Menumbuhkan Minat Jiwa Wirausaha melalui Digital Marketing pada Santri Pondok Pesantren Mathla'ul Hidayah di Kp. Cibelut Desa Cibogo Kecamatan Cisauk-Tangerang Banten
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30283Keywords:
Pemasaran, Wirausaha, PendapatanAbstract
Memupuk Jiwa Wirausaha sejak kecil sangat baik dilakukan agar anak anak memiliki pemahaman bahwa pekerjaan sebagai wirausaha itu adalah sebuah prospek yang bagus. Sehingga terbangunlah mental mental pengusaha bukan karyawan. Dengan tumbuhnya Jiwa wirausaha sejak kecil, anak anak akan mulai mencoba menjalankan wirausaha khususnya meneruskan usaha yang akan digeluti oleh para santri di Pondok Pesantren Mathla’ul Hidayah di Kp. Cibelut Desa Cibogo Kecamatan Cisauk-Tangerang Banten. Agar kegiatan menjadi efektif dan tujuan tercapai serta memiliki makna dan manfaat bagi peserta pengabdian masyarakat maka kegiatan ini akan dibagi ke dalam beberapa tahapan dengan metode yang berbeda-beda. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah anak-anak yatim piatu berpartisipasi dalam kegiatan PKM untuk meningkatkan semangat berwirausaha melalui games serta memberikan pelatihan pemasaran dan packaging produk seperti buklet atau pamflet di Pondok Pesantren Mathla’ul Hidayah di Kp. Cibelut Desa Cibogo Kecamatan Cisauk-Tangerang Banten. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah berubahnya pola pikir dan wawasan dari peserta yang mengikuti penyuluhan sebagaimana dibuktikan dengan adanya games dan challenge untuk menguji kemampuan dan wawasan peserta PKM. Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kemajuan usaha masyarakat khususnya di wilayah Tangerang Banten yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat.
References
Anoraga Pandji & Sudantoko Djoko. 2002. Koperasi Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Chaffey, Dave & Ellis, Chadwick. 2016. Digital Marketing, Sixth Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited
https://opop.jatimprov.go.id/detail/103/4-tips-berdagang-ala- rasulullahhttps://entrepreneurcamp.id/keusaha pada SMK Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, Vol 3, No. 1, 22- 27untungan-menjadi-wirausaha/
Jakarta: Salemba Empat.
Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo.
Meredith, et al. 2002. Kewirausahaan: Teori dan Praktek, alih bahasa oleh Andre Aspar sayogi. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.
Munarsih, Mada F. Akbar, Ariyanto, A., Ivantan, Sudarsono, A. 2020. Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa untuk Berwirausaha pada SMK Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, Vol 3, No. 1, 22-27.
Munarsih. 2019. Analisis Strategi Pelaksanaan Pelayanan Pendidikan pada SDIT Bina Cendekia – Depok. Jurnal Kompetitif, Vol 2, No. 3, 136-155.
Purwana, Dedi. Rahmi dan Sandi Aditya. 2017. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawitâ€, Vol. 1 nomor 1. Universitas Negeri Jakarta.
Suryana Yuyus & Kartib Bayu. 2010. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.
Suryana. 2008. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses.
Susanto Adi. 2002. Kewirausahaan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.