Tata Kelola Sumber Daya Manusia di Era Digital Bagi Karyawan dan Pengurus Ponpes Mathla’ul Hidayah Cisauk

Authors

  • Veritia Veritia Universitas Pamulang
  • Fitri Sabina Universitas Pamulang
  • Lili Sularmi Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30290

Keywords:

Kompetensi, Pengembangan SDM, Era Digital

Abstract

Pengembangan teknologi digital dan aplikasinya sangat tergantung kepada kesiapan SDM. Kesiapan SDM dalam memenuhi tuntutan pekerjaan harus diantisipasi pemerintah dan pelaku usaha. Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan elemen terpenting dalam sebuah organisasi. Tanpa adanya unsur manusia sebagai pegawai, tujuan suatu organisasi tidak dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Tuntutan kebutuhan zaman yang berbasis Information and Communication Technologi memegang peranan penting dalam menunjang kebutuhan masyarakat di setiap daerah.Dengan adanya mekanisasi pekerjaan, manusia harus berbagi pekerjaan dengan robot. Robot akan bekerja untuk hal-hal yang bersifat mekanik, software aplikasi akan menjalankan pekerjaan yang bersifat rutin dan mengolah data menjadi informasi. Manusia bekerja untuk hal-hal yang bersifat strategis, antara lain merancang dan mengawasi pekerjaan robot dan aplikasi, menciptakan inovasi atau metoda kerja baru serta mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan kreativitas dan perasaan. Setiap individu dituntut untuk mampu berdaptasi, yakni dengan mengembangkan kompetensinya. Hal ini berupa kompetensi teknis (technical skills) dan non teknis (soft-skills). skills diperoleh melalui pendidikan vocation, pelatihan, dan program sertifikasi teknis.  Pemberian pelatihan pengembangan SDM atau training untuk karyawan di era digital semakin dibutuhkan. Kata Kunci : Kompetensi, Pengembangan SDM, Era Digital.

References

Agung, Lilik, A.M. 2020. Kompetensi SDM Di Era 4.0, Tangerang. Gramedia Digital

Andrew E, Sikula, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung, Erlangga.

Chaffey, D. & Chadwick, F. (2019). Digital Marketing Strategy, Implementation, and Practice. New Jersey: Pearson.

Dessler, G. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Fonna, Nurdianita. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 Dalam Berbagai Bidang. Bogor : GUEPEDIA.

Sari, R., Suryani, N. L., Setiawan, R., Darmadi, & Susanto, N. (2020). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Produktivitas Pada Ukm Kelurahan Pagedangan Kabupaten Tanggerang-Banten Ratna. Dedikasi Pkm Unpam, 1(3), 93–97.

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. PT Refika Aditama. Bandung.

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 No. 3(September), 351–355.

Suryani, N. L., Sari, R., Setiawan, R., Susanto, N., & Pamulang, U. (2021). Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. 2(2), 2018–2021.

Downloads

Published

2023-03-06

How to Cite

Veritia, V., Sabina, F., & Sularmi, L. (2023). Tata Kelola Sumber Daya Manusia di Era Digital Bagi Karyawan dan Pengurus Ponpes Mathla’ul Hidayah Cisauk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(1), 44–47. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i1.30290