Pemanfaatan Business Model Canvas (Bmc) Dalam Meningkatkan Kegiatan Bisnis Umkm di Desa Cibogo
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30251Keywords:
Business Model Canvas (BMC)Abstract
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman serta pengetahuan kepada masyarakat di Desa Cibogo, Cisauk mengenai Business Model Canvas (BMC) dimana nantinya dapat diterapkan dengan baik dalam pemetaan kewirausahaan UMKM dalam mengembangkan usaha agar dapat memperoleh laba usaha yang maksimal, serta dapat bertahan dalam kompetisi yang ada. Manfaat yang akan diperoleh sesudah diadakannya pengabdian ini adalah lebih menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat serta meningkatkan pengetahuan masyarakat Desa Cibogo, Cisauk tentang strategi bisnis dalam meningkatkan laba dengan Business Model Canvas (BMC) dan meningkatkan kesejahteraan Business Model Canvas (BMC).
References
Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh.2021. Pelatihan UMKM: Business Model Canvas (BMC). Link: https://simpultumbuh.uii.ac.id/business-model-canvas-bmc/
Halim, Abdul. 2020. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Vol. 1 No. 2, Hal 157-172.
Pandjaitan, Dr. Dorothy Rouly H. 2021. Pemberdayaan Ekonomi Perempuan melalui Pelatihan Business Model Canvas pada Produk Eco-Friendly. Laporan Akhir Pengambian Kepada Masyarakat Unggulan Unoversitas Lampung.
Priyono, Feliciana. 2015. Analisa Penerapan Business Model Canvas pada Toko MOI Collection. AGORA, Vol. 3, No. 2, Hal 358-363
Solihin, D., Ahyani, A., & Aprilliani, S. (2023). Pelatihan Promosi Penjualan Online Bagi Pedagang Bakso di Desa Ciseeng Kabupaten Bogor. DEDIKASI PKM, 4(1), 64 - 68. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27492
Solihin, D., Ahyani, A., & Susanto, N. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Media Promosi online untuk Memperluas Pemasaran Produk Bagi Pac Gerakan Pemuda Ansor Di Kecamatan Pagedangan Tangerang. DEDIKASI PKM, 3(2), 239-243. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i2.20191
Solihin, D., Eka, P., Suwanto, S., Kurniawan, P., & Susanto, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pemasaran Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Warga Desa Cicalengka. DEDIKASI PKM, 3(1), 101-105. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14614
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.