Manajemen Pengembangan Desa Wisata Dieng Wonosobo, Jawa Tengah

Authors

  • Iis Novianti Universitas Pamulang
  • Juwita Ramadani Fitria Universitas Pamulang
  • Riri Oktarini Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30286

Keywords:

PKM, Pemasaran, Kemandirian, Pengerajin Keset

Abstract

Pengrajin keset dari kain perca berkarakter saat ini sudah mampu memproduksi aneka model keset seperti angry bird, keropy, smile dan sebagainya namun karena pemasaran yang masih sangat terbatas serta belum adanya pengemasan sebagai identitas pengrajin mengakibatkan masyarakat luas belum mengenal produk keset dari daerah ini.  Di samping itu belum adanya SDM dari pengrajin yang mampu melakukan pembukuan, sehingga barang masuk dan keluar serta keuangan tidak tercatat dengan baik. Melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan diupayakan untuk meningkatkan pemasaran melalui media internet. Strataegi pemasaran yang diterapkan dengan pengenalan internet sangat berpengaruh dan berperan penting bagi peningkatan penjualan. Dengan strategi pemasaran yang tepat diharapkan mampu meningkatkan omzet penjualannya dan meningkatkan laba. Pelatihan ini lebih bersifat untuk memperbaiki dan mengelola agar tetap update dengan produk terkini. Oleh karena itu perlu menciptakan desain keset baru untuk mendapatkan produk baru secara periodik sehingga website pun akan berkembang terus serta lebih menarik bagi pengunjung situs tersebut.  Selain itu pengemasan dengan logo dan identitas pengrajin atau produsen perlu diberikan pada produk agar dikenal masyarakat luas sehingga ke depannya mampu bersaing di pasar nasional dan dapat menjadi ikon atau produk unggulan dari daerah Ponpes Mathla’ul Hidayah Cisauk.  Pembuatan perangkat lunak dan penggunaan komputer untuk kepentingan pembukuan sangat perlu dilakukan untuk mengetahui secara pasti untung/rugi usaha kerajinan keset ini serta kemungkinan pengembangannya.

References

Indriyo Gitosudarmo. H, Manajemen Pemasaran Edisi II BPFE (Yogyakarta: Erlangga, 2000).

Sari, R., Suryani, N. L., Setiawan, R., Darmadi, & Susanto, N. (2020). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Produktivitas Pada Ukm Kelurahan Pagedangan Kabupaten Tanggerang-Banten Ratna. Dedikasi Pkm Unpam, 1(3), 93–97.

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 No. 3(September), 351–355.

Sondang, P. Siagian. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Sunyoto. Danang, Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Yogyakarta: CAPS Center of Academic Publishing Service, 2014).

Suryani, N. L., Sari, R., Setiawan, R., Susanto, N., & Pamulang, U. (2021). Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. 2(2), 2018–2021.

Tjiptono. Fandy, Strategi Pemasaran (Yogyakarta: Andi, 2015).

Downloads

Published

2023-03-06

How to Cite

Novianti, I., Fitria, J. R., & Oktarini, R. (2023). Manajemen Pengembangan Desa Wisata Dieng Wonosobo, Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(1), 32–35. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30286