Optimalisasi Penggunaan Internet Untuk Membuka Peluang Usaha Siswa Smk Sasmita Jaya 2

Authors

  • Wahyu Nurul Faroh Universitas Pamulang
  • Ambar Widya Lestari Universitas Pamulang
  • Kustitik Kustitik Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.30715

Keywords:

, Internet, Peluang Usaha, Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Universitas Pamulang Prodi Manajemen ini bertujuan untuk meningkatkan pengerahuan dan keterampilan siswa tentang cara: (1) mencari informasi dan mengembangkan pemasaram melalui media internet, (2) mengukur kredibilitas sumber informasi di internet, dan (3) mengolah dan mengaplikasikan informasi di internet untuk mengembangkan pemasaran yang inovatif dengan media sosial. Kegiatan dilaksanakan di SMK Sasmita Jaya 2 dengan jumlah peserta sebanyak 56 siswa yang terdiri dari berbagai program keahlian. Metode pelaksanaan yaitu pelatihan dengan cara pemaparan materi secara umum dan praktik secara langsung oleh siswa di dampingi oleh tim pelakasana. Peserta dilatih untuk membuat konten iklan di media sosial instragram dengan akun pribadi yang telah dimiliki. Konten yang dibuat berupa feed, reels, dan stories. Disini siswa praktik dengan dipandu oleh pemateri dan tim pelaksana pengabdian masyarakat. Melalui kegiatan ini di harapkan dapat membentuk pola pikir peserta untuk mengoptimalkan media internet sebagai sarana memasarkan produk dan dapat menyaring informasi yang tersedia di internet untuk mengembangkan pemasaran yang inovatif.

References

Febriansyah, E dkk. (2021). Penggunaan Internet Sebagai Sumber Informasi Bagi Masyarakat Kepada Yayasan Baitul Yatim H. Caong. Jurnal Kreativitas Mahasiswa Informatika Volume 2 Nomor 3 Tahun 2021 Page 563 - 566 p-ISSN: 2797-6327 e-ISSN

Febrianto, M T dan Arisandi, D. (2018). “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Aseanâ€, 67-68.

Hasibuan. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Laksana, D dan Dharmayanti, D. (2018).“Pengaruh Digital Marketing terhdap Organizational Performance Dengan intellectual capital Dan perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Empat Di Jawa Timurâ€. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 12, No.1 April 2018.

Marwoko, G. (2019). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Jurnal Tarbiyah dan Syari’ah Islamiyah, Vol 26 No(1), 60-75.

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Praditya, A dkk. (2023). Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi Bisnis dan Pemasaran Pribadi Kepada Pemberi Kerja di SMK Via Medika Ciputat Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen Vol. 3, No. 2 Juni 2023, Hal. 100-104.

Setiawan, E P & Ismurjanti. (2018). Penggunaan internet sebagai sumber informasi dalam penyusunan karya ilmiah siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Vol. 6, No. 2 (Desember 2018) 169-182 ISSN 2303-2677 (Print) ISSN 2540-9239 (Online)

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana

Tjiptono, F dan Gregorius, C. (2017). Pemasaran Strategik Mengupas Pemasaran Startegik, Branding Starategy, Cusoemer Satisfaction, Stategi Kompetitif Hingga E-Marketing Edisi 3, 445.

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Faroh, W. N., Lestari, A. W., & Kustitik, K. (2023). Optimalisasi Penggunaan Internet Untuk Membuka Peluang Usaha Siswa Smk Sasmita Jaya 2. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 113–117. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.30715