Edukasi Remaja Dengan Perbekalan Keterampilan dan Kreativitas Berjualan (E-Commerce)

Authors

  • Ana Septiana Rahman Universitas Pamulang
  • Randhy Agusentoso Universitas Pamulang
  • Hasudungan Pangaribuan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.31121

Keywords:

Keterampilan, Kreativitas, E-Commerce

Abstract

Banyak kesempatan dan peluang yang ada untuk berbisnis baik dibidang produk maupun jasa, namun tidak semua anak-anak panti dapat memanfaatkan peluang tersebut. Salah satu penyebabnya adalah lemahnya kemampuan dan pengetahuan dalam hal memanfaatkan Teknologi Informasi(TI) dalam  melakukan  pemasaran  dan  penjualan  secara  online  atau  yang  dikenal dengan istilah E-Commerce .Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah berupa penyampaian materi yang disusun secara sistematis, diskusi tentang materi yang disampaikan, serta pemberian contoh menggunakan apikasi E-Commerce .. Tujuan dari pengabdian masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada generasi muda yang ada di Panti Asuhan untuk menangkap peluang usaha dengan memanfaatkan Teknologi Informasi. Dengan Penggunaan Aplikasi Onlineâ€. Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik dan peserta sangat antusias dalam mengikuti selama kegiatan. Harapan peserta agar kegiatan pengabdian kepada masyarakat  ini  dapat  dilaksanakan  secara  berkesinambungan  oleh  Universitas Pamulang,  karena  melalui  kegiatan  ini  dapat  menambah  pengetahuan  mereka khususnya dalam hal E-Commerce . Hasil dari kegiatan tersebut adalah para peserta menjadi lebih mengerti cara berniaga secara online Sehingga kedepannya Ibu PKK, akan lebih terampil dan kreatif lagi dalam berniaga secara online baik menjual atau pun membeli kebutuhannya. Peranan panti asuhan memberikan pelayanan kuratif dan rehabilitative berupa bimbingan kemandirian yaitu penanaman sikap pada anak asuh, bimbingan keterampilan berupa pemberian bekal keterampilan dan memanfatkan keterampilan yang mereka miliki secara maksimal, pelayanan pemeliharaan yaitu penyantunan sosial yang diberikan berupa pemenuhan kebutuhan. 

References

Agung, Lilik, A.M. 2020. Kompetensi SDM Di Era 4.0, Tangerang. Gramedia Digital

Al Hakim, Shidiq. Jualan Online Tanpa Modal. Jakarta: Gramedia. 2011. Helianthusonfri, Jefferly. Bisnis Praktis dan Fantastis dengan Droship.Jakarta: Gramedia. 2013.

Andrew E, Sikula, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung, Erlangga.

Chaffey, D. & Chadwick, F. (2019). Digital Marketing Strategy, Implementation, and Practice. New Jersey: Pearson.

Komputer, Wahana. Membangun Usaha Bisnis Dropshipping. Jakarta: Gramedia. 2013.

Sari, R., Suryani, N. L., Setiawan, R., Darmadi, & Susanto, N. (2020). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Produktivitas Pada Ukm Kelurahan Pagedangan Kabupaten Tanggerang-Banten Ratna. Dedikasi Pkm Unpam, 1(3), 93–97.

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 No. 3(September), 351–355.

Suryani, N. L., Sari, R., Setiawan, R., Susanto, N., & Pamulang, U. (2021). Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. 2(2), 2018–2021.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Rahman, A. S., Agusentoso, R., & Pangaribuan, H. (2023). Edukasi Remaja Dengan Perbekalan Keterampilan dan Kreativitas Berjualan (E-Commerce). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 151–153. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.31121