MEMBANGUN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN BAGI SANTRI DI YAYASAN RUMAH QUR’AN ASKAF BERSINERGI
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v2i1.20987Keywords:
motivasi, wirausaha, santri,Abstract
Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa ini adalah untuk membangun motivasi berwirausaha terhadap para anak didik/santri di Yayasan Rumah Qur’an Askaf Bersinergi, yang beralamat di Pondok Benda, Kec Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15416. Adapun metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah mendatangi Yayasan tersebut dan memberikan materi secara komunikasi verbal dan diskusi, yang berisi tentang bagaimana cara untuk membangun motivasi kewirausahaan bagi para santri. Hasil dari kegiatan tersebut adalah para peserta menjadi lebih termotivasi lagi untuk menjadi wirausahawan, disamping padatnya kegiatan yang mereka lakukan setiap hari di Yayasan, seperti hafalan Qur’an dll, mereka juga mempunyai bekal untuk berwirausaha dimasa yang akan datang. Ilmu yang diperoleh pada kegiatan ini harapannya semakin memberikan wawasan mengenai kegiatan berwirausaha dikalangan santri, serta memotivasi para santri untuk mulai berwirausaha, karena dalam agama islam pun berwirausaha ialah hal yang mulia dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAWReferences
Alam, S.S., Noor, M.K.M., 2009. International Journal Of Business and Management.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Carter, J., 2014. Social Media Strategies in Small Business. Manchester: Manchester
Metropolitan University
Cay, S., & Irnawati, J. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (studi
kasus UMKM di Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan
Teknologi, 4(2), 160-170.
Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: PT ANDI Offset Faraz Farooq,
Zohaib Jan . 2012. The Impact of Social Networking to Influence Marketing
through Product Reviews. Emerald Group Publishing Limited ISSN 2223-4985
Febriana, H., Irnawati, J., Anismadiyah, V., Rismanty, V. A., & Suryanto, W. (2021).
Personal Financial Planning. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma
Masyarakat, 1(2).
Gurnelius, Susan. 2011. 30-minute Sosial Media Marketing. United States: McGraw-Hill
Companies
Husein, Umar. 2000. Metodologi Penelitian, Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: PT.
Gramedia Pustaka Utama Merril, T., Latham, K., Santalesa, R., Navetta, D., 2011.
Social Media: The business benefit may be enermous, but can the risks-reputation,
legal, operational-be mitigated? Information Law Group, Apr. p. 1-12.
Miller, R., Lammas, N., 2009. Social Media and its Implication for Viral Marketing. Asia
Pacific Public Relation Journal, vol 11, pp. 1-9.
Priambada, S. (2017). Potensi Media Sosial bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di
Malang Raya.
Puntoadi, Danis. 2011. Meningkatkan penjualan melalui media sosial. Jakarta: PT.
Gramedia Pustaka Utama.
Syastra, M. T. (2017). Penggunaan Media Sosial sebagai New Marketing Strategy Tool
pada Usaha Kecil Menengah. ISSN: 2477-4944, Volume 3, (pp. 111-120).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.