MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR DI MASA PANDEMIC COVID-19 TERHADAP MINAT MEMBACA PADA PANTI ASUHAN AMANAH
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v2i1.20945Keywords:
Online Learning, Learning Spirit, Reading InterestAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk meningkatkan semangat belajar di masa pandemi
tentang pembelajaran online dan minat membaca terhadap adik-adik peserta di panti asuhan amanah yang
beralamat di jl. Sumbawa Raya, Reni Jaya Blok O.1 No. 12-15 RT 04/ RW 06, Pondok Benda, Pamulang,
Tangerang Selatan.
Adapun metode kegiatan yang di lakukan adalah berdiskusi bersama dan memberikan penjelasan mengenai
pandemi, pembelajaran online, semangat belajar, dan minat membaca terhadap generasi muda. Di dalam diskusi
ini dibahas mengenai bagaimana cara mengatasi malas belajar karena pembelajaran online dan juga malasnya
generasi muda dalam membaca.
Salah satu hal yang harus dilakukan oleh generasi muda dalam pembelajaran online yaitu fasilitas yang dapat
menunjang pembelajaran online yaitu berupa internet, gadget, PC, dan lain sebagainya.Dengan perkembangan
IPTEK, teknologi menjadi salah satu hal yang berhubungan dengan keberlangsungan pendidikan di masa
pandemi. Maka dari itu, generasi muda harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada.
Hasil dari kegiatan ini adalah peserta diskusi termotivasi untuk memiliki semangat belajar dan minat
membaca dalam pembelajaran online di masa pandemi.
References
Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar
matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek
Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan
Universitas Indonesia, 2
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek
Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan
Universitas Indonesia, 2.
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek
Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan
Universitas Indonesia, 2.
Noveandini, R., & Wulandari, M. S. (2010). Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online
(E-learning) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Fleksibilitas
Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa/i Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi
Informasi (SNATI).
Patria, L., & Yulianto, K. (2011). Pemanfaatan Facebook untuk Menunjang Kegiatan Belajar
Mengajar Online Secara Mandiri. Repository UT, 1.
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)
Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6.
Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan
motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil
belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3.
Humairo, A., Pratiwi, A. Y., Hasanah, S. M. N., Fitroh, W. F., Lia, I., & Irnawati, J. (2021).
Upaya Pencegahan Pemutusan Mata Rantai Penularan Virus Corona Di Yayasan Pondok Pesantren
Al-Hanif Kota Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi
Mahasiswa Manajemen, 1(1), 28-32.
Sawukir, S., Syamtoro, B., Warasto, H. N., Nurhamdi, M., & Dana, D. (2021).
MENGEMBANGKAN HOBI MASAK MENJADI BISNIS F DAN B DISAAT COVID-19.
DEDIKASI PKM, 2(2), 175-180.
Priadi, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan
Spiritual Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Semarak, 1(3), 62-77.
https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public
https://tirto.id/arti-psbb-yang-dibuat-untuk-cegah-penyebaran-corona-di-indonesia-eMXT
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.