Pengembangan Usaha Mandiri dan Pengembangan Usaha Mandiri dan Peningkatan Pemasaran Pada Pengerajin Keset Karakter di Pemuda Ponpes Mathla'ul Hidayah Cisauk

Authors

  • N Lilis Suryani Universitas Pamulang
  • Muhamad Guruh Universitas Pamulang
  • Reza Khairul Hadi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30287

Keywords:

PKM, Pemasaran, Kemandirian, Pengerajin Keset

Abstract

Pengrajin keset dari kain perca berkarakter saat ini sudah mampu memproduksi aneka model keset seperti angry bird, keropy, smile dan sebagainya namun karena pemasaran yang masih sangat terbatas serta belum adanya pengemasan sebagai identitas pengrajin mengakibatkan masyarakat luas belum mengenal produk keset dari daerah ini.  Di samping itu belum adanya SDM dari pengrajin yang mampu melakukan pembukuan, sehingga barang masuk dan keluar serta keuangan tidak tercatat dengan baik. Melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan diupayakan untuk meningkatkan pemasaran melalui media internet. Strataegi pemasaran yang diterapkan dengan pengenalan internet sangat berpengaruh dan berperan penting bagi peningkatan penjualan. Dengan strategi pemasaran yang tepat diharapkan mampu meningkatkan omzet penjualannya dan meningkatkan laba. Pelatihan ini lebih bersifat untuk memperbaiki dan mengelola agar tetap update dengan produk terkini. Oleh karena itu perlu menciptakan desain keset baru untuk mendapatkan produk baru secara periodik sehingga website pun akan berkembang terus serta lebih menarik bagi pengunjung situs tersebut.  Selain itu pengemasan dengan logo dan identitas pengrajin atau produsen perlu diberikan pada produk agar dikenal masyarakat luas sehingga ke depannya mampu bersaing di pasar nasional dan dapat menjadi ikon atau produk unggulan dari daerah Ponpes Mathla’ul Hidayah Cisauk.  Pembuatan perangkat lunak dan penggunaan komputer untuk kepentingan pembukuan sangat perlu dilakukan untuk mengetahui secara pasti untung/rugi usaha kerajinan keset ini serta kemungkinan pengembangannya.

References

Irianti, N. P., Aprilia, R., Susanti, D., & Triswidrananta, O. D. (2020). Peningkatan Omset Penjualan Kelompok Pengrajin Keset melalui Online Marketing. 6(1), 52–60.

Jawad, A. A., Mulyono, A., Purwanto, Y., Teknik, F., Studi, P., Industri, T., & Pamulang, U. (2021). Strategi Pengembangan Produk Dan Market Keset. 3, 71–79.

Sari, R., Suryani, N. L., Setiawan, R., Darmadi, & Susanto, N. (2020). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Produktivitas Pada Ukm Kelurahan Pagedangan Kabupaten Tanggerang-Banten Ratna. Dedikasi Pkm Unpam, 1(3), 93–97.

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 No. 3(September), 351–355.

Suryani, N. L., Sari, R., Setiawan, R., Susanto, N., & Pamulang, U. (2021). Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. 2(2), 2018–2021.

Sutarto, Joko, dkk. 2018. Model Perberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Kecapatan Hidup Berbasis Keunggulan Lokal Desa Wisata Mandiri Wanurejo Borobudur Magelang. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 35, No. 1. Untuk Iklan Andaâ€

Downloads

Published

2023-03-06

How to Cite

Suryani, N. L., Guruh, M., & Hadi, R. K. (2023). Pengembangan Usaha Mandiri dan Pengembangan Usaha Mandiri dan Peningkatan Pemasaran Pada Pengerajin Keset Karakter di Pemuda Ponpes Mathla’ul Hidayah Cisauk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(1), 36–39. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30287