Penyuluhan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan pada Enterpreneur Perikanan dan Kelautan di Desa Sindanglaut Kecamatan Carita Pandeglang - Banten
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v3i4.36685Keywords:
Pemasaran Digital, EnterpreneurshipAbstract
Memupuk jiwa enterpreneurship bagi pemuda sangat baik dilakukan agar memiliki pemahaman bahwa pekerjaan sebagai wirausaha itu adalah sebuah prospek yang bagus. Sehingga terbangunlah mental mental pengusaha bukan karyawan. Dengan tumbuhnya jiwa enterpreneurship, para pemuda akan mulai mencoba menjalankan wirausaha khususnya meneruskan usaha yang telah digeluti oleh Enterpreneur Perikanan dan Kelautan di Desa Sindanglaut Kecamatan Carita Pandeglang – Banten. Penguasaan keterampilan berwirausaha melalui digital marketing menjadi target utama yang diharapkan dimiliki oleh para pemuda. Sehingga, efektifitas dalam berwirausaha menjadi meningkat. Dengan penguasaan digital marketing dalam menjalankan usaha diharapkan dapat meningkatkan omset penjualan. Tujuan kegiatan PKM adalah untuk mengetahui seberapa besar penggunaan digital marketing dalam menjalankan usaha pada Enterpreneur Perikanan dan Kelautan di Desa Sindanglaut Kecamatan Carita Pandeglang – Banten. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa adanya peningkatan ilmu pengetahuan serta wawasan tentang penggunaan digital marketing pada Enterpreneur Perikanan dan Kelautan di Desa Sindanglaut.References
Abu Abdullah Muhammad bin Yazid bin Majah al-Rab'i al-Qazwaini. 1997. Sunan Ibnu Majah. Beirut: Darul Fikri.
Anoraga Pandji & Sudantoko Djoko. 2002. Koperasi Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aprilliani, S., Supriyatna, W., & Solihin, D. (2023). Pelatihan Meningkatkan Jiwa Berwirausaha pada Santri Ponpes Mathla'ul Hidayah Cisauk. DEDIKASI PKM, 4(2), 174-179. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.29747
Chaffey, Dave & Ellis, Chadwick. 2016. Digital Marketing, Sixth Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited
Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafindo.
Maritasari, D., Husni, M., Rodiah, H., Ramadhan, A., & Apriana, D. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Android untuk Pembuatan Produk Multimedia Pembelajaran di MA Ridlol Walidain Batu Bangka. DEDIKASI PKM, 4(3), 451-458. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i3.33125
Meredith, et al. 2002. Kewirausahaan: Teori dan Praktek, alih bahasa oleh Andre Aspar sayogi. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.
Munarsih, Mada F. Akbar, Ariyanto, A., Ivantan, Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa untuk Berwirausaha pada SMK Muhammadiyah Parung-Bogor. Jurnal PengabdianDharma Laksana, 3(1), 22-27.
Munarsih. 2019. Analisis Strategi Pelaksanaan Pelayanan Pendidikan pada SDIT Bina Cendekia – Depok. Jurnal Kompetitif, Vol 2, No. 3, 136-155.
Purwana, Dedi. Rahmi dan Sandi Aditya. 2017. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawitâ€, Vol. 1 nomor 1. Universitas Negeri Jakarta.
Solihin, D., Eka, P., Suwanto, S., Kurniawan, P., & Susanto, N. (2021). Pelatihan Penyusunan Program Pemasaran Sebagai Sarana Pengembangan Usaha Bagi Warga Desa Cicalengka. DEDIKASI PKM. 3(1), 101-105. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v3i1.14614
Solihin, D., Susanto, N., Setiawan, R., Ahyani, & Darmadi. (2020). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Warga Di Kelurahan Paninggilan Utara Ciledug. Abdi Laksana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). 351–355.
Suryana Yuyus & Kartib Bayu. 2010. Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.
Suryana. 2008. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Susanto Adi. 2002. Kewirausahaan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Trim Bambang. 2008. Business Wisdom of Muhammad SAW: 40 KedahsyatanBisnis Ala Nabi SAW. Bandung:Madani Prima.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.