Pengembangan Desa Wisata Berbasis Syariah di Kampung Durung Desa Sindanglaut Carita Banten

Authors

  • Mutawali Mutawali Universitas Pamulang
  • Achmad Agus Yasin Fadli Universitas Pamulang
  • Sari Karmiyati Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v3i4.36862

Keywords:

Pelatihan dan Edukasi, Desa Wisata Syariah, Kampung Durung Sindanglaut Carita Banten

Abstract

Tujuan pengabidan ini untuk mengembangkan desa wisata berbasis syariah di Kampung Durung serang banten. Adanya tujuan ini dilatarbelakangi dari kegiatan yang dilakukan oleh warga di sana yang melakukan kegiatan pengajian mingguan di lokasi desa tersebut. Selain di lokasi itu ada tempat wisata lainnya. Seperti tempat penginapan, waterpark, dan lahan bertani. Tempat penginapan di lokasi itu dominan dikunjungi oleh turis asing setiap weekand. Untuk waterpak dilokasi itu disediakan untuk warga setempat yang ingin berenang di sana tanpa dipungut biaya. Disediakan waterpark untuk anak-anak dan dewasa. Untuk lahan bertani, dilakukan kegiatan bercocok tanam berdasarkan musim yang dilakukan oleh pemilik lokasi. Bentuk dari kegiatan dilokasi itu tentu memberikan manfaat, namun sisi kemanfaatan ini tidak didasarkan pada nilai keislaman, dimana perlu adanya kolaborasi pada lokasi itu yang memiliki tempat wisata dan adanya kegiatan pengajian yang dilakukan dilokasi itu. Lokasi itu bisa dijadikan desa wisata berbasis syariah agar desa itu mendapatkan dukungan serta adanya edukasi keagamaan dan lokasi wisata yang memberikan kemanjaan masyarakat itu bisa mendapatkan edukasi sambil melakukan rekreasi di sana. kegiatan pengabdian ini menggunakan aksi dan tindakan yang dilakukan oleh pemilik lokasi dan warga sekitar untuk memberikan pelatihan dan arahan agar lokasi itu menjadi lokasi desa wisata syariah yang dapat memberikan keberkahan dan kemanfaatan dunia akhirat. Hasil dari kegiatan pengabdian ini, diharapkan lokasi ini menjadi sentralisasi desa wisata yang tidak hanya sebatas menikmati hiburan, melainkan ada nilai keislaman pada setiap kegiatan di desa wisata ini, disamping itu ada kegiatan edukasi keagamaan ditujukan untuk semua kalangan, agar mereka dapat menambah ilmu keagamaan sambil melakukan wisata di sana.

References

Adinugraha, H. H., Sartika, M., & Kadarningsih, A. (2018). Desa Wisata Halal: Konsep Dan Implementasinya Di Indonesia.

Adinugraha, H. H., Sartika, M., & Kurnianingsih, A. (2018). Desa Wisata Halal: Konsep Dan Implementasinya Di Indonesia. Human Falah, 5(1), 29–48.

Agil, D. (2023, August 24). Warga Sambut Suka Cita Pembangunan Jalan Di Kampung Durung Desa Sindanglaut Kabupaten Pandeglang SEPUTAR BANTEN. Https://Satubanten.Com/Warga-Sambut-Suka-Cita-Pembangunan-Jalan-Di-Kampung-Durung-Desa-Sindanglaut-Kabupaten-Pandeglang/.

Astuti, T. B., Anwar, S., & Junarti. (2019). Pengembangan objek wisata syariah desa bubohu gorontalo: pendekatan SWOT dan ANP. Forum Ekonomi. ISSN Print: 1411-1713 ISSN Online: 2528-150X, 21(1), 1–11.

Berampu, L. T. A. H. I. S. (2022). Pemahaman Ekonomi Syariah Pada Masyarakat Desa Wisata Taman Agro Wisata Siba Indah Hamparan Perak. Jurnal Abimas Mutiara, 3(2).

Edi Irawan. (2020). Model Pengabdian berbasis Kompetisi. Zahir Publishing.

Farhat M. (2022, July 7). Tenggelam di Laut, Kades Sindanglaut Turun Langsung Cari Warganya. Https://Beritafakta.Id/Tenggelam-Di-Laut-Kades-Sindanglaut-Turun-Langsung-Cari-Warganya/.

Novia, K., & Mansur, Y. (2023). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA HALAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI NAGARI MAEK KECAMATAN BUKIK BARISAN. I- Toursm, 3(1), 15–27.

Rohman, T., & Ridlwan, A. A. (2021). ANALISIS PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA BERBASIS SYARIAH DI DESA KEBLORAN KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG JAWA TENGAH. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah. ISSN: 2527 - 6344 (Print) ISSN: 2580 - 5800 (Online), 6(1), 215236.

Susanti, S., & Hakim, M. A. (2023). Analisis Penguatan Citra Destinasi Pariwisata Syariah melalui Penerapan Ekonomi Kreatif pada Wisata Hutan Sreni Indah di Desa Batege Nalumsari Jepara. JEBisKu: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Kudus P-ISSN: 0000-0000, E-ISSN: 0000-0000, 1(1).

Tri, B. A., Anwar, S., & Junarti. (2019). Pengembangan objek wisata syariah desa bubohu gorontalo: pendekatan swot dan anp. FORUM EKONOMI, 21(1), 1–11. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI

Wilkpedia. (2023, February 3). Carita, Pandeglang. Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Carita,_Pandeglang.

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Mutawali, M., Fadli, A. A. Y., & Karmiyati, S. (2023). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Syariah di Kampung Durung Desa Sindanglaut Carita Banten. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(4), 354–362. https://doi.org/10.32493/kmm.v3i4.36862