Analisis Penerimaan Pemustaka pada Layanan Electronic Thesis and Dissertation (ETD) di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Penulis

  • Fitri Yani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Retno Sayekti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Kepuasan Pemustaka, Layanan ETD, TAM

Abstrak

ETD (Tesis dan Disertasi Elektronik) adalah salah satu layanan utama Perpustakaan Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Universitas Islam Negeri Padangsidimpuan untuk membaca pengguna akhir. Kepuasan pengguna layanan baru tidak jelas.  Penerimaan pengguna ETD di Perpustakaan Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan perlu dianalisis. Penelitian ini mengkaji bagaimana pengguna menerima dan menggunakan layanan ETD (Electronic Thesis and Dissertation) di Perpustakaan Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Universitas Islam Negeri Padangsidimpuan dengan menggunakan pendekatan TAM (Technology Acceptance Model). Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pegumpulan data yaitu teknik kepustakaan, Penelitian lapangan (fail riset), dan menyebar kuisioner. peneliti bermaksud menggunakan metode TAM untuk mengukur kebahagiaan klien dengan penawaran ETD. Peserta adalah masyarakat yang telah menggunakan layanan ETD di UIN SYAHADA. Hasil TAM X1-Y yang digunakan untuk mempelajari pendapat pengguna sistem atau responden menunjukkan bahwa rata-rata 32,825% responden menjawab dengan Sangat Setuju, sedangkan 55,7% menjawab dengan Setuju.  Analisis regresi berganda menunjukkan bahwa desain antarmuka sistem informasi (X1), sikap pengguna terhadap sistem informasi (X3), dan sikap perilaku pengguna (X4) semuanya mempengaruhi situasi nyata pengguna (Y). Kesederhanaan antarmuka pengguna (X2) tidak ada hubungannya dengan ini. R2 = 0,352, sehingga tampaknya cukup dekat. Jadi, faktor eksternal menyumbang total 35,2% dari varians dalam kondisi ISS dunia nyata pengguna. Sisanya 64,8%, kemudian, dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak termasuk dalam model.

Referensi

Andayani, S. (2016). Penerapan electronic theses dan dissertations (ETD) di Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan 6.2, 20–25. https://doi.org/10.24252/kah.v6a1a3

Arifiyanti, Y. (2019). Analisis penerimaan pemustaka di Layanan ETD (Electronic Theses & Dissertation) Perpustakaan Universitas Gadjah Mada dengan menggunakan pendekatan TAM (Technology Acceptance Model) / Yusnia Arifiyanti.

Aryanto, M. Z. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pemustaka …. 9, 401–412.

Bidayasari, R. (2021). Evaluasi Pemanfaatan Electronic Theses And Dissertations (Etd) Upt. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala Oleh Sivitas Akademika Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (Fisip) Unsyiah. Doctoral Dissertation, UPT. Perpustakaan.

Huda, M., Santoso, H., & Rahayuningsih, S. (2017). Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan Menggunakan Metode Kano Di Perpustakaan Universitas Kadiri. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.30737/JATIUNIK.V1I1.67

Irawati, T., Rimawati, E., & Pramesti, N. A. (2020). Penggunaan Metode Technology Acceptance Model ( TAM ) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista ( Application Of Logistic And Supply Telkom Akses ). 04(2019), 106–120. https://doi.org/10.34010/aisthebest.v4i02.2257

Kriswanto, Y. R. (2019). Analisis penerimaan pemustaka terhadap electronic theses & dissertations di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(2), 239–252. https://doi.org/10.22146/BIP.33633

Murjoko. (2023). Analisis Efektifitas Sistem Informasi Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Menggunakan Metode TAM. 8(2).

Nurhastuti, D., Haryanta, H., & Indaryani, N. (2016). Persepsi Mahasiswa Terhadap Sistem Layanan Unggah Mandiri Karya Akhir Mahasiswa (UMKAM) di Perpustakaan UGM. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 12(2), 80–90. https://doi.org/10.22146/BIP.17235

Nurmaliati, N. (2017). Peranan ETD (Electronic Thesis And Dissertations) UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala dalam Peningkatan Pengaksesan Web Domain Universitas (Unsyiah.ac.id). LIBRIA, 9(1). https://doi.org/10.22373/1683

Rahmah, andriko firma dan elva. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pemustaka di perpustakaan kopertis wilayah x. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, Vol.1 No.1, 110–115.

Rifauddin, M., & Halida, A. N. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Sistem Unggah Mandiri dan Akses ETD Repositori di Perpustakaan UGM Yogyakarta. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 2(2), 195–211. https://doi.org/10.18326/PUSTABIBLIA.V2I2.195-211

Sayekti, N. (2022). Penanganan Keluhan Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Masa Pandemi COVID-19. Media Informasi, 31(2), 131–145. https://doi.org/10.22146/MI.V31I2.5252

Walidatus Sholihah, Z. (2018). Kesiapan Pustakawan Dalam Menghadapi Era Teknologi Informasi. Seminar Nasional Prodi Ilmu Perpustakaan UM Literasi Digital Dari Pustakawan Untuk Merawat Kebhinekaan Malang, 10.

Wibowo, P. C. (2018). Layanan Elektronik Tesis Disertasi di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. digilib.uns.ac.id.

Yulinar. (2019). teknologi informasi perpustakaan. Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, Vol. 3, No(teknologi informasi perpustakaan).

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-30

Cara Mengutip

Yani, F., & Sayekti, R. (2023). Analisis Penerimaan Pemustaka pada Layanan Electronic Thesis and Dissertation (ETD) di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 6(3), 475–483. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/31971