Penerapan Metode Naïve Bayes dan Weighted Product untuk Prediksi Lanjut Studi Peserta Didik

Penulis

  • Muhammad Dahlan Kurnia Universitas Pamulang
  • Tukiyat Tukiyat Universitas Pamulang
  • Makhsun Makhsun Universitas Pamulang

Kata Kunci:

Prediksi, Yayasan Pendidikan, Naïve Bayes, Weighted Product, Confusion Matrix.

Abstrak

Rendahnya animo peserta didik pada Yayasan Hidayaturrohman Teluknaga untuk melanjutkan pendidikan dari MTs Hidayaturrohman ke SMA Hiro menyebabkan perlu dicari faktor-faktor penyebab kurangnya minat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkombinasikan penerapan prediksi lanjut studi peserta didik dengan metode naïve bayes dan penerapan perangkingan dengan metode weighted product. Data obyek penelitian ini adalah para lulusan MTs Hidayaturohman tahun 2022. Sampel penelitian sebanyak 322 data. Metode pengumpulan data berupa data sekunder yaitu siswa lulusan MTs Hidayaturrohman tahun 2022. Adapun atribut yang digunakan untuk menilai faktor-faktor pada lulusan MTs Hidayaturrohman untuk melanjutkan ke SMA hiro terdiri dari 5 atribut yaitu hobi, moda tranportasi, penghasilan orang tua, jarak dari rumah ke sekolah dan nilai ujian sekolah. Dalam penelitian, 322 data dibagi sebanyak 85% (273 data) untuk data training dan 15% (49 data) untuk data testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode naïve bayes dapat diterapkan dalam memprediksi lanjut studi peserta didik dari MTs Hidayaturrohman ke SMA Hiro. Hal ini dibuktikan dengan uji akurasi menggunakan confusion matrix dengan nilai akurasi 71%. Dimana dari 49 data testing diprediksi 34 data dengan hasil lanjut dan 15 data dengan hasil pindah. Selanjutnya perangkingan data menggunakan weighted product dilakukan terhadap 316 data, dimana 50% data (158 data) dengan nilai vektor v tertinggi masuk perangkingan lanjut dan sisanya masuk perangkingan pindah. Adapun angka 50%, sesuai dengan harapan pihak SMA Hiro yaitu sebanyak 50% lulusan MTs Hidayaturrohman melanjutkan ke SMA Hiro. Kemudian diperoleh hasil nilai vektor v tertinggi 0,005945284 untuk nomor induk 19207207 dan nilai vektor v terendah 0,001552376 untuk nomor induk 19207219.

Referensi

Alfi Novia Zahrotul Hidayah, A. F. R. (2021). Penerapan Data Mining Dalam Menentukan Kinerja Karyawan Terbaik Dengan Menggunakan Metode Algoritma C4.5 ( Studi Kasus : Universitas Mercu Buana Yogyakarta ). Journal Of Information System And Artificial Intelligence, 1(2), 73–80.

Aspiah, R., & Taghfirul Azhima Yoga Siswa. (2022). Implementasi Correlation Based Feature Selection (Cfs) Untuk Peningkatan Akurasi Algoritma C4.5 Dalam Prediksi Performa Akademik Mahasiswa Berbasis Learning Management System. Jurnal Ilmiah Betrik, 13(2), 199–207. https://doi.org/10.36050/betrik.v13i2.523

Kartika, J. I., Santoso, E., & Sutrisno. (2017). Penentuan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor dan Weighted Product (Studi Kasus: SMP Negeri 3 Mejayan). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(5), 352–360.

Kurniawan, D. (2020). Pengenalan Machine Learning dengan Python Solusi untuk Permasalahan Big Data.

Maricar, M. A., & Dian Pramana. (2019). Perbandingan Akurasi Naïve Bayes dan K-Nearest Neighbor pada Klasifikasi untuk Meramalkan Status Pekerjaan Alumni ITB STIKOM Bali. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(1), 16–22.

https://doi.org/10.30864/jsi.v14i1.233

Sahadi, S., Ardhiansyah, M., & Husain, T. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa/i Kelas Unggulan Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 1(2), 153–167. https://doi.org/10.35957/jtsi.v1i2.513

Wibowo, G. W. N. (2020). Prediksi Kelanjutan Studi Siswa Ke Perguruan Tinggi Dengan Naive Bayes. Jurnal DISPROTEK, 11(1), 41–46. https://doi.org/10.34001/jdpt.v11i1.1159

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

Kurnia, M. D., Tukiyat, T., & Makhsun, M. (2023). Penerapan Metode Naïve Bayes dan Weighted Product untuk Prediksi Lanjut Studi Peserta Didik. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 6(4), 730–739. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/33538