Sistem Informasi Pelayanan Jasa Foto Berbasis Web dengan Metode Priority Queue pada Mari Photo Studio

Penulis

  • Sonya Rezky Fadilla Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Triase Triase Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Sistem, Informasi, Pelayanan, Priority, Queue

Abstrak

Mari Photo adalah perusahaan hobi bagi orang-orang yang ingin melakukan fotografi studio atau outdoor untuk kebutuhan apa pun, seperti fotografi kelulusan atau fotografi model.  Mari Fotostudio Setia Budi masih memiliki beberapa kendala dalam sistem pelayanan kepada konsumen yang terkait dengan masih kurangnya pelayanan jasa karena banyaknya pelanggan yang datang sehingga menyebabkan pelayanan yang kurang maksimal kepada pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi pelayanan yang dapat mengatasi permasalahan yang ada untuk membangun sistem informasi pelayanan dengan metode antrian prioritas di Mari Photo Studio dan meningkatkan kinerja pelayanan foto untuk pelanggan. Dan juga menggunakan metode pengembangan sistem dengan metode prototype dalam membuat rancangan aplikasinya. Sistem yang dibangun dengan metode priority queue yang telah dikembangkan dapat menjadikan suatu kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan pemesanan jasa di Mari Photo Studio Setia Budi.

Referensi

Adisel. (2019). Manajemen Sistem Informasi Pembelajaran. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 2(2), 105–112.

Angka, A. G., & Sahetapy, W. L. (2017). Analisis Penerapan Electronic Supply Chain Management Pada PT Rofaca Karalmasih Abadi. Agora - Online Graduate Humanities Journal, 5(3).

Anisah, S. (2023). Implementation of Tiwana Method in a Knowldedge Management System Prototype. Journal of Information Systems and Technology Research, 2(1), 38–45. https://doi.org/10.55537/jistr.v2i1.606

Azura, Z., & Ikhwan, A. (2022). Online Library Management App Madrasah Aliyah Negeri Binjai. 6(1), 51–56. https://doi.org/10.30865/ijics.v6i1.3481

Casro, C., Purwati, Y., Setyaningsih, G., & Kuncoro, A. P. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter Di Indotechno Purwokerto. Jurnal Sains Dan Informatika, 6(2), 166–174. https://doi.org/10.34128/jsi.v6i2.244

Dewi, N. L. A. M. R., Hartati, R. S., & Divayana, Y. (2021). Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Karyawan Berbasis Website pada Berlian Agency. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 20(1), 147–152. https://doi.org/10.24843/mite.2021.v20i01.p17

Ikhwan, A., Badri, M., Andriani, M., & Saragih, N. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Fuzzy Mamdani ( Studi Kasus : Busrain Bakery ). 18(2), 147–153.

Ila, L. T., Ikhwan, A., & Irawan, M. D. (2023). Implementasi Metode Breadth First Search pada Sistem Pakar Rekomendasi Gugatan Cerai di Pengadilan Agama. J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD), 6(1), 108. https://doi.org/10.53513/jsk.v6i1.7419

Imanuel, J., Kintanswari, L., Vincent, Anggreainy, M. S., Yusuf, S., & Sembiring Kembaren, S. Y. (2022). Development of Financial Planner Application Software Based on Waterfall Model. 9th International Conference on ICT for Smart Society: Recover Together, Recover Stronger and Smarter Smartization, Governance and Collaboration, ICISS 2022 - Proceeding. https://doi.org/10.1109/ICISS55894.2022.9915039

Kurniawan, D., & Rijati, N. (2016). Dokumen Karya Ilmiah | Skripsi | Prodi Teknik Informatika - S1 | FIK | UDINUS | 2016. Fik, 1(1), 1–2. https://doi.org/10.1021/jf901375e

Laudra, D. C., Pauziah, F., Siburian, N. U., Sibarani, G., Manalu, S. B., & Ivanna, J. (2021). Mengenal dan Melestarikan Budaya Melayu Deli di Kota Medan Sumatera Utara. Jotika Journal in Education, 1(1), 6–9. https://doi.org/10.56445/jje.v1i1.13

Nalendro, G. (2019). Sistem Informasi Pengaduan Layanan Universitas. Universitas Islam Indonesia.

Nola Ritha, Suswaini, E., & Pebriadi, W. (2021). Penerapan Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Pada Poliklinik Penyakit Dalam (Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Bintan). Jurnal Sains Dan Informatika, 7(2), 222–230. https://doi.org/10.34128/jsi.v7i2.329

Nurhadi, M. I., Saputra, R. E., & Serianingsih, C. (2021). Manajemen Dan Kendali Beban Perangkat Elektronik Berbasis Web Dengan Algoritma Priority Queue. EProceedings of Engineering, 8(2), 1943–1948.

Priambudi, M. H. I., Amalia, E. L., & Pramudhita, A. N. (2020). Sistem Informasi Peramalan Jumlah Pengunjung Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing (Studi Kasus Body Gym Kota Malang). Jurnal Informatika Polinema, 7(1), 23–28. https://doi.org/10.33795/jip.v7i1.431

Riyani, D., Larashat, I., & Juhana, D. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 94–101. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233

Sahara, A. F., & Sari, Y. P. (2022). Metode Queue Priority Service Pada Layanan E-Booking Apotek Rosa Bandar Lampung Berbasis Android. Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung.

Šmýkala, M., Petter, S., Delone, W., McLean, E. R., Abrego Almazán, D., Sánchez Tovar, Y., Medina Quintero, J. M., Kaur, B. P., Aggrawal, H., Almaiah, M. A., Al-Khasawneh, A., Althunibat, A., Sub-committees, S. A., Huber, G. P., Chen, Y., Hu, L., Tseng, K., Juang, W., Chang, C., … Mukooyo, E. (2017). ATI Working Paper. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 4(1).

Wu, H., & Qi, Y. (2021). Application of Computer Software Processing Technology in Performance Information Management System. 2021 International Wireless Communications and Mobile Computing, IWCMC 2021. https://doi.org/10.1109/IWCMC51323.2021.9498597

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-30

Cara Mengutip

Fadilla, S. R., & Triase, T. (2023). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Foto Berbasis Web dengan Metode Priority Queue pada Mari Photo Studio. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 6(3), 468–474. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/31598