Edukasi Literasi Keuangan Digital Dalam Upaya Meminimalisir Risiko Keuangan Pada Warga Perumahan Grand Viona Kuripan

Authors

  • Anum Nuryani Universitas Pamulang
  • Asep Muhammad Lutfi Universitas Pamulang
  • Arif Hidayat Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i4.36290

Keywords:

Literasi Keuangan Digital, Pengabdian Masyarakat, GVK

Abstract

Fenomena saat ini banyak ditemukan kasus penipuan keuangan digital. Kasus tersebut  hampir di rasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, termasuk warga di Perumahan Grand Viona Kuripan pernah mengalami penipuan kejahatan seperti nomor call center palsu yang di tempelkan pada mesin ATM dan penipuan panggilan telepon terkait krisis keluarga. Fenomena tersebut menarik tim pengabdi untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan pemahaman mengenai literasi keuangan digital. Maka dari itu, Tim pengabdi bekerja sama denan Paguyuban Perumahan Grand Viona Kuripan untuk melakukan kegiatan pengabdian berupa edukasi digital keuangan digital pada 23-24 September 2023. Adapun kegiatan dilakukan secara tatap muka di Mushola Al Jabar Rahmah Perumahan Grand Viona Kuripan. Melalui kegiatan, masyarakat khususnya di Perumahan Grand Viona Kuripan bisa mengalami peningkatan pemahamannya sehingga bisa meminimalisir bahaya penipuan yang mungkin bisa dialami sebagai salah satu risiko keuangan.

References

BI Institute (2023) Kejahatan Keuangan Dalam Pembayaran Digital. https://www.bi.go.id/id/bi-institute/BI-Epsilon/Pages/Kejahatan-Keuangan-Dalam-Pembayaran-Digital.aspx. diakses 01 September 2023

L Septiani (Feb, 2023). Kominfo Catatkan 1.730 Kasus Penipuan Online, Kerugian Ratusan Triliun. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/63f8a599de801/kominfo-catatkan-1730-kasus-penipuan-online-kerugian-ratusan-triliun. diakses 01 September 2023

Novia, K, dkk (2022) Penipuan Digital Di Indonesia Modus, Medium dan Rekomendasi. Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada

Nuryani, A., dkk (2022) Edukasi Literasi Keuangan di era Digital bagi Warga Belajar PKBM Bakti Warga Kopo. Dedikasi PKM, 3(3), 275-278.

OJK (2015). Bijak Ber-Electronic Banking

OJK (2022) Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx. diakses 01 September 2023

Porta Inforamasi Indonesia. (2023). Upaya Bersama Berantas Kejahatan Digital. https://indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/7374/upaya-bersama-berantas-kejahatan-digital?lang=1. diakses 01 September 2023

Purwati, T., (2022). Literasi Keuangan Naik Sih, Tapi Gap Sama Inklusi Kok Jauh Ya. https://www.cnbcindonesia.com/market/20221123091558-17-390384/literasi-keuangan-naik-sih-tapi-gap-sama-inklusi-kok-jauh-ya diakses 01 September 2023

Shoidah, N, dkk (2023) Generation Gap Investment Generation for Gen Z. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, Vol 3, No 2, 138-142

Truecaller. (2021). Top 20 Countries Affected by Spam Calls in 2021. https://www.truecaller.com/blog/insights/top-20-countries-affected-by-spam-calls-in-2021. diakses 02 September 2023

Downloads

Published

2023-12-06

How to Cite

Nuryani, A., Lutfi, A. M., & Hidayat, A. (2023). Edukasi Literasi Keuangan Digital Dalam Upaya Meminimalisir Risiko Keuangan Pada Warga Perumahan Grand Viona Kuripan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(4), 291–295. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i4.36290