Pemanfaatan Business Model Canvas (Bmc) Dalam Meningkatkan Kegiatan Bisnis Umkm di Desa Cibogo

Authors

  • Iriana Kusuma Dewi Universitas Pamulang
  • Sri Mardiana Universitas Pamulang
  • Yenny Merinatul Hasanah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30251

Keywords:

Business Model Canvas (BMC)

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman serta pengetahuan kepada masyarakat di Desa Cibogo, Cisauk mengenai Business Model Canvas (BMC) dimana nantinya dapat diterapkan dengan baik dalam pemetaan kewirausahaan UMKM dalam mengembangkan usaha agar dapat memperoleh laba usaha yang maksimal, serta dapat bertahan dalam kompetisi yang ada. Manfaat yang akan diperoleh sesudah diadakannya pengabdian ini adalah lebih menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat serta meningkatkan pengetahuan masyarakat Desa Cibogo, Cisauk tentang strategi bisnis dalam meningkatkan laba dengan Business Model Canvas (BMC) dan meningkatkan kesejahteraan Business Model Canvas (BMC).

References

Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh.2021. Pelatihan UMKM: Business Model Canvas (BMC). Link: https://simpultumbuh.uii.ac.id/business-model-canvas-bmc/

Halim, Abdul. 2020. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Vol. 1 No. 2, Hal 157-172.

Pandjaitan, Dr. Dorothy Rouly H. 2021. Pemberdayaan Ekonomi Perempuan melalui Pelatihan Business Model Canvas pada Produk Eco-Friendly. Laporan Akhir Pengambian Kepada Masyarakat Unggulan Unoversitas Lampung.

Priyono, Feliciana. 2015. Analisa Penerapan Business Model Canvas pada Toko MOI Collection. AGORA, Vol. 3, No. 2, Hal 358-363

Solihin, D., Ahyani, A., & Aprilliani, S. (2023). Pelatihan Promosi Penjualan Online Bagi Pedagang Bakso di Desa Ciseeng Kabupaten Bogor. DEDIKASI PKM, 4(1), 64 - 68. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27492

Solihin, D., Ahyani, A., & Susanto, N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Promosi online untuk Memperluas Pemasaran Produk Bagi Pac Gerakan Pemuda Ansor Di Kecamatan Pagedangan Tangerang. DEDIKASI PKM, 3(2), 239-243. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20191

Solihin, D., Eka, P., Suwanto, S., Kurniawan, P., & Susanto, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pemasaran Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Warga Desa Cicalengka. DEDIKASI PKM, 3(1), 101-105. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14614

Downloads

Published

2023-03-06

How to Cite

Dewi, I. K., Mardiana, S., & Hasanah, Y. M. (2023). Pemanfaatan Business Model Canvas (Bmc) Dalam Meningkatkan Kegiatan Bisnis Umkm di Desa Cibogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(1), 18–20. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30251