Pelatihan Manajemen Agribisnis Kepada Santri Pondok Pesantren Al-Mujtama Al- Islami Cianjur

Authors

  • Ade Muhammad Saepulloh Universitas Pamulang
  • Erthride Maharai Puri Dharmajati Universitas Pamulang
  • Kuncoro Edy Sunyoto Universitas Pamulang
  • Olief Zaki Janitra Universitas Pamulang
  • Tri Yansyah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i3.33521

Keywords:

Manajemen, Agribisnis, Marketing

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai agribisnis pada santri Pondok Pesantren Al-Mujtama Al- Islami Cianjur, memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai agribisnis kepada santri, memberikan cara pandang bahwa bisnis dalam bidang pertanian merupakan bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan, memotivasi santri agar mau mengembangkan bisnis dalam bidang pertanian.  Untuk melaksanakan kegiatan tersebut digunakan beberapa metode pelatihan, yaitu: Metode ceramah, metode ceramah dipilih untuk memberikan pelatihan dan pembinaan kepada Santri dan santriwati, Metode tutorial, metode tutorial ini diberikan kepada para peserta pelatihan agar peserta mendapatkan kesempatan untuk mempraktekkan materi yang diperoleh. Metode diskusi, Metode ini memungkinkan peserta untuk menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang penerapan pengajaran yang baik dan mumpuni. Dan hasil yang didapat dari kegiatan PKM ini adalah bahwa Pondok Pesantren Al-Mujtama Al- Islami Cianjur memiliki beberapa perkebunan diantaranya alpukat, duren, rumput pakchong, melinjo, pupuk organic cair, decomposer yang merupakan karakteristik produk pertanian. Semua perkebunan dikelola sepenuhnya oleh pihak pesantren terkhusus oleh para santriawan dan santriawati. Dan Saluran distribusi semua produk yang digunakan oleh Kelompok Santri Pondok Pesantren Al-Mujtama Al- Islami Cianjur adalah saluran pemasaran secara langsung, saluran pemasaran tidak langsung, serta pasar sasarannya adalah daerah cianjur dan sekitarnya. Dan proses promosinya menggunakan promosi secara langsung tanpa menggunakan media sosial.

Author Biography

Tri Yansyah, Universitas Pamulang

Magister Manajemen 

References

Arifin, B. 2011. Stransformasi Struktural Ekonomi Indonesia.

Custodio, HC Jr. Agribusiness Concepts and Dimension: Some Applications. From C.V. Velasco. 2003. Agribusiness Management Course Module. AB 710. Central Luzon State University.

Downey, W. D. dan S. P. Erickson. 1989. Manajemen Agribisnis. Edisi kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kementrian Pertanian. 2012. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan.Jakarta.

Saputra, A. 2013. Analisis Ekonomi Konversi Tanaman Karet Menjadi Tanaman Kelapa Sawit di Kab. Muaro Jambi.

Saragih, B. 2010. Agribisnis: Paradigma Baru Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian. Bogor: IPB Press.

Sa'id, E., 2007. Ekonomi Pangan. In: Agribisnis dan Ekonomi Pangan. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-43. ISBN 9796899752.

Sieva, A., 2015. Pengertian dan Konsep Agribisnis Pertanian. Makalah. http://mynew penyuluhan pertanian.blogspot.co.id201504pengertiandankonsep-agribisnis.html. (Di akses 13 Agustus 2023).

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Saepulloh, A. M., Dharmajati, E. M. P., Sunyoto, K. E., Janitra, O. Z., & Yansyah, T. (2023). Pelatihan Manajemen Agribisnis Kepada Santri Pondok Pesantren Al-Mujtama Al- Islami Cianjur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(3), 232–237. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i3.33521