Analisis Penetapan Harga Jual Produk dan Volume Penjualan Pada PT Dealova Indonesia

Authors

  • Rifkcy Al Sauqi Universitas Pamulang

Abstract

The problem examined in this paper is how to analyze the selling price at PT Dea Lova Indonesia and how to increase sales volume at PT Dea Lova Indonesia. This study aims to analyze the selling price of products at PT Dea Lova Indonesia and find out how to increase sales volume at PT. Dea Lova Indonesia. This research method is qualitative by describing one research variable sourced from qualitative data or data collection by documentation method. Data collection techniques are carried out using observations, interviews and documentation. The results of this study found that the determination of the selling price of the product to the sales volume at PT. Dea Lova Indonesia is already running well, so sales volume continues to increase. The factors that inhibit the increase in sales volume are: lack of ability over some important issues related to the price of products sold. Therefore, product selling price and sales volume are very necessary to be applied so that the company can increase properly.

 

Keywords: Product Selling Price Determination, Sales Volume

 

 

Abstrak

Permasalah yang dikaji dalam penulisan ini adalah bagaimana analisis penetapan harga jual pada PT Dea Lova Indonesia dan bagaimana cara meningkatkan volume penjualan pada PT Dea Lova Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penetapan harga jual produk pada PT Dea Lova Indonesia dan mengetahui cara meningkatkan volume penjualan pada PT. Dea Lova Indonesia. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan mendeskripsikan satu variabel penelitian yang bersumber dari data kualitatif atau pengumpulan datanya dengan metode dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penetapan harga jual produk terhadap volume penjualan pada PT. Dea Lova Indonesia sudah berjalan dengan baik, sehingga volume penjualan terus meningkat. Adapun faktor yang menghambat meningkatnya volume penjualan adalah: kurangnya kemampuan atas beberapa masalah penting yg berkaitan dengan harga produk yang dijual. Untuk itu, penetapan harga jual produk dan volume penjualan sangat perlu diterapkan supaya perusahaan dapat meningkat secara baik

 

Kata kunci : Penetapan Harga Jual Produk, Volume Penjualan

References

Abadi, L. Y. (2016). Evaluasi Strategi Penetapan Harga Jual Dalam Bisnis Gourmet Land Cafe. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1, 112-117.

Adnyana, I. K. L., Mangku, D. G. S., & Sudiatmaka, K. (2020). Proses Pertimbangan Hakim Dalam Memutus Pembatalan Sengketa Jual Beli Tanah Di Pengadilan Negeri Singaraja Kelas 1b (Studi Kasus Putusan Pengadilan Nomor: 228/Pdt. G/2015/Pn. Sgr.). Jurnal Komunitas Yustisia, 3(2), 135-144.

Andela, A. (2020). Sistem Penetapan Harga Sewa Rumah Kos Dalam Perspektif Hukum Islam (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Al Afif, M. F., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. Pengaruh Konten Dan Promosi Giveaway Terhadap Meningkatnya Popularitas.

Diah, A. M., & Hasiar L O. (2019). Faktor YangMempengaruhi Volume Penjualan Pada Koperasi Daihatsu C Bang Samarinda. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) (pp. 90-95).

Efendi, A. R. (2018). Analisis Strategi Penetapan Harga Jual Ditinjau dari Harga Pokok Produksi pada Perusahaan Aliff Catering. Jurnal Akuntansi Manajemen.

Effendy, A. A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714.

Genda, H., Muhani, M., & Bustami, L. (2016). Analisis Pengaruh Penetapan Harga Jual Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Air Mineral Pada Pt. Asera Tirta Posidonia Di Kota Palopo. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 3(2).

Haprina, C. (2020). Pengaruh Penerapan Akuntansi Keperilakuan TerhadapKinerja Perusahaan Pada Cv. Boga Utama Amanda Brownies Cabang Palembang (Doctoral dissertation, 021008 UNIVERSITAS TRIDINANTI PALEMBANG).

Harahap, Y. R. A. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Financial Leverage Terhadap Perataan Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Unpas).

Hidayat, W. A., & Harjono, N. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Pembelajaran Tematik Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Sd. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(11), 1452-1464.

Jaenudin, J., Octovian, R., Pancawati, L., Sunanto, S., Jamaludin, J., Wardani, W. G., ... & Karyati, T. (2019). Seminar Nasional Manajemen “Nilai Tukar Sistem Moneter dan Perekonomi-an Global†Tangerang Selatan, 26 Oktober 2019.

Jamarnis, S., & Susanti, F. (2019). Pegaruh Harga Dan Periklanan Melalui Internet Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sabun Merek Lux Pada Mahasiswa Stie “Kbp†Padang.

Kadarusman, Y., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Peningkatan Jumlah Siswa Pada SMK PGRI Balaraja. JS (JURNAL SEKOLAH), 4(3), 213-221.

Kumalasari, A. (2019). Pengaruh Biaya Distribusi Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Madu Di Perusahaan Pt Kembang Joyo Sriwijaya Karangploso, Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Makmur, S. (2017). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian). Jurnal Cano Ekonomos, 3(1), 41-56.

