PEMANFAATAN PEMASARAN DIGITAL MENGGUNAKAN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM BAKSO OJO LALI DI PONDOK JAYA
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v1i2.10977Abstract
Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), UMKM di Indonesia mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Pada tahun 2010, jumlah UMKM ada sekitar 52,8 juta dan pada tahun 2018 bertambah menjadi 64,2 juta usaha. Kenaikan jumlah ini membawa UMKM sebagai kontributor terbesar dalam produk domestik bruto (PDB) yaitu 60,3 persen. Menariknya lagi, melansir katadata, UMKM telah menyerap 97% dari total tenaga kerja dan 99% dari total lapangan pekerjaan. Mengingat semakin meningkatnya jumlah UMKM di Indonesia dan berkembangnya fenomena pemasaran digital membuat kami sadar besarnya pengaruh positif bagi pelaku UMKM untuk terus meningkatkan pendapatan usahanya. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat diadakan oleh Universitas Pamulang berbasis penyuluhan offline dengan langsung secara lisan memberikan kesempatan untuk bias berbagi ilmu pengetahuan terkait Pemasaran Digital. Dengan adanya kegiatan PKM berbasis penyuluhan offline terkait pemanfaatan pemasaran digital di harapkan agar : (1) UMKM di Indonesia terus berkembang (2) Memudahkan jalan bagi pelaku UMKM untuk cepat mewujudkan visi dan misi (3) Memudahkan informasi dan menambah jumlah konsumen di tengah pesatnya digitalisasi.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.