Menumbuhkan Minat Jiwa Wirausaha melalui Digital Marketing pada Santri Pondok Pesantren Mathla'ul Hidayah di Kp. Cibelut Desa Cibogo Kecamatan Cisauk-Tangerang Banten

Authors

  • Munarsih Munarsih Universitas Pamulang
  • Zakaria Zakaria Universitas Pamulang
  • Aan Purnama Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30283

Keywords:

Pemasaran, Wirausaha, Pendapatan

Abstract

Memupuk Jiwa Wirausaha sejak kecil sangat baik dilakukan agar anak anak memiliki pemahaman bahwa pekerjaan sebagai wirausaha itu adalah sebuah prospek yang bagus. Sehingga terbangunlah mental mental pengusaha bukan karyawan. Dengan tumbuhnya Jiwa wirausaha sejak kecil, anak anak akan mulai mencoba menjalankan wirausaha khususnya meneruskan usaha yang akan digeluti oleh para santri di Pondok Pesantren Mathla’ul Hidayah di Kp. Cibelut Desa Cibogo Kecamatan Cisauk-Tangerang Banten. Agar kegiatan menjadi efektif dan tujuan tercapai serta memiliki makna dan manfaat bagi peserta pengabdian masyarakat maka kegiatan ini akan dibagi ke dalam beberapa tahapan dengan metode yang berbeda-beda. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah anak-anak yatim piatu berpartisipasi dalam kegiatan PKM untuk meningkatkan semangat berwirausaha melalui games serta memberikan pelatihan pemasaran dan packaging produk seperti buklet atau pamflet di Pondok Pesantren Mathla’ul Hidayah di Kp. Cibelut Desa Cibogo Kecamatan Cisauk-Tangerang Banten. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah berubahnya pola pikir dan wawasan dari peserta yang mengikuti penyuluhan sebagaimana dibuktikan dengan adanya games dan challenge untuk menguji kemampuan dan wawasan peserta PKM. Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kemajuan usaha masyarakat khususnya di wilayah Tangerang Banten yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat.

References

Anoraga Pandji & Sudantoko Djoko. 2002. Koperasi Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chaffey, Dave & Ellis, Chadwick. 2016. Digital Marketing, Sixth Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited

https://opop.jatimprov.go.id/detail/103/4-tips-berdagang-ala- rasulullahhttps://entrepreneurcamp.id/keusaha pada SMK Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, Vol 3, No. 1, 22- 27untungan-menjadi-wirausaha/

Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo.

Meredith, et al. 2002. Kewirausahaan: Teori dan Praktek, alih bahasa oleh Andre Aspar sayogi. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Munarsih, Mada F. Akbar, Ariyanto, A., Ivantan, Sudarsono, A. 2020. Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa untuk Berwirausaha pada SMK Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, Vol 3, No. 1, 22-27.

Munarsih. 2019. Analisis Strategi Pelaksanaan Pelayanan Pendidikan pada SDIT Bina Cendekia – Depok. Jurnal Kompetitif, Vol 2, No. 3, 136-155.

Purwana, Dedi. Rahmi dan Sandi Aditya. 2017. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawitâ€, Vol. 1 nomor 1. Universitas Negeri Jakarta.

Suryana Yuyus & Kartib Bayu. 2010. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.

Suryana. 2008. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses.

Susanto Adi. 2002. Kewirausahaan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2023-03-06

How to Cite

Munarsih, M., Zakaria, Z., & Purnama, A. (2023). Menumbuhkan Minat Jiwa Wirausaha melalui Digital Marketing pada Santri Pondok Pesantren Mathla’ul Hidayah di Kp. Cibelut Desa Cibogo Kecamatan Cisauk-Tangerang Banten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(1), 25–31. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30283