Analisis Kepuasan Pengguna terhadap Sistem Operasional Lima Jaya Melalui Metode Cabanillas

Penulis

  • Sartika Saraswati Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Sarah Astiti Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Kata Kunci:

Koperasi, Metode Cabanillas, SEM, SmartPLS, Kepuasan Pengguna

Abstrak

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Lima Jaya bergerak dalam usaha simpan pinjam serta memiliki tiga belas cabang di Provinsi Jawa Tengah, KSP Lima Jaya berinovasi dengan membuat sistem informasi dengan nama sistem OP Lima Jaya untuk menunjang kegiatan operasional karyawan. Pada implementasi sistem OP Lima jaya memiliki beberapa kendala teknis seperti keterbatasan waktu akses, server down ketika akses sistem dilakukan salam waktu yang bersamaan, data inputan mengalami overload dikarenakan database penuh, dan pengguna baru mengalami kesulitan dalam penggunaan sistem. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan analisis terhadap sistem OP Lima jaya agar faktor–faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna sistem dapat diketahui menggunakan metode Cabanillas memiliki lima skala pengukuran diantaranya Aksesbilitas, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Kegunaan, serta Kepuasan Pengguna menggunakan perhitungan statistik SEM-PLS/SmartPLS menggunakan model pengukuran outer model serta inner model. Hasil pada penelitian ini terdiri dari uji validitas, reliabilitas mendapatkan hasil yang valid pada setiap variabelnya. Pada uji hipotesis memperoleh hasil bahwa lima hipotesis mendapatkan hasil yang signifikan pada H2, H5, H6, H7,H10, sedangkan pada H1, H3, H4, H8, H9 mendapatkan hasil yang tidak signifikan karena p-value memiliki nilai <0,05/=0,05.

Referensi

Adha, B., Praditya, E., Nataliani, Y., & Tanaem, F. (2021). Perancangan sistem informasi penyimpanan data transaksi simpan pinjam pada koperasi berbasis web. AITI: Jurnal Teknologi Informasi, 18(Februari), 34–53.

Aini, F., Muttakin, F., Ahsyar, T. K., & Saputra, E. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi DANA Menggunakan Metode TAM dan EUCS.

Apriliah, W., Subekti, N., & Haryati, T. (2019). Penerapan Model Waterfall Dalam Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi PT. Chiyoda Integre Indonesia Karawang. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(2), 34–42. https://doi.org/10.35969/interkom.v14i2.50

Duryadi, M. S. ,Dr. (n.d.). Metode Penelitian Ilmiah.

Firohmatillah, A. R., & Arisena, A. (2021). Potensi Penyerapan Tenaga Kerja di Koperasi Jawa Barat Tahun 2020 Menggunakan Structural Equation Model. Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(2), 131–141.

Habibi, A. (2023). Analisis Structural Equation Models (Sem) Untuk Data Hbat Non Missing. VARIANCE: Journal of Statistics and Its Applications, 4(2), 55–70. https://doi.org/10.30598/variancevol4iss2page55-70

Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. www.institutpenulis.id

Hasan, N., & Susanto, W. E. (3030). Aplikasi Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Dengan Metode Incremental. Bianglala Informatika, 8(2), 123–128.

Hussein, A. S. (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen MenggunakanPartial Least Squares (PLS) dengan smartPLS 3.0.

Liébana-Cabanillas, F., Muñoz-Leiva, F., & Rejón-Guardia, F. (2013). The determinants of satisfaction with e-banking. Industrial Management and Data Systems, 113(5), 750–767. https://doi.org/10.1108/02635571311324188

Muhson, A. (2022). Analisis Statistik dengan SmartPLS: Path Analysis, Confirmatory Factor Analysis, & Structural Equation Modeling.

Santosa, P. I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Pengembangan Hipotesis dan Pengujiannya Menggunakan SmartPLS (1st ed.). Penerbit andi.

Prasetio, R. T. (2020). Analisa Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Google Task Di Lingkungan Akademik menggunakan Metode TAM. Jurnal Responsif, vol.2(no.1), 65–74.

Republik Indonesia, P. (n.d.). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. Retrieved January 25, 2023, from https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/783.pdf

Susanti, Canta, D. S., & Hadisaputro, E. L. (2022). Penerapan Metode Pieces Framework Dalam Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Layanan Aplikasi Livin by Mandiri. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 404–410. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i1.3846

Yuliawan, K. (2021). Pelatihan Smartpls 3.0 Untuk Pengujian Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 5, 43–50.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-30

Cara Mengutip

Saraswati, S., & Astiti, S. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna terhadap Sistem Operasional Lima Jaya Melalui Metode Cabanillas. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 6(3), 458–467. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/31538