Uji Usability dan User Experience Website Sistem Informasi Akademik Universitas Terbuka (SIA UT) Berdasarkan Perspektif Mahasiswa Menggunakan Metode USE Questionnaire dan Cognitive Walkthrough

Penulis

Kata Kunci:

Sistem Informasi Akademik, Universitas Terbuka, Usability Testing, USE Questionnnaire, Cognitive Walkthrough (CW)

Abstrak

Efektivitas dan efisiensi website Sistem Informasi Akademik Universitas Terbuka (SIA UT) dalam mempermudah komunikasi dan penyampaian informasi antara universitas dan mahasiswa menjadi sangat krusial untuk dibahas mengingat fakta bahwa mahasiswa UT tersebar di seluruh Indonesia dan mengikuti pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pengujian yang terukur untuk mengetahui tingkat usabilitas dan pengalaman pengguna serta memperoleh rekomendasi perbaikan bagi sistem apabila ditinjau dari pandangan mahasiswa UT. Metode penelitian yang digunakan untuk mengukur Usability menggunakan USE Questionnnaire dengan parameter pengukuran Usefulnesss, Ease of Use, Ease of Learning, dan Satisfaction. Sedangan metode yang digunakan untuk mengukur User Experience menggunakan Cognitive Walkthrough  (CW) yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis User Experience dengan model kognitif. Pengujian Usability menggunakan Google Form yang dibagikan kepada 50 mahasiswa dari berbagai jurusan dan UPBJJ-UT. Sedangkan pengujian User Experience dilakukan dengan skenario tugas secara langsung di UPBJJ-UT Serang dan Semarang kepada 10 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kumulatif (mean) dari faktor Usefulnesss sebesar 4,35 yang dikategorikan ke dalam rentang penilaian “Baikâ€. Sementara nilai mean faktor Ease of Use adalah 4,07 masuk dalam rentang “Baikâ€. Indikator penilaian Satisfaction memperoleh skor mean sebesar 4,11 yang juga masuk dalam rentang kategori “Baikâ€. Pengujian usabilitas menggunakan metode CW memberikan rekomendasi perbaikan yang dapat menjadi dasar bagi UT untuk terus memperbaiki dan mengembangkan website SIA UT agar lebih memenuhi kebutuhan dan ekspektasi mahasiswa, terutama yang mengikuti sistem belajar jarak jauh.

Biografi Penulis

Muhamad Riyan Maulana, Universitas Terbuka

Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Terbuka

Moh. Rizky Putra Aji Utama, Universitas Terbuka

Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Terbuka

Dian Nurdiana, Universitas Terbuka

Dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Terbuka

Referensi

Aelani, K. (2012). Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire (studi kasus aplikasi perwalian online stmik “amikbandungâ€) Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Andrade, C. (2021). The inconvenient truth about convenience and purposive samples. Indian Journal of Psychological Medicine. doi:10.1177/0253717620977000

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdi. (2020). Indonesia education readiness conducting distance learning in Covid-19 pandemic situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491-507.

Hadit, R. K., Az-Zahra, M. H., & Fanani, L. (2018). Analisis dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Kai Access dengan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 2742-2750.

Hamidah, I., Nugroho, B. I., & Surorejo, S. (2023). Penerapan Interaksi Manusia dan Komputer pada Antarmuka Sistem Informasi Akademik. Penerapan Interaksi Manusia dan Komputer pada Antarmuka Sistem Informasi Akademik, 5(1), 111-120.

Hariyanto, D., Triyono, M. B., & Kohler, T. (2020). Usability Evaluation of Personalized Adaptive E-Learning System Using Use Questionnaire. Knowledge Management & E-Learning, 12(1), 85-105.

Kurniawan, I., Ardianto, Y. T., & Hidayatullah, S. (2021). The Effect of The Information System Quality, Service Quality, and User Satisfaction on Academic Information System User Loyalty. International Journal Of Science & Technology Research, 10(5), 350-355.

León-Mantero, C., Casas-Rosal, J. C., & Pedrosa-Jesús, C. (2020). Measuring Attitude Towards Mathematics Using Likert Scale Surveys: The Weighted Average. In PloS one. journals.plos.org. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0239626

Masturoh, S., Wijayanti, D., & Prasetyo, A. (2019). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall Pada SMK ITENAS Karawang. Jurnal Informatika, 6(1), 62-68.

Muhaemin, M. N. (2020). Mengukur User Experience Sistem Informasi Akademik. INFOTECH journal, 6(1), 7-10.

Muhammad, F., & Persada, i. G. (2022). Pengujian Usabilitas Pada Website PKM Corner UIIMenggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Heuristic Evaluation. Automata, 3(1), .

Nooriza, R., & Fitroh. (2022). Uji Usability Pada Situs Web E-Learning Untuk UMKM. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 5(2).

Nurdiana, D., Susilo, A., Aprijani, D. A., & Suryadi, A. (2021). The Development of Web-Based Credit Transfer Applications in the Faculty of Science and Technology Universitas Terbuka (A Case Study in the Information System Program). International Journal of Global Operations Research, 2(4), 150–161.

Nurkalis, U., Adi, K., & Agushybana, F. (2019). Penilaian Usability Sistem Gasurkes “Go Bumil†untuk PencarianIbuHamil di Wilayah Kota Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 7(1), 75-80.

Nurrcahman, A. P., Priyandari, Y., & Yuniaristanto. (2022). Pengujian Usability Pada Aplikasi Informasi Akademik Mahasiswa Universitas Diponegoro Berbasis Android. Techno.Com: Jurnal Teknologi Informasi, 21(3), 534-542.

Priyadi, A., Sediyono, E., & Purnomo, D. H. (2021). Evaluasi Kebergunaan (Usability) dan Rekomendasi Penggunaan Google Classroom untuk Blended Learning di Perguruan Tinggi. JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), 11(2), 105-116.

Universitas Terbuka. (2022, September 22). Retrieved from https://www.ut.ac.id/berita/2022/09/naik-jadi-412697-ut-kokoh-sebagai-pt-dengan-mahasiswa-terbanyak

Universitas Terbuka. (2022). Retrieved from https://www.ut.ac.id/tentang-ut

Wijaya, H. O., & Armanto. (2022). User Experience Penggunaan Google Classroom Dengan Metode Usability Testing dan UEQ. Jurnal Teknologi Informasi Mura, 14(2), 102-111.

Zulkarnaini, & Fatmasari, R. (2021). Pengaruh Layanan Akademik dan Citra Institusi terhadap Loyalitas. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1285-1294

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

Maulana, M. R., Utama, M. R. P. A., & Nurdiana, D. (2023). Uji Usability dan User Experience Website Sistem Informasi Akademik Universitas Terbuka (SIA UT) Berdasarkan Perspektif Mahasiswa Menggunakan Metode USE Questionnaire dan Cognitive Walkthrough. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 6(4), 713–729. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/34189