Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Produk Untuk Meningkatkan Profit UMKM
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v3i3.33820Keywords:
Digital Marketing, Strategi Pemasaran, UMKMAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemanfaatan digital marketing dan penentuan strategi pemasaran produk. Metode yang dikembangkan dalam kegiatan ini melalui sosialisasi dan pendampingan cara pemanfaatan digital marketing sebagai strategi pemasaran bagi pelaku UMKM yang tergabung dalam UMKM Cuma Satu Curug Maju dan Bersatu di wilayah kota Depok. Permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM ini yaitu terkait keterbatasan pengetahuan teknologi untuk pemanfaatkan digital marketing secara efektif. Pelaku UMKM berdalih tidak mempunyai ilmu berkaitan dengan pengetahuan dan penentuan strategi pemasaran produk yang efektif. Sehingga dengan adanya kegiatan tentang pemanfaatan digital marketing sebagai strategi pemasaran produk bagi pelaku UMKM ini, dapat memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan bagi para pelaku usaha serta secara langsung dapat diterapkan pada pemanfaatan digital marketing terhadap usahanya.References
Anggraini, O, dan Supriyanto. (2019). Literasi Digital: Suatu Kemewahan Bagi UMKM Perikanan di Era Industri 4.0?. Prosiding Seminar Lokakarya Kualitatif Indonesia, hlm. 1-10. Yogyakarta.
Ascharisa Mettasatya Afrilia. 2018. Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi 1 (1). Hal 147–157. Boon, Kurtz (2008). Contemporary Marketing ., New York: Sount-West Cengage Learning.
Dedi Purwana, Rahmi, dan Shandy Aditya. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM Duren Sawit, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, Vol.1. No.1.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Hermawan, & Setiawati (2018). Persepsi Pemilik dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Atas Penyusunan Laporan Keuangan. Sidoarjo.
Kim, J. and Lennon, S. J. (2013). Effects of reputation and website quality on online consumers’ emotion, perceived risk and purchase intention: based on the stimulus-organism-response model. Journal of Research in Interactive Marketing, 7(1), 33-56.
Kotler, Philp & Gary Armstrong. (2012). Principle of Marketing. 8th Editon. New Jersey: Prentice Hal.
Kotler, Philip,. Keller, Kevin (2009). Marketing Management, ed., New Jersey: Pearson Education Upper Saddle River.
Magrath, V., & McCormick, H. (2013). Branding design elements of mobile fashion retail apps. Journal of Fashion Marketing and Management, 17(1), 98–114.
Sabila, Nur. 2019. Bahan Ajar Digital Marketing. Semarang: STEKOM
Sanjaya, Ridwan dan Tarigan Josua. 2009. Creative Digital Marketing. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Winardi. 2008. Entrepreneur dan Entrepreneurship. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.