Analisis Penerimaan Pemustaka pada Layanan Electronic Thesis and Dissertation (ETD) di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)
Kata Kunci:
Kepuasan Pemustaka, Layanan ETD, TAMAbstrak
ETD (Tesis dan Disertasi Elektronik) adalah salah satu layanan utama Perpustakaan Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Universitas Islam Negeri Padangsidimpuan untuk membaca pengguna akhir. Kepuasan pengguna layanan baru tidak jelas. Penerimaan pengguna ETD di Perpustakaan Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan perlu dianalisis. Penelitian ini mengkaji bagaimana pengguna menerima dan menggunakan layanan ETD (Electronic Thesis and Dissertation) di Perpustakaan Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Universitas Islam Negeri Padangsidimpuan dengan menggunakan pendekatan TAM (Technology Acceptance Model). Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pegumpulan data yaitu teknik kepustakaan, Penelitian lapangan (fail riset), dan menyebar kuisioner. peneliti bermaksud menggunakan metode TAM untuk mengukur kebahagiaan klien dengan penawaran ETD. Peserta adalah masyarakat yang telah menggunakan layanan ETD di UIN SYAHADA. Hasil TAM X1-Y yang digunakan untuk mempelajari pendapat pengguna sistem atau responden menunjukkan bahwa rata-rata 32,825% responden menjawab dengan Sangat Setuju, sedangkan 55,7% menjawab dengan Setuju. Analisis regresi berganda menunjukkan bahwa desain antarmuka sistem informasi (X1), sikap pengguna terhadap sistem informasi (X3), dan sikap perilaku pengguna (X4) semuanya mempengaruhi situasi nyata pengguna (Y). Kesederhanaan antarmuka pengguna (X2) tidak ada hubungannya dengan ini. R2 = 0,352, sehingga tampaknya cukup dekat. Jadi, faktor eksternal menyumbang total 35,2% dari varians dalam kondisi ISS dunia nyata pengguna. Sisanya 64,8%, kemudian, dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak termasuk dalam model.Referensi
Andayani, S. (2016). Penerapan electronic theses dan dissertations (ETD) di Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan 6.2, 20–25. https://doi.org/10.24252/kah.v6a1a3
Arifiyanti, Y. (2019). Analisis penerimaan pemustaka di Layanan ETD (Electronic Theses & Dissertation) Perpustakaan Universitas Gadjah Mada dengan menggunakan pendekatan TAM (Technology Acceptance Model) / Yusnia Arifiyanti.
Aryanto, M. Z. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pemustaka …. 9, 401–412.
Bidayasari, R. (2021). Evaluasi Pemanfaatan Electronic Theses And Dissertations (Etd) Upt. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala Oleh Sivitas Akademika Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (Fisip) Unsyiah. Doctoral Dissertation, UPT. Perpustakaan.
Huda, M., Santoso, H., & Rahayuningsih, S. (2017). Analisis Kualitas Layanan Perpustakaan Menggunakan Metode Kano Di Perpustakaan Universitas Kadiri. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.30737/JATIUNIK.V1I1.67
Irawati, T., Rimawati, E., & Pramesti, N. A. (2020). Penggunaan Metode Technology Acceptance Model ( TAM ) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista ( Application Of Logistic And Supply Telkom Akses ). 04(2019), 106–120. https://doi.org/10.34010/aisthebest.v4i02.2257
Kriswanto, Y. R. (2019). Analisis penerimaan pemustaka terhadap electronic theses & dissertations di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(2), 239–252. https://doi.org/10.22146/BIP.33633
Murjoko. (2023). Analisis Efektifitas Sistem Informasi Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Menggunakan Metode TAM. 8(2).
Nurhastuti, D., Haryanta, H., & Indaryani, N. (2016). Persepsi Mahasiswa Terhadap Sistem Layanan Unggah Mandiri Karya Akhir Mahasiswa (UMKAM) di Perpustakaan UGM. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 12(2), 80–90. https://doi.org/10.22146/BIP.17235
Nurmaliati, N. (2017). Peranan ETD (Electronic Thesis And Dissertations) UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala dalam Peningkatan Pengaksesan Web Domain Universitas (Unsyiah.ac.id). LIBRIA, 9(1). https://doi.org/10.22373/1683
Rahmah, andriko firma dan elva. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pemustaka di perpustakaan kopertis wilayah x. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, Vol.1 No.1, 110–115.
Rifauddin, M., & Halida, A. N. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Sistem Unggah Mandiri dan Akses ETD Repositori di Perpustakaan UGM Yogyakarta. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 2(2), 195–211. https://doi.org/10.18326/PUSTABIBLIA.V2I2.195-211
Sayekti, N. (2022). Penanganan Keluhan Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Masa Pandemi COVID-19. Media Informasi, 31(2), 131–145. https://doi.org/10.22146/MI.V31I2.5252
Walidatus Sholihah, Z. (2018). Kesiapan Pustakawan Dalam Menghadapi Era Teknologi Informasi. Seminar Nasional Prodi Ilmu Perpustakaan UM Literasi Digital Dari Pustakawan Untuk Merawat Kebhinekaan Malang, 10.
Wibowo, P. C. (2018). Layanan Elektronik Tesis Disertasi di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. digilib.uns.ac.id.
Yulinar. (2019). teknologi informasi perpustakaan. Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, Vol. 3, No(teknologi informasi perpustakaan).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fitri Yani, Retno Sayekti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms