Penyuluhan Pentingnya Pendidikan di SMK Mutiara Bangsa

Authors

  • Wawan Helmawan Universitas Pamulang
  • Sulistia Sulistia Universitas Pamulang
  • Ayu Kusuma Wardani Universitas Pamulang
  • Irsyad Mahmudi Universitas Pamulang
  • Elsawati Sirait Universitas Pamulang
  • Nurhaedah Nurhaedah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.28481

Keywords:

Pendidikan, Pengetahuan, Motivasi, Manusia

Abstract

Telah dilakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Mutiara Bangsa yang berlokasi di Desa Kalisuren, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kegiatan PKM ini ditujukan sebagai penyuluhan terhadap pentingnya pendidikan yang diberikan kepada siswa kelas XII SMK Mutiara Bangsa yang berjumlah 65 siswa. Mayoritas siswa di sekolah ini memiliki minat belajar yang rendah sehingga perlu adanya penyuluhan untuk mensosialisasikan, memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya pendidikan bagi manusia serta memberikan motivasi kepada siswa SMK Mutiara Bangsa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Metode kegiatan ini adalah penyuluhan yang dikemas dalam bentuk presentasi materi terkait tujuan hidup, pengertian pendidikan, tujuan pendidikan, pentingnya pendidikan, dan keuntungan melanjutkan pendidikan. Setelah itu, dilanjutkan dengan tanya jawab untuk mendapatkan feedback dari siswa. Hasil pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan pemahaman peserta Pengabdian Kepada Masyarakat terkait pentingnya pendidikan dan munculnya motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

References

Bagoe, R. (2013). Faktor-Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Desa Suka Damai Kecamatan Bulango utara Kabupaten Bone Bolango. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Gunawan, A. H. (2010). Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis Sosiologi Tentang Berbagai Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurhayati, S. (2021). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Madura: Institut Agama Islam Negeri Madura.

Suhanti, E. (2019). Dampak Penyuluhan Pentingnya Pendidikan Terhadap Pilihan Rasional Masyarakat pada Pendidikan di Desa Kluwih Kecamatan Bandar Kabupaten Batang, Jurusan Pendidikan Sosiologi dan Antropologi fakultas Ilmu Sosial. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Undang-undang Republik Indonesia. (2003). Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Yudha, dkk. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-06-14

How to Cite

Helmawan, W., Sulistia, S., Wardani, A. K., Mahmudi, I., Sirait, E., & Nurhaedah, N. (2023). Penyuluhan Pentingnya Pendidikan di SMK Mutiara Bangsa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 128–133. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.28481