Peningkatan Kemampuan Manajemen Keuangan dan Pembukuan Sederhana Sebagai Upaya Relevansi Lulusan Smk Dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri Dudi Pada Siswa Smk Al-Manar Cibeuteung Udik, Kec. Ciseeng, Kab. Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v3i4.36332Keywords:
Manajemen Keuangan, Pembukuan Sederhana, Dunia Industri (Dudi)Abstract
Keberadaan SMK untuk membekali peserta didik ketrampilan khusus agar dapat diaplikasikan didunia kerja cenderung kontradiktif karena melihat realita dunia kerja belum menampung banyaklulusan SMK. Link and match sebagai bentuk program yang mengantarkan keterkaitan (link) ataukompetensi lulusan pendidikan sepatutnya sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pembangunanberupa kesesuaian (match) atau hasilnya cocok dengan kebutuhan DUDI dalam segi kuantitas, kualitas, ragam, kualifikasi dan waktu. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengoptimalkan penerapanlink and match sebagai upaya relevansi SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Setiapindividu harus memiliki kecerdasan serta skill untuk mengelola keuangan pribadinya. Denganmenerapkan cara pengelolaan keuangan yang benar, maka individu diharapkan bisa mendapatkanmanfaat yang maksimal dari uang yang dimilikinya. Dalam rangka memperoleh kesejahteraankeuangan, individu perlu memiliki pengetahuan, sikap, dan implementasi seseorang dalam mengelolakeuangan, yang lebih dikenal dengan literasi keuangan. Negara-negara maju seperti seperti Amerika, Belanda, Swedia, Italia, Jepang, dan Selandia Baru (Lusardi, A & Mitchell, 2011: 9) juga gencarmemberikan edukasi finansial kepada masyarakatnya. Pemerintah sebagai pembuat kebijakan sadarpentingnya pendidikan literasi keuangan. Pemerintah dan otoritas publik memastikan bahwa seluruhpenduduk memahami secara benar tentang literasi keuangan sehingga dapat berdampak positif bagisetiap individu atan dan peningkekonomi khususnya secara global. Adapun tujuan dari PKM iniadalah Untuk mengetahui cara meningkatkan Kemamuan Manajemen Keuangan Supaya relevandengan Dunia usaha dan Dunia Industri Pada Siswa SMK Al-manar; Untuk mengetahui cara membuatpembukuan sederhana untuk Siswa SMK Supaya relevan dengan Dunia usaha dan Dunia Industri Pada Siswa SMK Al-manar. Metode yang digunbakan pada PKM ini adalah dengan metode Ceramah dan Simulasi. Hasil yang diharapkan pada PkM ini adalah dapat Meningkatkan KemampuanManajemen Keuangan Supaya relevan dengan Dunia usaha dan Dunia Industri Pada Siswa SMK Al-manar, Siswa juga dapat membuat pembukuan sederhana untuk Siswa SMK Supaya relevan denganDunia usaha dan Dunia Industri.References
Andhani, D., Lutfi, A., & Simangunsong, R. (2023). Pelatihan Pencatatan dan Penyusunan Laporan Keuangan Dalam Usaha Rumahan atau Usaha Kecil Menengah Ponpes Mathla'ul Hidayah Cisauk. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 154-156
(file:///C:/Users/Admin.AH95Y2MYL9D23OP/Downloads/10712-24583-1-PB.pdf)
Dewi, I., Mardiana, S., & Hasanah, Y. (2023). Pemanfaatan Business Model Canvas (Bmc) Dalam Meningkatkan Kegiatan Bisnis Umkm di Desa Cibogo. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(1), 18-20.
Renol & Indiayu, 2020. “KAJIAN LITERASI KEUANGAN PADA SISWA MENENGAH ATAS(SMA): SEBUAH PEMIKIRANâ€.file:///C:/Users/Admin.AH95Y2MYL9D23OP/Downloads/10712-24583-1-PB.pdf
Surahman, A., Murtiyoko, H., & Lubis, I. (2023). Pelatihan Manajemen Keuangan Pribadi dengan Pengetahuan Dasar Akuntansi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(1), 61-66
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.