Pelatihan Bauran Pemasaran Pupuk Organik Cair Jakaba Kepada Santri Ponpes Al-Mujtama Al-Islami Cianjur

Authors

  • Diding Tri Rosyanto University of Pamulang
  • Mardani Mardani Universitas Pamulang
  • Rifki Meilianda University of Pamulang
  • Ambarwati Suharto Universitas Pamulang
  • Iyan Aksena Universitas Pamulang
  • Udin Ahidin University of Pamulang
  • Nardi Sunardi University of Pamulang
  • Kasmad Kasmad University of Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i3.33388

Keywords:

Bauran Pemasaran, Pupuk Cair Jakaba, Metode Ceramah, Metode Diskusi

Abstract

Aspek pemasaran memegang peranan yang sangat penting. Produk yang disukai oleh konsumen, penetapan harga yang tepat, pemilihan lokasi dan saluran distribusi yang tepat, serta promosi yang tepat akan dapat meningkatkan kinerja usaha naik dari sisi pemasaran maupun omset yang diperoleh. Pelatihan Strategi Bauran Pemasaran Pupuk Organik Cair Jakaba bertujuan untuk 1) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait pengembangan produk dari sisi varian, kemasan, ukuran, merek, dan kualitas. 2) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait penetapan harga produk yang kompetitif. 3) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai pengembangan saluran distribusi dan pemilihan lokasi bisnis yang tepat. 4) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman berkaitan dengan pengembangan strategi promosi. Untuk melaksanakan kegiatan pelatihan ini, digunakan beberapa metode pelatihan, yaitu dengan menggunakan Metode Ceramah dan dengan Metode Simulasi. Metode simulasi penting diberikan kepada para Santri agar dapat memberikan kesempatan untuk mempraktekan materi pelatihan yang diperoleh. Harapannya, peserta pelatihan akan benar-benar menguasai materi pelatihan yang diterima, mengetahui tingkat kemampuan yang dimiliki, menerapkan kegiatan berwirausaha secara teknis dan dapat mengidentifikasi kesulitan-kesulitan untuk kemudian dipecahkan.  Bauran Pemasaran digunakan oleh Santri untuk menjual produk yang dihasilkan oleh mereka yaitu Pupuk Organik Cair Jakaba, Produk tersebut akan dibuat dengan berbagai ukuran yaitu 250 ml, 500 ml dan 1L, untuk menentukan harga produk didasarkan pada metode cost based pricing, untuk promosi dilakukan dengan cara personal selling dan untuk tempat penjualan menggunakan dua metode yaitu secara offline yaitu dengan pasar sasaran masyarakat sekitar Kecamatan Mekarjaya Cianjur dan secara online untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Author Biographies

Diding Tri Rosyanto, University of Pamulang

Magister Manajemen

Mardani Mardani, Universitas Pamulang

Magister Manajemen

Rifki Meilianda, University of Pamulang

Magister Manajemen

Ambarwati Suharto, Universitas Pamulang

Magister Manajemen

Iyan Aksena, Universitas Pamulang

Magister Manajemen

Udin Ahidin, University of Pamulang

Magister Manajemen

Nardi Sunardi, University of Pamulang

Magister Manajemen

Kasmad Kasmad, University of Pamulang

Magister Manajemen

References

Altitovelis, A. I. (2021). Strategi Bauran Pemasaran Pupuk Organik KUB Po'ama Di Desa Moncongloe Bulu, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Program Studi Agribisnis DEpartemen Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Hasanuddin.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. jakarta, akarta: Prenhalindo.

Kotler, P., & amstrong, G. (2015). “Marketing an Introducing Pretiece Hall twelfth editionâ€,. England : Pearson Education, Inc: Pretiece Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). manajemen Pemasaran jilid 1 , Edisi 13. jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th Edition. London: Pearson Education,Inc.

Kustini, E., Fauzi, R. D., & Konefi, F. (2023). Meningkatkan Strategi Pemasaran dan Sumber Daya Manusia Dalam Bersaing Produk Umkm Sekitar Ponpes Mathla'ul Hidayah Cisauk. urnal Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM): Kreasi Mahasiswa Manajemen,[S.l.], v. 3, n. 2, p. 157-160, june 2023. ISSN 2775-6092., 157-160. Retrieved August 16, 2023, from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/31127/14681

Mutmainnah, Widodo, A. S., & Wardani, S. (2023, Mei). Formulasi Komunikasi Pemasaran ; menimbang Konsep Komunikasi Pemasaran Terintegrasi Pada Pelaku UMKM Desa ciampea Udik Bogor. jurnal Pengabdian Kepada masyarakat, 4(P-ISSN 2716-3652 E-ISSN 2723-1003), 155-162.

Nurendah, Y., Mekaniwati, A., & Maulina, D. (2020). PKM Pelatihan Strategi Pengembangan Bauran Pemasaran Untuk Peningkatan Omzet UMKM. Bogor: Program Studi Manajemen Pemasaran, Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan.

Santosa, I. M., Agung, D. G., & Ustriyana, I. N. (2013, Juli). Bauran Pemasaran Pupuk Organik Pupuk Organik pada Kelompok Tani Ternak Nandini Asri Desa Kelating Kecamatan Kerambitan, Tabanan. E-¬â€Jurnal Agribisnis dan Agrowisata, Vol. 2, No. 3(ISSN: 2301-¬â€6523).

Sulistiyani, Pratama, A., & Setiyanto. (2020, February). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Volume 3 • Nomor 2 , 31 – 39.

Syaifullah, I. P. (2020). upaya Pemasaran Pupuk Organik Dan Racun Tanaman Berbasis media Sosial. Palembang: Program studi Teknik Fakultas Teknik Industri Universitas Bina Darma Palembang .

Yulia Nurendah, A. M. (2020). PKM Pelatihan Strategi Pengembangan Bauran Pemasaran Untuk Peningkatan Omzet UMKM. Small Business, Omzet and Marketing Mix.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Rosyanto, D. T., Mardani, M., Meilianda, R., Suharto, A., Aksena, I., Ahidin, U., … Kasmad, K. (2023). Pelatihan Bauran Pemasaran Pupuk Organik Cair Jakaba Kepada Santri Ponpes Al-Mujtama Al-Islami Cianjur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 245–250. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i3.33388