Implementasi Penggunaan Chatbot dalam Memberikan Informasi Pendukung Program MBKM dengan Menggunakan Metode Prototype

Penulis

  • Fitri Nurmahya Semaranf State University
  • Diana Diana Semarang State University

Kata Kunci:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kampus Merdeka, Chatbot, User friendly

Abstrak

Baru-baru ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merancang sebuah kebijakan, yaitu program MBKM atau yang biasa disebut dengan "merdeka belajar kampus merdeka". Kebijakan ini dinilai relevan dan tepat di era demokrasi saat ini. Banyak manfaat dari program MBKM ini, seperti membantu mahasiswa S1 memiliki kemampuan yang baik dan siap kerja dengan memiliki softskill dan hardskill yang relevan dengan kebutuhan zaman, juga dapat bersaing di dunia internasional dan juga agar mahasiswa yang memiliki kompetensi dengan lulusannya dapat menjadi pemimpin di masa depan dan memiliki kepribadian yang baik, oleh karena itu informasi yang disebarkan harus tersampaikan ke mahasiswa secara detail, oleh karena itu kami melakukan pengembangan dengan membuat sebuah chatbot untuk memberikan informasi yang mendukung, dalam pembuatan chatbot ini kami menggunakan beberapa proses antara lain pengumpulan dan pengolahan data, pengolahan data, pemodelan aplikasi, proses deployment dan proses evaluasi. Kelebihan dari aplikasi yang kami buat yaitu terdapat program kampus mandiri dari beberapa kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian BUMN. Selain itu, tampilan website kami sangat user friendly sehingga memudahkan rekan-rekan mahasiswa untuk menggunakannya.

Referensi

Marjan Fuadi, T. (2022). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) : Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 38. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11594

Ansori, F., & Budianingsih, T. (2022). Analisis Pemahaman Mahasiswa Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok Universitas Al Azhar Indonesia terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 7(2), 103. https://doi.org/https://doi.org/10.36722/sh.v7i2.1008

Windiatmoko, Y., Hidayatullah, A. F., & Fudholi, D. H. (2022). Mi-Botway : a Deep Learning-based Intelligent University Enquiries Chatbot. 6(1). https://doi.org/https://doi/org/10.29099/ijair.v6i1.247

Pradana, Z. H., & Rochmanto, R. A. (2022). Chatbot-based Information Service using RASA Open-Source Framework. Jurnal Resti, 5(158), 2–3. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29207/resti.v6i4.3913

Zuraiyah, T. A., Utami, D. K., Herlambang, D., Studi, P., Komputer, I., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., Pakuan, U., Bogor, K., & Barat, J. (n.d.). MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN RECURRENT NEURAL NETWORK. 91–101. https://doi.org/https://doi.org/10.35760/tr.2019.v24i2.2388

Teddy Wijaya, Muhammad Rusli, Erwin Syah Rany, H. F. (2019). Membangun Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada CV . Unomax Indonesia. Kalbiscentia, Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(2), 110–121.

Hidayat, S., Silvanie, A., & Subekti, R. (2022). CHATBOT UNTUK KONSULTASI AKADEMIK MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING. 6(2), 396–410. https://doi.org/https://doi.org/10.52362/jisamar.v6i2.780

Sains, S., Gunawan, I., Asnal, H., Cahyadi, M. N., & G, Z. M. (2022). Perancangan Chatbot untuk Layanan Informasi Sekolah ( Studi Kasus SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru ). https://doi.org/https://doi.org/10.33372/stn.v8i2.880

Guntoro, Costaner, L., & Lisnawita. (2020). Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence Markup Language ( AIML ). Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi, 11(2), 291–300. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/digitalzone.v11i2.5049I

Chatbot, A., Faq, U., Di, A., Lstm, I. D., & Kata, P. (2022). CHATBOT APPLICATION FOR ACADEMIC FAQ IN IBI-K57 WITH LSTM AND. 5(1), 19–27. https://doi.org/https://doi.org/10.33387/jiko

Hussain, S., Al-hashmi, S. H., Malik, M. H., Imran, S., & Kazmi, A. (2023). Chatbot in E-learning. 01002, 1–5.

