Dampak Maraknya Transportasi Online terhadap Pendapatan dan Laba pada PT Blue Bird
Abstract
Abstract
In this study aims to know the impact of the emergence of online-based transportation to the income and profit of PT BLUE BIRD Company. The method used in proving this research is a quantitative method. The data used in this study uses secondary data in the form of the annual company financial report period 2015-2019. The results showed that the revenues experienced by PT BLUE BIRD experienced instability. Can be seen from the data that has been in the analysis, each year decreased revenue. The presence of online-based transportation makes competing among transportation increasingly stringent. In the company's financial performance from year 2016-2019 tends to decline. In that case, PT BLUE BIRD not only focuses with a taxi, but rather develops a non-taxi segment and cooperates with some of the company Gojek. But with this effort the income has not reached as high as 2015. The lack of a base level of technology in the company makes other transportation increasingly ahead. Based on this, it can be advised to further enhance its technology to meet the needs of consumers.
Abstrak
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari munculnya transportasi berbasis online terhadap pendapatan dan laba perusahaan PT BLUE BIRD. Metode yang digunakan dalam pembuktian penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan tahunan periode 2015-2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan yang dialami oleh PT BLUE BIRD mengalami ketidakstabilan. Dapat dilihat dari data yang telah di analisis, setiap tahunnya mengalami penurunan pendapatan. Kehadiran transportasi berbasis online membuat persaingan antar transportasi semakin ketat. Dalam kinerja keuangan perusahaan dari tahun 2016-2019 cenderung mengalami penurunan. Dalam hal tersebut PT BLUE BIRD tidak hanya berfokus dengan segmentaksi, akan tetapi lebih mengembangkan segmen non-taksi dan melakukan kerjasama dengan beberapa pihak salah satu nya perusahaan Gojek. Namun dengan upaya tersebut pendapatan yang telah diperoleh tidak mencapai setinggi ditahun 2015. Kurangnya tingkat basis tekhnologi pada perusahaan ini membuat transportasi lain semakin di depan. Berdasarkan hal ini dapat diberi saran agar lebih meningkatkan tekhnologinya untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
References
Djo, N. H., & Dharmadiaksa, I. B. (2019). Penerapan Balanced Scorecard Pada Pengukuran Kinerja PT. Blue Bird Tbk. E-Jurnal Akuntansi, 26, 1912. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v26.i03.p09
Dubrin, A. J. (1998). “Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sub-Sektor Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.†October.
Hidayat, W. W. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 19–26. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i1.82
Magdalena, A., & Marpaung, S. (2013). Analisis Fundamental Saham Terhadap Pertumbuhan Perusahaan. 1(3), 205–212.
Maith, H. A. (2013). Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada Pt. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 619–628. https://doi.org/10.35794/emba.v1i3.2130
Michelle Deviana. (2018). DAMPAK ADANYA PLATFORM TRANSPORTASI ONLINE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PT THE IMPACT OF THE EXISTENCE OF ONLINE TRANSPORTATION PLATFORM TO THE FINANCIAL By : 2011.
Nurjanah, R. (2020). Kondisi Ekonomi RI Saat Ini, Akankah Memicu Krisis Ekonomi 1998 ? Www.Sukabumiupdate.Com. https://sukabumiupdate.com/detail/bale-warga/opini/68048-Kondisi-Ekonomi-RI-Saat-Ini-Akankah-Memicu-Krisis-Ekonomi-1998
Penghasilan, D. A. N., & Si, S. (2016). KOMPREHENSIF LAIN TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI INDONESIA.
Pramisti, N. Q. (2016). Ketika Blue Bird Cs Meradang. Www.Tirto.Id. https://tirto.id/ketika-blue-bird-cs-meradang-k1o
Tristiadi, B. (2012). Analisis perbedaan pengaruh informasi laba dan rugi terhadap koefisien respons laba.