Strategi Digital Marketing yang dapat di Terapkan untuk Bisnis Kecil Pada Anggota Komunitas Senam Nusantara (Ksn) Kecamatan Setu Kabupateng Tangerang Selatan

Authors

  • Liawati Liawati Universitas Pamulang
  • Aldila Rahma Putri Universitas Pamulang
  • Ade Yusuf Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30219

Keywords:

Digital Marketing, Bisnis Kecil

Abstract

PKM atau Pengabdian Kepada Masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dapat dilakukan oleh mahasiswa maupun oleh dosen dari Universitas maupun Institusi Pendidikan lainnya. Untuk dosen, Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan salah satu dari kewajiban dosen sebagai salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa penyuluhan dan pelatihan secara langsung. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meninjau perkembangan aktualisasi masyarakat terhadap kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya dengan harapan dapat dilaksanakan sesuai dengan teori yang telah di peroleh melalui kegiatan yang telah dilaksanakan. Evaluasi juga bertujuan untuk memahami pola pemahaman masyarakat terhadap informasi baru yang diperoleh dari pelaksana kegiatan. Hasil ini diharapkan dapat diterapkan untuk bisnis kecil pada anggota komunitas senan nusantara (KSN). Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh oleh peserta yaitu mendapatlan peningkatan stratego digital marketing yang dapat di terapkan untuk bisnis kecil pada anggota komunitas senam nusantara (KSN) dan berjumlah 55 orang. Pengetahuan yang diperoleh pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan individu agar mau dan mampu mengambil tindakan yang dapat meningkatkan pengetahuan mereka tentang digital marketing, dapat membuat strategi pemasaran menggunakan basis digital pada kegiatan kewirausahaan dan juga mampu merubah pandangan tentang media digital yang pada kenyataannya mampu meningkatkan pendapat pribadi mereka maupun komunitas tempat mereka bekerja

References

Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, (Vol.15 No. 4, pp. 18-33)

Griffin, Ricky W. dan Ronald J. Ebert. 2007. BISNIS, edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga

Kumara, D., Kasmad, K., & Dimiyati, A. (2023). Mengemas Content Marketing Untuk Produk Lokal Dalam Era Digital di Desa Ciampea Udik. DEDIKASI PKM, 4(1), 111-117. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27606

Mutmainnah, M., Utomo, N., & Hanum, N. (2023). Strategi Penguatan Digital Marketing Produk Lokal di Desa Ciampea Udik Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. DEDIKASI PKM, 4(1), 103-110. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27603

Setiana, L. (2005). Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Solihin, D., Ahyani, A., & Aprilliani, S. (2023). Pelatihan Promosi Penjualan Online Bagi Pedagang Bakso di Desa Ciseeng Kabupaten Bogor. DEDIKASI PKM, 4(1), 64 - 68. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27492

Wibowo, R.A. (2015). Kesuksesan E-commerce (Online Shopping) Melalui Trust dan Customer Loyalty. Jurnal Ekonomi Bisnis. 2(1), p. 1 – 52

Yuliawati, Y., Oesman, I., Syahril, D., & Yugistira, B. (2023). Sosialisasi Penerapan Digital Marketing Pada Pelaku UMKM di Desa Lebak Muncang Ciwidey. DEDIKASI PKM, 4(1), 126-133. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.28096

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Liawati, L., Putri, A. R., & Yusuf, A. (2023). Strategi Digital Marketing yang dapat di Terapkan untuk Bisnis Kecil Pada Anggota Komunitas Senam Nusantara (Ksn) Kecamatan Setu Kabupateng Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30219