Literasi Teknologi Finansial Untuk Generasi Milenial Pada SMK Mulia Buana

Authors

  • Kartono Kartono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Kharisma Danang Yuangga Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Rachmawaty Rachmawaty Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i1.38181

Abstract

Anak muda milenial menghadapi tantangan literasi keuangan, termasuk kurangnya pendidikan formal di sekolah dan pengaruh budaya konsumtif. Penyuluhan diperlukan untuk mengatasi masalah ini. Teknologi finansial (fintech) muncul sebagai solusi dengan memberikan akses mudah ke alat dan informasi keuangan. Fintech tidak hanya memberikan manfaat praktis, tetapi juga membuka peluang inklusi keuangan, inovasi, dan kreativitas. Memahami fintech membantu anak muda menjadi mandiri dan percaya diri dalam mengelola uang, serta mempersiapkan mereka untuk masa depan keuangan yang lebih inklusif dan inovatif. Oleh karena itu, dosen-dosen dari Universitas Pamulang menginisiasi program pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Literasi Teknologi Finansial Untuk Generasi Milenial Pada SMK Mulia Buana”

References

Arianti, B. F. (2017). The influence of financial knowledge, control and income on individual financial behavior. European Research Studies Journal, 20(3), 635–648. https://doi.org/10.35808/ersj/734

Choirunissa, A. (2018), Pengaruh Financial Inclusion Terhadap Perkembangan UMKM (Studi Pada Pedagang di Pasar Cimanggis Ciputat Kota Tangerang Selatan), Skripsi S1 Perbankan Syaria FEB UIN Jakarta, hal. 1-147.

Fadila, A., D.R. Sholihah dan S. Nugraheni (2021), Pembinaan Pengelolaan Keuangan dan Pemasaran Digital Pada Pelaku UKM Di Kecamatan Ciomas Bogor, To Maega, Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No.2, hal. 221-230.

Financial Services Authority (OJK). (2017). Indonesian Financial Literacy National Strategy (Revisit 2017). Retrieved from https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Documents/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-(Revisit-2017)-/SNLKI%20(Revisit%202017)-new.pdf

Fraczek, B., & Klimontowicz, M. (2015). Financial literacy and its influence on young customers’ decision factors. Journal of Innovation Management, 3(1), 62–84. https://doi.org/10.24840/2183-0606_003.001_0007

Iman, N. (2018), Assessing the Dynamics of Fintech In Indonesia, Investment Management and Financial Innovation, issued by Business Perspectives Vol. 15. No.4, pp 296-303, http://dx.doi.org/10.21511/imfi.15(4).2018.24

OJK (2018), Survai Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2017, Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen, hal. 1-102.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 76/POJK.07/2016. Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Bagi Konsumen dan/atau Masyarakat.

Ramdani, D. (2020), Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Marketing, Brand Image dan Word of Mouth Terhadap Minat Generasi Z pada bank Syariah, Skripsi, FEB UIN, Jakarta.

Septiani, R.N. & Wuryani E. (2020); Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Sidoarjo. E-Jurnal Manajemen, Vol. 9, No. 8, 2020 : 3214-3236

Setyawan, I.R, I. Ramli dan I. Listyarti (2021), The Model Development of Financial Literacy dan Inclusion of Women MSMES in Tangerang through Financial Incluson, Prosiding the 6th ICBB UHW Perbanas, Surabaya, 28 July 2021, pp.141-152.

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Kartono, K., Danang Yuangga, K., & Rachmawaty, R. (2024). Literasi Teknologi Finansial Untuk Generasi Milenial Pada SMK Mulia Buana. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i1.38181