Analisis Pengaruh Penjualan Online Terhadap Kenaikan Omzet Penjualan Butik Valensia Kec. Lubai Ulu Kab. Muara Enim Sumatera Selatan

Authors

  • Maria Indah Universitas Pamulang
  • Meilisa Ariani Universitas Pamulang

Abstract

This study aims to determine online sales at fashion boutique "Valensia" on Jl. Simpang 4 Metur, Lubai Ulu District, Muara Enim Regency, South Sumatra, to find out the sales turnover at the “valensia†fashion boutique on Jl. Simpang 4 Metur, Lubai Ulu District, Muara Enim Regency, South Sumatra. The sample used in this study using purposive sampling is the sample taken is the sales report at the Valensia boutique before and after making online sales for 3 years per 6 months. Accumulation of data using the method of observation, interviews and documentation. In assessing the data information using the statistical analysis method t test (t test) with manual calculation test. The data used in the analysis are sales turnover data before and after online sales for 3 years per 6 months. The results showed that online sales had a different effect on sales turnover at the Valensia fashion boutique-Muara Enim. For the t test, it was obtained that the value of tcount was 19.67 while ttab was 1.943. This means that the value of tcount ≥ ttable (19.67 ≥ 1,943). Thus H0 is rejected, meaning that the effect of online sales on sales turnover at valensia boutiques, Lubai Ulu District, Muara Enim Regency, South Sumatra has a fairly profitable difference.

 

Keyword: Increase in sales turnover, Online Sales, Sales Turnover

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penjualan lewat online pada butik busana fashion “Valensia†di Jl. Simpang 4 Metur Kecamatan Lubai Ulu Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, untuk mengetahui omzet penjualan pada butik busana fashion “valensia†di Jl. Simpang 4 Metur Kecamatan Lubai Ulu Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling merupakan sampel yang diambil adalah laporan penjualan pada butik valensia sebelum dan sesudah melalukan penjualan lewat online selama 3 tahun per 6 bulan. Akumulasi data menggunakan "methode" observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam mengkaji informasi data menggunakan "methode" analisis statistik t test (uji t) dengan uji perhitungan manual data yang digunakan dalam analisis adalah data omzet penjualan sebelum dan sesudah adanya penjualan lewat online selama 3 tahun per 6 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjualan online mempunyai selisih pengaruh terhadap omzet penjualan pada butik busana fashion valensia-Muara Enim. Untuk uji t diperoleh nilai thit adalah 19,67 sedangkan ttab adalah 1,943. Hal ini berarti nilai thitung ≥ ttabel (19,67 ≥ 1,943). Dengan demikian H0 ditolak, dengan artian pengaruh penjualan lewat online terhadap omzet penjualan pada butik valensia Kecamatan Lubai Ulu Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan memiliki selisih yang lumayan menguntungkan.

 

Kata kunci: Kenaikan omzet penjualan, Penjualan Online, Omzet Penjualan

References

Abdul H. Barkatullah. 2006. Bisnis E-Commerce: Studi Sistem Keamanan Hukum DiIndonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Adhi Prasetio. 2012. Jualan Online. Jakarta: Mediakita.

Basu Swastha. 2002. Azas Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo. 2002. Pengantar Bisnis Modern: Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern.Yogyakarta: Liberty.

Basu Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Blocher Chen Cokins Lin. 2007. Cost Management: Management Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Duwi Priyatno. 2010. Teknik Mudah Dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Freddy Rangkuti. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta: Gramedia.

Harimurti Subanar. 2001. Manajemen Usaha Kecil. Yogyakarta: BPFE.

Jenu W. Tandjung dan Teguh Prayoga. 2012. 31 Hari Sukses Meningkatkan Omzet Penjualan. Jakarta: Kompas Gramedia.

Jubilee Enterprise. 2013. Toko Online Modern. Jakarta: Kompas Gramedia.

Kotler Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Lili M. Sadeli dan Maman Ukas. 2000. Pengantar Ilmu Menjual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 2004. "methode" Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Raymond McLeod dan George Schell. 2004. Sistem Informasi Manajemen edisi kedelapan. Jakarta: Prenhall.

Raymond McLeod dan George Schell. 2007. Sistem Informasi Manajemen edisi 10. Jakarta: Prenhall.

Siti Maryama. 2013. Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Liquidity, Vol. 2, No. 1 (sitimaryama@yahoo.com, diakses 02 Oktober 2013)

Sugiyono. 2010. "methode" Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Terence A. Shimp. 2000. Periklanan Promosi Jilid I. Jakarta. Erlangga Jakarta.

Terence A. Shimp. 2001. Periklanan Promosi Jilid II. Jakarta. Erlangga.

Ulber Silalahi. 2010. "methode" Penelitian Sosial. bandung: PT. Refika Aditama.

Downloads

Published

2021-03-31