PEMANFAATAN PEMASARAN DIGITAL MENGGUNAKAN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM BAKSO OJO LALI DI PONDOK JAYA

Authors

  • Alfin Fadhillah Subari

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v1i2.10977

Abstract

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), UMKM di Indonesia mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Pada tahun 2010, jumlah UMKM ada sekitar 52,8 juta dan pada tahun 2018 bertambah menjadi 64,2 juta usaha. Kenaikan jumlah ini membawa UMKM sebagai kontributor terbesar dalam produk domestik bruto (PDB) yaitu 60,3 persen. Menariknya lagi, melansir katadata, UMKM telah menyerap 97% dari total tenaga kerja dan 99% dari total lapangan pekerjaan. Mengingat semakin meningkatnya jumlah UMKM di Indonesia dan berkembangnya fenomena pemasaran digital membuat kami sadar besarnya pengaruh positif bagi pelaku UMKM untuk terus meningkatkan pendapatan usahanya. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat diadakan oleh Universitas Pamulang berbasis penyuluhan offline dengan langsung secara lisan memberikan kesempatan untuk bias berbagi ilmu pengetahuan terkait Pemasaran Digital. Dengan adanya kegiatan PKM berbasis penyuluhan offline terkait pemanfaatan pemasaran digital di harapkan agar : (1) UMKM di Indonesia terus berkembang (2) Memudahkan jalan bagi pelaku UMKM untuk cepat mewujudkan visi dan misi (3) Memudahkan informasi dan menambah jumlah konsumen di tengah pesatnya digitalisasi.

Downloads

Published

2021-06-08

How to Cite

Subari, A. F. (2021). PEMANFAATAN PEMASARAN DIGITAL MENGGUNAKAN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM BAKSO OJO LALI DI PONDOK JAYA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 1(2), 43–51. https://doi.org/10.32493/kmm.v1i2.10977