Analisis Faktor Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Transportasi Online: Pengukuran dengan Metode EUCS dan UTAUT (Studi Kasus: Aplikasi Mobile Maxim)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.36292Kata Kunci:
Kepuasan Pengguna, Model EUCS, Model UTAUT, SmartPLS, MaximAbstrak
Salah satu aplikasi mobile transportasi daring yang terkenal di Indonesia adalah Maxim. Aplikasi mobile Maxim sendiri telah diunduh sebanyak 50 juta pengguna dan memiliki pengguna aktif aplikasi sebanyak 1.94 juta pengguna aktif di dunia selama perminggu. Berdasarkan data tersebut diperoleh tingkat retensi aplikasi sebesar 3,88% per minggu. Dapat dikatakan bahwa tingkat retensi aplikasi masih rendah. Tingkat retensi yang rendah atau penurunan jumlah pengguna yang setia salah satunya diakibatkan oleh pengalaman pengguna yang buruk. Oleh karena itu, diperlukan analisis dengan menggunakan pendekatan pengalaman pengguna, maka model kepuasan pengguna menjadi pendekatan yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kepuasan pengguna aplikasi mobile transportasi online dengan adopsi model EUCS dan UTAUT. Penggunaan model tersebut meliputi variabel isi, keakuaratan, tampilan, kemudahan penggunaan, ketepatan waktu, dan kepuasan pengguna yang ada dalam model EUCS dengan variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, fasilitas pendukung, dan niat penggunaan yang ada dalam model UTAUT. Data yang diperoleh dianalisis dengan Teknik PLS-SEM menggunakan aplikasi SmartPLS 4. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel isi, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sementara keakuratan dan tampilan tidak berpengaruh signifikan. Selain itu, variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan pengaruh sosial berpengaruh signifikan terhadap niat penggunaan sedangkan fasilitas pendukung menunjukkan tidak adanya pengaruh signifikan terhadap niat penggunaan.
Referensi
Adjust. (2022). What a makes good app rentention rate? Adjust.Com. https://www.adjust.com/blog/what-makes-a-good-retention-rate/
Alfiansyah, G., Fajeri, A. S., Santi, M. W., & Swari, S. J. (2020). Evaluasi Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (EHR) Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) di Unit Rekam Medis Pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo. Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES†(Journal of Health Research “Forikes Voiceâ€), 11(3), 258. https://doi.org/10.33846/sf11307
Barlian, E. (2018). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif.
Data.ai. (2023). Performance of maxim - order taxi & delivery. Data.Ai. https://www.data.ai/en/apps/ios/app/maksim-zakaz-taksi/
Fauziah, A. P., & Naomi, N. D. (2022). FENOMENA BELANJA ONLINE : KASUS PENGGUNA FITUR SHOPEE PAYLATER. Indonesian Journal of Society Studies, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Habibi, A. (2023). Analisis Structural Equation Models (Sem) Untuk Data Hbat Non Missing. VARIANCE: Journal of Statistics and Its Applications, 4(2), 55–70. https://doi.org/10.30598/variancevol4iss2page55-70
Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural equation modeling (SEM) berbasis varian: Konsep dasar dan aplikasi dengan program SmartPLS 3.2. 8 dalam riset bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia.
Herman, Lutfia, Y., Harahap, M. Y., Maizan, M. R., William, F., & Siswono. (2020). Analysis of end user satisfaction level of “mytelkomsel†services in indonesia using end user computer satisfaction approach. Proceedings of 2020 International Conference on Information Management and Technology, ICIMTech 2020, August, 493–497. https://doi.org/10.1109/ICIMTech50083.2020.9211264
Indah, D. R., & Nurfadillah, N. (2022). Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website PalTV Dengan Metode EUCS. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 8(2), 89–97. https://doi.org/10.25077/teknosi.v8i2.2022.89-97
Novianti, K. D. P. (2019). Analisis Evaluasi E-Learning Menggunakan Integrasi Model D&M dan UTAUT Integration of D&M and UTAUT Model to Analyze the Result of E-Learning Evaluation. TecnoCom, 18(2), 122–133.
Play, G. (2023). maxim - ojek, transportasi. Play.Google.Com. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.taxsee.taxsee&gl=us
Retnawati, H. (2015). Perbandingan Akurasi Penggunaan Skala Likert Dan Pilihan Ganda Untuk Mengukur Self-Regulated Learning the Comparison of the Accuracy of Likert Scale and Multiple Choice for Measuring Self-Regulated Learning. Jurnal Kependidikan, 45(2), 156–167.
Santoso, M. H. (2023). Pengembangan Aplikasi Mobile yang User-Friendly: Strategi Desain UX. Literacy Notes, 1(1).
Setyoningrum, N. R. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), 17–21. https://doi.org/10.30871/jaic.v4i1.1645
Sorongan, E., Hilmansyah, H., & Hadiyanto, H. (2019). Pengaruh Variabel Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Model EUCS. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 3(1), 23–28. https://doi.org/10.29207/resti.v3i1.777
Susafa’ati. (2015). Pengukuran Kepuasan Penggunaan Aplikasi Lsd Air Freight. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XI(2), 142–151.
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information: Towar a Unified View. MIS Quarterly, 27(3), 425–478. https://www.jstor.org/stable/30036540
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nadia Anggraini, Dedy Kurniawan, Ari Wedhasmara, Nabila Rizky Oktadini, Putri Eka Sevtiyuni, Ahmad Rifai
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi have CC BY-NC or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC BY-NC or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License
YOU ARE FREE TO:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms