Pengaruh Responsiveness dan Store Atmosphere terhadap Kepuasaan Pelanggan di Seulawah Kupi MMTC Medan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jaras.v5i1.41918Keywords:
Responsiveness, Store Atmosphere, Customer SatisfactionAbstract
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mejelaskan Pengaruh Responsiveness dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan di Seulawah Kupi MMTC Medan
Metode. Penelitian ini menggunakan kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Seulawah Kupi MMTC Medan dengan jumlah sampel 150 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data untuk penelitian ini adalah menggunakan observasi dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah model regresi linier berganda dan pengujian hipotesis uji t, uji f, dan koefisien determinasi yang sebelumnya data telah diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan asumsi klasik, penelitian ini menggunakan SPSS 26.0 for window untuk mengolah data tersebut
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa : 1) Responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, 2) Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Hasil analisis Adjusted R Square 0,634 (63,4%) menyatakan bahwa Responsiveness dan Store Atmosphere bersama-sama mempengaruhi Kepuasan Pelanggan. Hasil Responsiviness (X1) (koefisien : 0,600) dan Store Atmosphere (X2) (koefisien: 0,680) secara positif dan signifikan mempengaruhi Kepuasan Pelanggan (Y) Dapat disimpulkan dari analisis tersebut bahwa Kepuasan Pelanggan di Seulawah Kupi MMTC Medan dipengaruhi oleh Responsiveness dan Store Atmosphere.
Implikasi. Responsiveness dan Store Atmosphere.berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan di Seulawah Kupi MMTC Medan.
References
Alif Prabowo. 2022. Pengaruh Atmosphere dan Daya Tanggap Terhadap Kepuasan Pelanggan di Bank SULUT GO. Sulawesi Utara.
Armine, Jessica dan Liliana Dewi. 2017. Pengaruh Reliability, Responsiveness
Devina Martina Lieyanto. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan. Surabaya.
Didin Fatihudin, Anang Firmansyah. 2019. PEMASARAN JASA ( STRATEGI, MENGUKUR KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ). Yogyakarta.
Fandy Tjiptono. 2012. Service Management ed.2. Yogyakarta.
Fatin Furoida, Ida Maftukhah. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Suasana Toko Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan di Cafe Martabak Platinum Rubi Pekalongan. Jawa Tengah.
Fauziah, Zaira, Srikandi dan Kholid. 2016. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Emosi Dan Keputusan Pembelian Konsumen. Vol.33 No.2
Kotler, P dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT. Inseks, Jakarta. (2015). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 (13 ed.). Jakarta: Erlangga,
Lamb, Charles. Hair Joseph dan McDaniel Carl. 2012. Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Slemba Empat
Rismawati Hamid, Djoko Lesmana Radji, Yulinda L. Ismail. 2020. Pengaruh Empathy
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, Edisi 3, Yogyakarta: CV.Andi Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gilbert Mangapul Situmeang, Lokot Muda Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).