Generation Gap Investment Generation for Gen Z

Authors

  • Nurul Shoidah Universitas Pamulang
  • Sultan Mulki Universitas Pamulang
  • Ahmad Fauzi Romadoni Universitas Pamulang
  • Raden Yoga Premadha Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.30782

Keywords:

Generation Z, Investment

Abstract

Berinvestasi menjadi suatu hal yang begitu penting dalam mengelola pendapatan, karena melalui investasi seseorang akan mendapatkan laba yang lebih tinggi dibandingkan jika hanya dengan menabung, begitu pula sebaliknya. Generasi Z adalah adalah generasi yang lahir tahun 1996-2009. Generasi Z memiliki identitas yang berbeda dengan generasi-generasi terdahulu. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan berinvestasi generasi Z adalah literasi keuangan. Berdasarkan masalah tersebut kami melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa SMK Mutiara Bangsa untuk berinvestasi sejak dini. Dalam kegiatan ini menggunakan metode presentasi dan berdiskusi secara rill tatap muka sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 dan telah dilakukan sejumlah kegiatan pada tanggal 28 Januari 2023. Hasil dari kegiatan ini adalah mahasiswa mampu transfer knowledge melalui program kerjanya sesuai dengan bidang ilmu keuangan untuk membantu kepada siswa SMK Mutiara Bangsa terkait pemahaman pentingnya berinvestasi sejak dini. Selanjutnya direkomendasikan kepada siswa SMK Mutiara Bangsa agar mau mengambil keputusan dalam berinvestasi sejak dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat membantu siswa SMK Mutiara Bangsa.

References

Ahmad Dahlan Malik, 2017, Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi UISI, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 3, No. 1, Januari-Juni 2017.

Amanita Novi Yushita. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Volume VI .

Chen, Haiyang & Volpe, Ronald P. 2014. An Analysis of Personal Finance Literacy Among College Students. Financial Services Review, Vol 7 (No. 2), hal 107- 128.

Dewi, N. N. S. R. T., Adnantara, K. F., & Asana, G. H. S. (2018). Modal Investasi Awal Dan Persepsi Risiko Dalam Keputusan Berinvestasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2), 173–190. https://doi.org/10.23887/jia.v2i2.15636

Dion, 2020. Generation Gap: Gaya Pengelolaan Keuangan Milenial dan Z. Diakses 22 Februari 2023 dari http://avrist.com.

Hidajat, T. (2015). Literasi Keuangan. Semarang: STIE Bank BPD Jateng.

Huston, S. (2010). Measuring Financial Literacy. The Journal of Consumer Affairs, 296-316.

Investor Saham Pemula. (2017). #YukBelajarSaham untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Diakses 22 Februari 2023 dari https://elexmedia.id

Januar, I. (2009). Remaja Smart Financial. Jakarta: Gema Insani Press.

Mendari, dan Kewal. 2013. Tingkat Literasi Keuangan di Kalangan Mahasiswa STIE MUSI. Jurnal Economia. Vol. 9 No. 2. Hal 130-140.

Pajar, Rizki Chaerul. 2015. “Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNYâ€. (Skripsi Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta).

Ricciardi, V. & Simon, H. K. (2000). What is Behavioral Finance?. Business, Education and Technology Journal Fall 20

Ryder, N. B. (1965). The Cohort as a Concept in the Study of Social Change. American Sociological Review 30(6), 843–861. Retrieved from https://doi.org/10.2307/2090964

Wasit Iskandar dan Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa.cet 4, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Shoidah, N., Mulki, S., Romadoni, A. F., & Premadha, R. Y. (2023). Generation Gap Investment Generation for Gen Z. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 138–142. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.30782