procces ). Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), 20(1), 1–13. https://doi.org/10.53513/jis.v20i1.3280

Yakub, S., Azanuddin, A., & Prayudha, J. (2022). Implemetnasi Metode Fuzzy Associative Memory dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Pelayanan di Perpustakaan. Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), 7(1), 62–72. https://doi.org/10.30645/jurasik.v7i1.416

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-30

Cara Mengutip

Aruan, N. J., & Hasugian, A. H. (2023). Implementasi Fuzzy Mamdani Menentukan Tingkat Kepuasan Penumpang Trans Metro Deli Kota Medan. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 6(3), 334–342. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/30382