MEMBANGUN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN BAGI SANTRI DI YAYASAN RUMAH QUR’AN ASKAF BERSINERGI

Authors

  • Dicky Sundawa Firdaus
  • Sobri Sobri
  • Gadis Ayu Ningtias
  • Holi Ismalia

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v2i1.20987

Keywords:

motivasi, wirausaha, santri,

Abstract

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa ini adalah untuk membangun motivasi berwirausaha terhadap para anak didik/santri di Yayasan Rumah Qur’an Askaf Bersinergi, yang beralamat di Pondok Benda, Kec Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15416. Adapun metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah mendatangi Yayasan tersebut dan memberikan materi secara komunikasi verbal dan diskusi, yang berisi tentang bagaimana cara untuk membangun motivasi kewirausahaan bagi para santri. Hasil dari kegiatan tersebut adalah para peserta menjadi lebih termotivasi lagi untuk menjadi wirausahawan, disamping padatnya kegiatan yang mereka lakukan setiap hari di Yayasan, seperti hafalan Qur’an dll, mereka juga mempunyai bekal untuk berwirausaha dimasa yang akan datang. Ilmu yang diperoleh pada kegiatan ini harapannya semakin memberikan wawasan mengenai kegiatan berwirausaha dikalangan santri, serta memotivasi para santri untuk mulai berwirausaha, karena dalam agama islam pun berwirausaha ialah hal yang mulia dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW

References

Alam, S.S., Noor, M.K.M., 2009. International Journal Of Business and Management.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Carter, J., 2014. Social Media Strategies in Small Business. Manchester: Manchester

Metropolitan University

Cay, S., & Irnawati, J. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (studi

kasus UMKM di Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan

Teknologi, 4(2), 160-170.

Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: PT ANDI Offset Faraz Farooq,

Zohaib Jan . 2012. The Impact of Social Networking to Influence Marketing

through Product Reviews. Emerald Group Publishing Limited ISSN 2223-4985

Febriana, H., Irnawati, J., Anismadiyah, V., Rismanty, V. A., & Suryanto, W. (2021).

Personal Financial Planning. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma

Masyarakat, 1(2).

Gurnelius, Susan. 2011. 30-minute Sosial Media Marketing. United States: McGraw-Hill

Companies

Husein, Umar. 2000. Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama Merril, T., Latham, K., Santalesa, R., Navetta, D., 2011.

Social Media: The business benefit may be enermous, but can the risks-reputation,

legal, operational-be mitigated? Information Law Group, Apr. p. 1-12.

Miller, R., Lammas, N., 2009. Social Media and its Implication for Viral Marketing. Asia

Pacific Public Relation Journal, vol 11, pp. 1-9.

Priambada, S. (2017). Potensi Media Sosial bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di

Malang Raya.

Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan penjualan melalui media sosial. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Syastra, M. T. (2017). Penggunaan Media Sosial sebagai New Marketing Strategy Tool

pada Usaha Kecil Menengah. ISSN: 2477-4944, Volume 3, (pp. 111-120).

Downloads

Published

2022-03-03

How to Cite

Firdaus, D. S., Sobri, S., Ningtias, G. A., & Ismalia, H. (2022). MEMBANGUN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN BAGI SANTRI DI YAYASAN RUMAH QUR’AN ASKAF BERSINERGI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 2(1), 94–101. https://doi.org/10.32493/kmm.v2i1.20987