Peluang Santri menjadi Milliader Ala Syariah di Lembaga Keuangan Syariah

Authors

  • Mutawali Mutawali Universitas Pamulang
  • Kamsidik Kamsidik Universitas Pamulang
  • Gunarda Gunarda Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30225

Keywords:

Pelatihan Dan Edukasi, Cuan Dalam Islam, Santri Pondok Pesantren Mathla’ul Hidayah Cibogo Cisauk Tangerang

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk merumuskan strategi untuk memberikan peluang para santri untuk menjadi seorang milliader di Lembaga keuangan Syariah dengan kemampuan yang mereka miliki selama belajar di pondok pesantren Mathla’ul Hidayah Cibogo Cisauk Tangerang.. Di lingkungan pondok pesantren, mereka hanya ditugaskan belajar dan focus menghafal Al-Quran saja, tidak ada model motivasi atau pengarahan terkait karir yang akan mereka dapatkan ketika mereka lulus nanti. Jika terjadi permasalahan seperti itu, akan terjadi tidak semangatnya mereka menghafal Al-Qur’an dan belajar ilmu agama yang lainnya di lingkungan pondok pesantren. Permasalahan ini perlu dilakukan motivasi dan pembinaan secara intens agar mereka memiliki visi dan misi yang bisa mereka lakukan dari sekarang untuk menjadi seorang milliader berdasarkan kemampuan yang mereka miliki saat ini. Untuk menjalani pembinaan ini, kami mengadakan workshop dan diskusi secara mendalam terkait tantangan yang harus mereka hadapi untuk menjadi seorang milliader di Lembaga keuangan Syariah, baik di industry Lembaga keuangan.

References

Asal Usul Cisauk Tangerang. (2023). Https://P2k.Unkris.Ac.Id/Id3/2-3073-2962/Cisauk_49604_p2k-Unkris.Html.

Cisauk, Tangerang. (2023, February 11). Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Cisauk,_Tangerang.

Edi Irawan. (2020). Model Pengabdian berbasis Kompetisi. Zahir Publishing.

Endang Sriani. (2022). Peran Santripreneur Pondok Pesantren Edi Mancoro terhadap Kemandirian Pesantren dan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, , 8(3).

Mathla’ul Hidayah. (2023). Https://Www.Facebook.Com/Ponpes.m.Hidayah.1/Photos.

Wiwi Alawiyah Wahid. (2015). Panduan Menghafal Al-Qur’an Super Kilat. DIVA Press.

Zuanita Adriyani, M. A. A. R. A. W. (2018). Membangun Jiwa Enterpreneurship Santri Melalui Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif. DIMAS, 18(1).

Downloads

Published

2023-03-06

How to Cite

Mutawali, M., Kamsidik, K., & Gunarda, G. (2023). Peluang Santri menjadi Milliader Ala Syariah di Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(1), 6–13. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30225