Maulana, A. (2019). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costingpada Ukm Dendeng Belut Lamboyan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sukabumi).

Maulani, R., Dwiastuti, R., & Andriani, D. R. (2018). Analisis Penetapan Harga Produk Obat Herbal Olahan Jamur Dewa (Agaricus Blazei Murril) Pada CV. Asimas. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 1(2), 94-107.

Megawati, N. M. R. (2019). Analisis Penerapan Metode V Ar I Ab Lec Os Ting Dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi Untuk Penetapan Harga Jual (Studi Pada Pabrik Lilin Bali Star Candle Suwat, Gianyar). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 450-459.

Mubarok, N. (2017). Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan pada Butik Calista. I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 3(1), 73-92.

Nadi, L., & Wenten, I. K. (2020). Studi Kelayakan Bisnis

Nur Hasanah, R. (2019). Pengaruh Kreativitas, Sikap Mandiri, Motivasi Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi FEB UMS Periode 2015–2017) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Nurmansyah, T. (2020). Analisis Penentuan Harga Jual Produk Kerupuk Jangek Berdasarkan Metode Variable Costing (Studi Kasus Pada Kerupuk Jangek Matsopa Palembang) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG).

Pratiwi, B. P. (2019). Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Kue Xyz Bandung (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN).

Putri, L. P. (2017). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Pertambangan Batubara di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(2).

Putranto, A. T., Nurmasari, I., & Susanti, F. (2019). Pengantar Ilmu Ekonomi. 10- 11

Putranto, A. T., Nurmasari, I., & Susanti, F. (2019). Pengantar Ilmu Ekonomi. 11- 14

Rahastine, M. P., Mayasari, S., Sasmita, N., Sitasi, C., & Rahastine, M. P. (2019). Strategi Public Relations PT Indotama Karya Gemilang Dalam Meningkatkan Pemahaman Proses Prosedural Tenaga Kerja Indonesia.

Rahmawati, E. T., Subagyo, S., & Budiadi, D. (2019). Implementasi Penggunaan sistem Informasi Akuntansi UMKM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Cahaya Aktiva, 9(2), 159-174.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Rioni, Y. S. (2020). Analisis Peningkatan Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembuatan Npwp Ukm Di Kebun Lada Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat. JURNAL PERPAJAKAN, 1(2), 28-37.

Rusnaeni, N., Sutiman, S., Fadli, A. A. Y., & Supriatna, A. (2019). Akuntansi Manajemen.1-2

Rusnaeni, N., Sutiman, S., Fadli, A. A. Y., & Supriatna, A. (2019). Akuntansi Manajemen. 12

Rusnaeni, N. R. N., & Sari, S. R. (2019). Pengaruh Capital Adequacy Ratio Dan Non Performing Loan Terhadap Return On Assets Pada Pt. Bank Sinarmas Tbk Periode Tahun 2011- 2017. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(1).

Safika, N. D. (2019). Keterampilan Menyimak Wawancara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Satria, M. R. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Kota Bandung. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 66-80.

Sidiq, U., Choiri, M. M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia: Penerbit CV Nata Karya. Wujud secara online pula di: http://repository. iainponorogo. ac. id/484/1/METODE [dilayari di Kuala Lumpur, Malaysia: 10hb Februari 2020].

Sugiyono, S. (2015). Pembinaan Moral Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam Di Smk Al Fattah Desa Tahunan Tegalombo Pacitan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Sugiyono, S. (2015). Peningkatkan Kemampuan Memahami Nilai- Nilai Dalam Cerpen Melalui Model Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Siswa Kelas Ixa Semester I Smp Negeri 1 Siliragung Tahun Pelajaran 2015/2016. Progressif: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 14(1), 1-8.

Sugiyono, T., Sulistyorini, S., & Rusilowati, A. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa bervisi sets dengan metode outdoor learning untuk menanamkan nilai karakter bangsa. Journal of Primary Education, 6(1), 8- 20.

Sulistiono, M. (2019). Implementasi Hybrid Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo Pada Matakuliah Metode Penelitian Kualitatif. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 57-67.

Suryani, S. (2019). Pengaruh Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Ketidakpastia Lingkungan Dan Desentralisasi Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 8(1), 32-51.

Susanto, A. (2017). Sistem informasi akuntansi: pemahaman konsep secara terpadu.

Sutoro, M., Sugiyanto, S., Sudaryana, Y., & Haryoko, U. B. (2020). Penerapan Manajemen Dalam Pengembangan Hasil Laut Yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat Pulau Seribu. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 402-405.

Umatin, W. F. (2020). Pengaruh Modal Dan Biaya Tenaga Kerja Terhadap Peningkatan Produksi Pada Lyly Bakery Di Lamongan (Doctoral dissertation, STIEMAHARDHIKA SURABAYA).

Sugiyanto, Romadhina, Anggun Putri (2020). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro, 68

Sugiyanto, Haryoko (2020). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro, 3-4 Sugiyanto, Haryoko (2020). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro, 42-43

Downloads

Published

2021-03-31