Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Kepada Generasi Z di Rumah Inspirasi Cahaya Hati Dalam Optimalisasi Produk Usaha Melalui Multimedia Digital

Authors

  • Susilawati Susilawati Universitas Pamulang
  • Fathan Arif Universitas Pamulang
  • Abdul Azis Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.30931

Keywords:

Media Sosial, Produk Usaha, Multimedia

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, keberadaan perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan dalam masyarakat. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah tim pelaksana melakukan pengajaran langsung di Rumah isnpirasi Cahaya Hati dan di pulikasikan pada channel youtube. Pelatihan ini bertujuan agar generasi millenial yang rata-rata masih berusia remaja memahami pentingnya Sosialisasi Kelayakan Bisnis Untuk Pemanfaatan Media Sosial Kepada Generasi Z dan Menciptakan Enterpreneur Muda Yang Inovatif Pasca Pandemi Covid-19. Hasil kegiatan ini adalah Pemanfaatan media sosial yang baik dan benar terkadang masih menjadi hal yang sulit difahami oleh  Sebagian masyarakat khususnya generasi muda, Karena kebanyakan generasi Z hanya menggunakan media sosial untuk mencari informasi, melihat hiburan namun tidak banyak generasi Z yang menggunakan media sosial sebagai optimalisasi produk usahanya.

References

Agnew, Palmer W, Kellerman, Anne S, Meyer, Jeanine. 1996. Multimedia in the classroom, Allyn and Bacon Boston.

Anderson, Ronald H. 1976. Selecting and Developing Media For Instruction. American Society For Training and Development, Modison.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.Lee, William W. and Diana L. Owens, “Multimedia-Based Instructional design: computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performancebased solutionâ€, e-book, UK: Pfeiffer, 2004.

Asmaya, F. (2015). Pengaruh penggunaan media sosial facebook terhadap perilaku prososial remaja di kenagarian koto Bangun. Jom FISIP, hal 115.

Bailey, D.H. 1996. Constructivism and Multimedia: Theory and Application: Innovation and Transformation. Jounal of Instruction Media. 23(2).161-165.

Dwi Sarwiko dan Widyo Nugroho. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Mx. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Hadi Sutopo, 2001. Multimedia. Jakarta: Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Persada Indonesia 'YAI'.

https://www.merdeka.com/jatim/pengertian-gen-z-serta-karakteristiknya-ketahui-agar-tak-keliru-kln.html

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Najjar, Lawrence. J. 1996. Multimedia Information and Learning. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 5, 444129-150. School of Psychology, Georgia Institute of Technology USA.

Nurudin, 2013. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Press.

Puntoadi, Danis. 2012. Menciptakan Penjualan Melalui Sosial Media. Jakarta: PT Elex Komputindo.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Susilawati, S., Arif, F., & Azis, A. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Kepada Generasi Z di Rumah Inspirasi Cahaya Hati Dalam Optimalisasi Produk Usaha Melalui Multimedia Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 143–150. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.30931