Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bisnis dan Pemasaran Pribadi Kepada Pemberi Kerja di SMK Via Medika Ciputat Tangerang Selatan

Authors

  • Alvin Praditya Universitas Pamulang
  • Arief Budiyanto Universitas Pamulang
  • Rahadyan Tajuddien Universitas Pamulang
  • Muhtar Arifin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.30548

Keywords:

Media Sosial, Komunikasi Bisnis, Pemasaran Pribadi

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman mengenai pentingnya Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bisnis dan Pemasaran Pribadi Kepada Pemberi Kerja di SMK Via Medika Ciputat Tangerang Selatan. Kegiatan yang diawali dengan ceramah dan demonstrasi ini kemudian dilanjutkan latihan. Acara kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab. Berbagai pertanyaan diajukan secara antusias oleh para peserta dalam sesi tanya jawab. Secara garis besar inti dari pertanyaan para peserta adalah pemanfaatan media sosial untuk pembuatan konten untuk agar dapat menjadi sarana yang efektif guna pemasaran pribadi dan komunikasi bisnis. Hasil kegiatan PKM secara garis besar mencakup beberapa komponen sebagai berikut: 1. Keberhasilan target jumlah peserta pelatihan 2. Ketercapaian tujuan pelatihan 3. Ketercapaian target materi yang telah direncanakan 4. Kemampuan peserta dalam penguasaan materi Target peserta pelatihan seperti direncanakan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa target kegiatan tercapai

References

Andi, D., Wiguna, M., & Yunanti, S. (2023). Mengembangkan Metode Pembelajaran Untuk Mereduksi Kejenuhan Siswa Yayasan Pondok Pesantren Hudatul Falah Kabupaten Bogor. DEDIKASI PKM, 4(1), 1-8. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27452

Anugraheni, D. T., & Kusdiartini, V. (2018). Preferensi Konsumen Terhadap Media Sosial Dalam Mencari Dan Membeli Produk Secara Online. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 8–17.

Anwar, R. N., & Aprilia, R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Fashion Muslim Hijup Di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 75–85. https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i1.169

Aprilliani, S., Supriyatna, W., & Solihin, D. (2023). Pelatihan Meningkatkan Jiwa Berwirausaha pada Santri Ponpes Mathla'ul Hidayah Cisauk. DEDIKASI PKM, 4(2), 174-179. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.29747

Firona, W., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Direct Selling Dan Media Sosial Melalui Facebook Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rokok Sin Herbal. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3, 213–222. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3is1.138

Lisdawati, L., Hulasaoh, E., & Fadilah, F. (2023). Menerapkan Kreativitas dan Membangun Jiwa Wirausaha Sejak Dini Pada Yayasan Yayasan Al Amin. DEDIKASI PKM, 4(1), 15-18. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27454

Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media, Brand Awareness, Purchase Intention Pada Produk Sepatu Olahraga. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(1), 47–52. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.47

Susanti, F., Sabil, D., Salamudin, A., Rahayu, D., Friskadisty, F., & Septiani, N. (2023). Menerapkan Kreativitas dan Membangun Jiwa Wirausaha Sejak Dini Pada Yayasan Ishahul Hayat. DEDIKASI PKM, 4(1), 9-14. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i1.27453

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Praditya, A., Budiyanto, A., Tajuddien, R., & Arifin, M. (2023). Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bisnis dan Pemasaran Pribadi Kepada Pemberi Kerja di SMK Via Medika Ciputat Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 100–104. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.30548