Analisis Faktor Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Transportasi Online: Pengukuran dengan Metode EUCS dan UTAUT (Studi Kasus: Aplikasi Mobile Maxim)

Penulis

  • Nadia Anggraini Universitas Sriwijaya
  • Dedy Kurniawan Universitas Sriwijaya
  • Ari Wedhasmara Universitas Sriwijaya
  • Nabila Rizky Oktadini Universitas Sriwijaya
  • Putri Eka Sevtiyuni Universitas Sriwijaya
  • Ahmad Rifai Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.36292

Kata Kunci:

Kepuasan Pengguna, Model EUCS, Model UTAUT, SmartPLS, Maxim

Abstrak

Salah satu aplikasi mobile transportasi daring yang terkenal di Indonesia adalah Maxim. Aplikasi mobile Maxim sendiri telah diunduh sebanyak 50 juta pengguna dan memiliki pengguna aktif aplikasi sebanyak 1.94 juta pengguna aktif di dunia selama perminggu. Berdasarkan data tersebut diperoleh tingkat retensi aplikasi sebesar 3,88% per minggu. Dapat dikatakan bahwa tingkat retensi aplikasi masih rendah. Tingkat retensi yang rendah atau penurunan jumlah pengguna yang setia salah satunya diakibatkan oleh pengalaman pengguna yang buruk. Oleh karena itu, diperlukan analisis dengan menggunakan pendekatan pengalaman pengguna, maka model kepuasan pengguna menjadi pendekatan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kepuasan pengguna aplikasi mobile transportasi online dengan adopsi model EUCS dan UTAUT. Penggunaan model tersebut meliputi variabel isi, keakuaratan, tampilan, kemudahan penggunaan, ketepatan waktu, dan kepuasan pengguna yang ada dalam model EUCS dengan variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, fasilitas pendukung, dan niat penggunaan yang ada dalam model UTAUT. Data yang diperoleh dianalisis dengan Teknik PLS-SEM menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel isi, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sementara keakuratan dan tampilan tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan pengaruh sosial berpengaruh signifikan terhadap niat penggunaan sedangkan fasilitas pendukung menunjukkan tidak adanya pengaruh signifikan terhadap niat penggunaan.

Referensi

Adjust. (2022). What a makes good app rentention rate? Adjust.Com. https://www.adjust.com/blog/what-makes-a-good-retention-rate/

Alfiansyah, G., Fajeri, A. S., Santi, M. W., & Swari, S. J. (2020). Evaluasi Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (EHR) Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) di Unit Rekam Medis Pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES†(Journal of Health Research “Forikes Voiceâ€), 11(3), 258. https://doi.org/10.33846/sf11307

Barlian, E. (2018). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif.

Data.ai. (2023). Performance of maxim - order taxi & delivery. Data.Ai. https://www.data.ai/en/apps/ios/app/maksim-zakaz-taksi/

Fauziah, A. P., & Naomi, N. D. (2022). FENOMENA BELANJA ONLINE : KASUS PENGGUNA FITUR SHOPEE PAYLATER. Indonesian Journal of Society Studies, 2(8.5.2017), 2003–2005.

Habibi, A. (2023). Analisis Structural Equation Models (Sem) Untuk Data Hbat Non Missing. VARIANCE: Journal of Statistics and Its Applications, 4(2), 55–70. https://doi.org/10.30598/variancevol4iss2page55-70

Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural equation modeling (SEM) berbasis varian: Konsep dasar dan aplikasi dengan program SmartPLS 3.2. 8 dalam riset bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia.

Herman, Lutfia, Y., Harahap, M. Y., Maizan, M. R., William, F., & Siswono. (2020). Analysis of end user satisfaction level of “mytelkomsel†services in indonesia using end user computer satisfaction approach. Proceedings of 2020 International Conference on Information Management and Technology, ICIMTech 2020, August, 493–497. https://doi.org/10.1109/ICIMTech50083.2020.9211264

Indah, D. R., & Nurfadillah, N. (2022). Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website PalTV Dengan Metode EUCS. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 8(2), 89–97. https://doi.org/10.25077/teknosi.v8i2.2022.89-97

Novianti, K. D. P. (2019). Analisis Evaluasi E-Learning Menggunakan Integrasi Model D&M dan UTAUT Integration of D&M and UTAUT Model to Analyze the Result of E-Learning Evaluation. TecnoCom, 18(2), 122–133.

Play, G. (2023). maxim - ojek, transportasi. Play.Google.Com. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.taxsee.taxsee&gl=us

Retnawati, H. (2015). Perbandingan Akurasi Penggunaan Skala Likert Dan Pilihan Ganda Untuk Mengukur Self-Regulated Learning the Comparison of the Accuracy of Likert Scale and Multiple Choice for Measuring Self-Regulated Learning. Jurnal Kependidikan, 45(2), 156–167.

Santoso, M. H. (2023). Pengembangan Aplikasi Mobile yang User-Friendly: Strategi Desain UX. Literacy Notes, 1(1).

Setyoningrum, N. R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), 17–21. https://doi.org/10.30871/jaic.v4i1.1645

Sorongan, E., Hilmansyah, H., & Hadiyanto, H. (2019). Pengaruh Variabel Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Model EUCS. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(1), 23–28. https://doi.org/10.29207/resti.v3i1.777

Susafa’ati. (2015). Pengukuran Kepuasan Penggunaan Aplikasi Lsd Air Freight. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XI(2), 142–151.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information: Towar a Unified View. MIS Quarterly, 27(3), 425–478. https://www.jstor.org/stable/30036540

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-30

Cara Mengutip

Anggraini, N., Kurniawan, D., Wedhasmara, A., Oktadini, N. R., Sevtiyuni, P. E., & Rifai, A. (2024). Analisis Faktor Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Transportasi Online: Pengukuran dengan Metode EUCS dan UTAUT (Studi Kasus: Aplikasi Mobile Maxim). Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 7(1), 19–29. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.36292