Optimalisasi Penggunaan Internet Untuk Membuka Peluang Usaha Siswa Smk Sasmita Jaya 2
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.30715Keywords:
, Internet, Peluang Usaha, Siswa Sekolah Menengah KejuruanAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Universitas Pamulang Prodi Manajemen ini bertujuan untuk meningkatkan pengerahuan dan keterampilan siswa tentang cara: (1) mencari informasi dan mengembangkan pemasaram melalui media internet, (2) mengukur kredibilitas sumber informasi di internet, dan (3) mengolah dan mengaplikasikan informasi di internet untuk mengembangkan pemasaran yang inovatif dengan media sosial. Kegiatan dilaksanakan di SMK Sasmita Jaya 2 dengan jumlah peserta sebanyak 56 siswa yang terdiri dari berbagai program keahlian. Metode pelaksanaan yaitu pelatihan dengan cara pemaparan materi secara umum dan praktik secara langsung oleh siswa di dampingi oleh tim pelakasana. Peserta dilatih untuk membuat konten iklan di media sosial instragram dengan akun pribadi yang telah dimiliki. Konten yang dibuat berupa feed, reels, dan stories. Disini siswa praktik dengan dipandu oleh pemateri dan tim pelaksana pengabdian masyarakat. Melalui kegiatan ini di harapkan dapat membentuk pola pikir peserta untuk mengoptimalkan media internet sebagai sarana memasarkan produk dan dapat menyaring informasi yang tersedia di internet untuk mengembangkan pemasaran yang inovatif.
References
Febriansyah, E dkk. (2021). Penggunaan Internet Sebagai Sumber Informasi Bagi Masyarakat Kepada Yayasan Baitul Yatim H. Caong. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika Volume 2 Nomor 3 Tahun 2021 Page 563 - 566 p-ISSN: 2797-6327 e-ISSN
Febrianto, M T dan Arisandi, D. (2018). “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Aseanâ€, 67-68.
Hasibuan. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Laksana, D dan Dharmayanti, D. (2018).“Pengaruh Digital Marketing terhdap Organizational Performance Dengan intellectual capital Dan perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Empat Di Jawa Timurâ€. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 12, No.1 April 2018.
Marwoko, G. (2019). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Tarbiyah dan Syari’ah Islamiyah, Vol 26 No(1), 60-75.
Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Praditya, A dkk. (2023). Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bisnis dan Pemasaran Pribadi Kepada Pemberi Kerja di SMK Via Medika Ciputat Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen Vol. 3, No. 2 Juni 2023, Hal. 100-104.
Setiawan, E P & Ismurjanti. (2018). Penggunaan internet sebagai sumber informasi dalam penyusunan karya ilmiah siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Vol. 6, No. 2 (Desember 2018) 169-182 ISSN 2303-2677 (Print) ISSN 2540-9239 (Online)
Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana
Tjiptono, F dan Gregorius, C. (2017). Pemasaran Strategik Mengupas Pemasaran Startegik, Branding Starategy, Cusoemer Satisfaction, Stategi Kompetitif Hingga E-Marketing Edisi 3, 445.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.