PENGEMBANGAN & PENGELOLAAN HASIL PRODUKSI KELOMPOK WANITA TANI PURI PAMULANG SEBAGAI SOLUSI USAHA UNTUK BERKEMBANG LUAS

Authors

  • Arina Damayanti universitas pamulang
  • Nabila Devita Prastika universitas pamulang
  • Nabila Dwi Anggraini universitas pamulang
  • Nadya Rahma Pranadipta universitas pamulang
  • Nila Yuniar Setyorini universitas pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v2i1.20707

Keywords:

Pengeloaan, pengembangan, hasil produksi Kelompok Wanita Tani

Abstract

Penanganan permasalahan pertanian di indonesia perlu adanya dukungan dari berbagai pihak seperti pemerintah sebagai penyumbang dana bagi kegiatan pertanian, masyarakat sebagai penyampai informasi yang tepat dalam pengelolaan lahan, serta partisipasi para petani dalam kegiatan pertanian. Salah satu program pemerintah untuk kesejahteraan para petani adalah dengan program Kelompok Wanita Tani (KWT). Adapun tujuan dibentuknya Kelompok Wanita Tani (KWT) adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan petani da keluarga nya sebagai subjek pembangunan pertanian melalui pendekatan kelompok agar lebih berperan dalam pembangunan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi, dan dokumentasi, untuk membuktikan keabsahan data, di gunakan teknik ketekunan di lapangan dan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kelompok Wanita Tani (KWT) Puri pamulang berperan sebagai wadah untuk meningkatkan pendapatan melalui kegiatan pengolahan hasil pertanian dan Bank sampah, menjadi wadah untuk meningkatkan produktivitas melalui kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan, menjadi wadah untuk menambah pendidikan dan pengetahuan melalui kegiatan pertemuan rutin dan pelatihan. Dari kegiatan tersebut para anggota mampu meningkatkan pendapatan keluarga, dan menekan biaya pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Hasil dari setiap kegiatan di Kelompok Wanita Tani (KWT) Puri pamulang dimanfaatkan oleh masing-masing anggota untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

References

Chaterina, Intan. 2012. The Effect Of Customer Engagement In The Social Media Towards Trust (Study

To Facebook Sunsilk Indonesia) (Skripsi,Universitas Indonesia, 2013, diterbitkan )

Edomwan, S., Prakasan, S.K., Kouame, D., Watson, J., Seymour, T., 2011. The History of Social Media

and Its Impact on Business. The Journal of Applied Management and Entrepreneurship, 16 (3), pp. 1-

Evans, Dave. 2008. Social Media Marketing An Hour A Day. Canada: Wiley Publishing, Inc

Evans, Dave. 2010. Praise for Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement.

Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.

Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: PT ANDI Offset Faraz Farooq, Zohaib Jan .

The Impact of Social Networking to Influence Marketing through Product Reviews. Emerald

Group Publishing Limited ISSN 2223-4985

Gurnelius, Susan. 2011. 30-minute Sosial Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies

Husein, Umar. 2000. Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia

Pustaka Utama Merril, T., Latham, K., Santalesa, R., Navetta, D., 2011. Social Media: The business

benefit may be enermous, but can the risks-reputation, legal, operational-be mitigated? Information

Law Group, Apr. p. 1-12.

Miller, R., Lammas, N., 2009. Social Media and its Implication for Viral Marketing. Asia Pacific Public

Relation Journal, vol 11, pp. 1-9.

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan penjualan melalui media sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media, PT Elex Komputindo, Jakarta

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Bina Aksara

Tuten, Tracy. 2008. Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0 World, Greenwood

Publishing Group

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Damayanti, A., Prastika, N. D., Anggraini, N. D., Pranadipta, N. R., & Setyorini, N. Y. (2022). PENGEMBANGAN & PENGELOLAAN HASIL PRODUKSI KELOMPOK WANITA TANI PURI PAMULANG SEBAGAI SOLUSI USAHA UNTUK BERKEMBANG LUAS. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.32493/kmm.v2i1.20707