MEMBANGUN LINGKUNGAN DESA DAN MASYARAKAT DI ERA INDUSTRI 4.0 SAAT PANDEMI DI DESA PAMIJAHAN

Authors

  • Pandu Putra Pratama
  • Angga Pratama
  • Khairul Umam
  • Arbilla Larasdiva
  • Muhammad Gusti Fasya
  • Satrya Raja Shantika

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v1i2.11009

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan di Dusun Keroncong 4, Desa Pamijahan, Kabupaten Bogor dengan waktu kegiatan Pengabdian Kepada Maysarakat dimulai dari tanggal 8 Maret-15 Maret 2021. Kegiatan yang dilakukan selama satu minggu merupakan waktu yang sangat terbatas, dengan keterbatasannya waktu kami selalu berupaya semaksimal mungkin agar program kerja kami mendapatkan kesuksesesan. Program Kerja yang kami bawa meliputi sektor Pendidikan, sektor sarana dan prasarana dan sektor kewirausahaan diantaranya seperti mengedukasi masyarakat mengenai bahaya Covid-19, Bimbingan belajar untuk anak-anak, Membuat desa warna-warni, Pemeliharaan Majelis Ta’lim, Edukasi program pemasaran melalui e- commerce dan Penyuluhan inovasi olahan singkong. Sebuah Program kerja yang disiapkan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat sudah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dengan metode yang digunakan dalam kegiatan yaitu melakukan survei lapangan, dialog dengan pengurus desa dan melakukan sosialisasi dengan warga. Hasil dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Dusun Keroncong 4, Desa Pamijahan, Kabupaten Bogor yaitu masyarakat desa lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan globalisasi dengan program kerja yang telah diberikan selama kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, lingkungan atau rumah warga menjadi warna- warni jauh lebih baik dari sebelumnya dan motivasi belajar anak-anak lebih meningkat.
Kata Kunci : Pengabdian Kepada Masyarakat, Desa Pamijahan, Program Kerja

Downloads

Published

2021-06-10

How to Cite

Pratama, P. P., Pratama, A., Umam, K., Larasdiva, A., Fasya, M. G., & Shantika, S. R. (2021). MEMBANGUN LINGKUNGAN DESA DAN MASYARAKAT DI ERA INDUSTRI 4.0 SAAT PANDEMI DI DESA PAMIJAHAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 1(2), 119–129. https://doi.org/10.32493/kmm.v1i2.11009