Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa di Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Authors

  • Ade Tutty Rokhayati Rosa Universitas Islam Nusantara
  • Juwita Ramadani Fitria Universitas Islam Nusantara
  • Muhammad Jalaluddin Syahroni Universitas Islam Nusantara
  • Kadar Budiman Universitas Islam Nusantara
  • Tri Novia Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.31137

Keywords:

Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pelatihan

Abstract

Pada saat ini masyarakat Indonesia tengah memasuki era globalisasi dan moderenisasi yang penuh dengan tantangan yang menuntut masyarakat Indonesia menjadi manusia yang lebih berkualitas tinggi dengan wawasan luas dan segala ketrampilan yang dimiliki. Seiring dengan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, maka setiap organisasi harus mampu menerapkan, memanfaatkan, serta mengelolanya .Berhubungan dengan perkembangan tersebut, maka pelaksanaan berbagai usaha yang dilakukan organisasi maupun lembaga harus sejalan dengan kemajuan dan perkembangan yang ada. Dengan begitu tugas pekerjaan yang diemban semakin berat dan membutuhkan spesifikasi kemampuan dan keterampilan yang spesifik pula, untuk menjamin tiap bidang pekerjaan terlaksana sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan kepemimpinan bagi Mahasiswa universitas pamulang, serta untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu meliputi kurikulum, metode belajar mengajar, tenaga pengajar, alat bantu pendidikan, anggaran/pendanaan, dan faktor pendukung serta faktor penghambat pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan kepemimpinan bagi Mahasiswa universitas pamulang. Sumber data primer dalam penelitian ini Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kurikulum yang masih kurang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan masa kini, metode belajar mengajarnya masih monoton karena hanya berupa ceramah dan kurang ada simulasi-simulasi kreatif, serta kompetensi tenaga pengajar belum disertai dengan pembaharuan sesuai kondisi saat ini. Sedangkan dilihat, fasilitas sudah cukup memadai.

References

G.R Terry (2010: 16) The Management Of Human Resource Development Based On The Action, Planning, Organizing, And Controling. Jurnal Manajemen, 10(2), pp. 129-142.

Gomes, Faustino Cardoso, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi, Yogyakarta

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hartatik, Puji, Indah , 2018, Sumber Daya Manusia, Jogjakarta: Laksana

Hasibuan, Malayu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Heidjrachman Ranupandojo, Suad Husnan, 2002. Manajemen Personalia, BPFE UGM, Yogyakarta.

Henry Simamora, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Gramedia, Jakarta.

Martoyo, Susilo. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Nitisemito. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ketiga. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sari, R., Suryani, N. L., Setiawan, R., Darmadi, & Susanto, N. (2020). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Produktivitas Pada Ukm Kelurahan Pagedangan Kabupaten Tanggerang-Banten Ratna. Dedikasi Pkm Unpam, 1(3), 93–97.

Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 No. 3(September), 351–355.

Suryani, N. L., Sari, R., Setiawan, R., Susanto, N., & Pamulang, U. (2021). Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. 2(2), 2018–2021.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Rosa, A. T. R., Fitria, J. R., Syahroni, M. J., Budiman, K., & Novia, T. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa di Universitas Pamulang, Tangerang Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 165–168. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i2.31137