PENGEMBANGAN & PENGELOLAAN HASIL PRODUKSI KELOMPOK WANITA TANI PURI PAMULANG SEBAGAI SOLUSI USAHA UNTUK BERKEMBANG LUAS
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v2i1.20707Keywords:
Pengeloaan, pengembangan, hasil produksi Kelompok Wanita TaniAbstract
Penanganan permasalahan pertanian di indonesia perlu adanya dukungan dari berbagai pihak seperti pemerintah sebagai penyumbang dana bagi kegiatan pertanian, masyarakat sebagai penyampai informasi yang tepat dalam pengelolaan lahan, serta partisipasi para petani dalam kegiatan pertanian. Salah satu program pemerintah untuk kesejahteraan para petani adalah dengan program Kelompok Wanita Tani (KWT). Adapun tujuan dibentuknya Kelompok Wanita Tani (KWT) adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan petani da keluarga nya sebagai subjek pembangunan pertanian melalui pendekatan kelompok agar lebih berperan dalam pembangunan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi, dan dokumentasi, untuk membuktikan keabsahan data, di gunakan teknik ketekunan di lapangan dan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kelompok Wanita Tani (KWT) Puri pamulang berperan sebagai wadah untuk meningkatkan pendapatan melalui kegiatan pengolahan hasil pertanian dan Bank sampah, menjadi wadah untuk meningkatkan produktivitas melalui kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan, menjadi wadah untuk menambah pendidikan dan pengetahuan melalui kegiatan pertemuan rutin dan pelatihan. Dari kegiatan tersebut para anggota mampu meningkatkan pendapatan keluarga, dan menekan biaya pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Hasil dari setiap kegiatan di Kelompok Wanita Tani (KWT) Puri pamulang dimanfaatkan oleh masing-masing anggota untuk memenuhi kebutuhan sehari-hariReferences
Chaterina, Intan. 2012. The Effect Of Customer Engagement In The Social Media Towards Trust (Study
To Facebook Sunsilk Indonesia) (Skripsi,Universitas Indonesia, 2013, diterbitkan )
Edomwan, S., Prakasan, S.K., Kouame, D., Watson, J., Seymour, T., 2011. The History of Social Media
and Its Impact on Business. The Journal of Applied Management and Entrepreneurship, 16 (3), pp. 1-
Evans, Dave. 2008. Social Media Marketing An Hour A Day. Canada: Wiley Publishing, Inc
Evans, Dave. 2010. Praise for Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement.
Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.
Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: PT ANDI Offset Faraz Farooq, Zohaib Jan .
The Impact of Social Networking to Influence Marketing through Product Reviews. Emerald
Group Publishing Limited ISSN 2223-4985
Gurnelius, Susan. 2011. 30-minute Sosial Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies
Husein, Umar. 2000. Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama Merril, T., Latham, K., Santalesa, R., Navetta, D., 2011. Social Media: The business
benefit may be enermous, but can the risks-reputation, legal, operational-be mitigated? Information
Law Group, Apr. p. 1-12.
Miller, R., Lammas, N., 2009. Social Media and its Implication for Viral Marketing. Asia Pacific Public
Relation Journal, vol 11, pp. 1-9.
Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan penjualan melalui media sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media, PT Elex Komputindo, Jakarta
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Bina Aksara
Tuten, Tracy. 2008. Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0 World, Greenwood
Publishing Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.