Aprilinda, Y., Martavia, T., Afandi, F. N., & Rizal, U. (2022). Chatbot Menggunakan Natural Language Processing untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android. 8(200), 8–12. https://doi.org/DOI http://dx.doi.org/10.36448/expert.v12i1.2629

Nurhayatunnufus, L., Terapan, F. I., Buah, T., Bandung, K., Barat, J., Ridha, M. P., Terapan, F. I., Batu, T. B., Barat, J., Maulid, H., Terapan, F. I., Batu, T. B., & Barat, J. (2020). LAPPYBOT : CHATBOT APPLICATION FOR INFORMATION ON SELECTING LAPTOP USING THE NATURAL LANGUAGE PROCESSING ( NLP ) METHOD. 6(2), 2586–2594.

muhamad hanif, zulkifli. (2021). Pengembangan aplikasi whatsapp chatbot untuk pelayanan akademik di perguruan tinggi.

Larasati Amalia, E., & Wahyu Wibowo, D. (2019). Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 137–142.

Baiti, Z. N., & Nugroho, F. (n.d.). TEKNIK INFORMATIKA BERBASIS SISTEM PAKAR.

Falah, F. (2021). PENGARUH PENERAPAN APLIKASI CHATBOT SEBAGAI MEDIA INFORMASI ONLINE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN KESEHATAN PRIMER DI MASA PANDEMIK COVID - 19. BINA GENERASI : JURNAL KESEHATAN, 2(12), 18–23. https://doi.org/:https://ejurnal.biges.ac.id/index.php/kesehatan/

Haristiani, N., & Muhamad, M. (2020). Indonesian Journal of Science & Technology Combining Chatbot and Social Media : Enhancing Personal Learning Environment ( PLE ) in Language Learning. Indonesian Journal of Science & Technology, 5(3), 487–506. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17509/ijost.v5i3.2868

Arianto, alif fathur rizky, & Suryanti. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA CHATBOT TELEGRAM MENGGUNAKAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING BAGI SEKOLAH DASAR KELAS IV MATERI SELALU BERHEMAT ENERGI. JPGSD, 10(3), 589–598.

Dewonoto Laut Santoso, P., Riski, I., Kholik, N., Raffi Akbar, M., & Saifudin, A. (2021). Penerapan Artificial Intelligence dalam Aplikasi Chatbot sebagai Media Informasi dan Pembelajaran mengenai Kebudayaan Bangsa. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6(3), 579–589. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika579

Ramdani, N. A., & Apriandari, W. (2022). Implementasi Azure Cognitive Services dalam Pengembangan Chatbot Layanan Informasi Skripsi. JURNAL ILMIAH KOMPUTER GRAFIS, 15(1), 160–171. https://doi.org/http://journal.stekom.ac.id/index.php/pixel

Ishlakhuddin, F., Basir, A., & Nurlaela. (2020). Rancang Bangun Sistem Tanya-jawab Berbasis Aturan STMIK Muhammadiyah Paguyangan Brebes dengan Menggunakan Telegram Chatbot. Jurnal Informatika : Jurnal Pengembangan IT(JPIT), 5(3), 100–105.

Wisyaldin, M. K., Luciana, G. M., & Pariaman, H. (2020). Pendekatan Long Short-Term Memory untuk Memprediksi Kondisi Motor 10 kV pada PLTU Batubara. 9(2), 311–318. https://doi.org/https://doi.org/10.33322/kilat.v9i2.997

Kurniawan, H., Fazar, M. Al, Fauziah, N. R., & Munthe, I. R. (2021). Machine Translated by Google JurnalMantik Implementasi Whatsapp Chatbot Bagi Mahasiswa Baru Universitas Labuhanbatu Machine Translated by Google. 5(36), 932–939. https://doi.org/www.iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/index

Yuniar, E., & Purnomo, H. (2019). IMPLEMENTASI CHATBOT “ALITTA†ASISTEN VIRTUAL DARI BALITTAS SEBAGAI PUSAT INFORMASI BALITTAS. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 12(1), 24–35.

Pohan, S. D., & Mubarok, M. H. (2022). IMPLEMENTASI E-COMMERCE DAN COMPANY PROFILE BERBASIS WEB PADA CV . ANDROMEDA MULTI SARANA JURNAL NUANSA INFORMATIKA. JURNAL NUANSA INFORMATIKA, 16(2), 48–54. https://doi.org/https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom

Hafiz, N., Briliyant, O. C., Priambodo, D. F., Hasbi, M., & Siswanti, S. (2023). JURNAL RESTI. 5(158), 3–6. Doi : https://doi.org/10.29207/resti.v7i3.4870

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-30

Cara Mengutip

Nurmahya, F., & Diana, D. (2023). Implementasi Penggunaan Chatbot dalam Memberikan Informasi Pendukung Program MBKM dengan Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 6(4), 750–758. Diambil dari https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JTSI/article/view/34289