Upaya Peningkatan Perekonomian dan Bisnis Keluarga Dengan Pemanfaatan Lahan Kosong di Pekarangan Rumah Untuk Budi Daya Ikan Gurami

Authors

  • Suryadi Marthadinata Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Nurmin Arianto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Masran Mustakim Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i1.38183

Abstract

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para siswa/siswi SMK Al Manar Parung Bogor tentang bagaimana caranya menanfaatkan serta memaksimalkan fungsi lahan kosong di rumah sebagai sarana meningkatkan perekonomian keluarga dengan melakukan bisnis budi daya ikan gurami. Fenomena dan permasalahan yang banyak kita temui dan lihat di tengah-tengah masyarakat kita terutama bagi mereka yang tinggal di lingkungan yang masih cukup asri daerah perkampungan adalah banyaknya pekarangan rumah mereka yang cukup luas tetapi tidak menghasilkan apa-apa. Agar lahan kosong tadi bermanfaat maka diharapkan anggota keluarga terutama anak-anak muda yang masih sekolah di tingkat SMP maupun SMA agar bisa membentuk bisnis keluarga yang bisa meningkatkan perekonomian keluarganya dengan melakukan bisnis budi daya ikan gurami. Bisa dikatakan hal itu merupakan salah satu bentuk ekonomi kreatif keluarga dengan membaca peluang pasar yang cukup bagus. Tingginya permintaan atau demand terhadap ikan gurami di pasaran sementara ketersediaan ikan yang masih sedikit adalah sebuah peluang nyata untuk mendapatkan keuntungan, apalagi harga ikan gurami tersebut cukup tinggi di pasaran. Rasa ikan gurami yang sangat lezat dan khas tersebut tentulah memiliki pasar tersendiri di masyarakat pecinta makan ikan, dan sekali lagi ini adalah momentun yang sangat bagus untuk bisnis keluarga di lahan pekarangan rumah.  Permasalahan ini sangat penting sekali untuk diketahui dan dipelajari oleh anak-anak muda khususnya para siswa/siswi di sekolah guna mengisi waktu luang mereka di rumah menjadi hal-hal yang produktif. Dan kelak suatu saat nanti ketika tamat sekolah bisa menjadi pebisnis atau pengusaha yang handal. Dalam dunia bisnis  kesuksesan itu tidaklah datang dengan sendirinya akan tetapi dia memerlukan upaya-upaya yang dimulai dari lingkungan keluarga dulu untuk meraih kesuksesan ekonomi.

References

A.B. Susanto. (2005). World Class Family Business. Jakarta: Quantum Bisnis & Manajemen

Alma, Buchori. (2012). Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Astria, K., Arianto, N., & Susanti, F. (2022). Peningkatan Pengetahuan dalam Pengelolaan Sampah Dengan Menggunakan Sistem Atau Metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle Masa Pandami Covid-19 UMKM Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama Kelurahan Pagedangan Kecamatan Pagedangan Tangerang. Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 149-152.

Bachtiar Y. (2010). Buku Pintar Budi Daya & Bisnis Gurami. Jakarta (ID): Agromedia Pustaka.

Febrianty, Dkk. (2020). Pengantar Bisnis : Sebuah Tinjauan Konseptual dan Praktis. Widina Bhakti Persada. Bandung.

Maxwell, J. C. (2007). The 21 irrefutable laws of leadership: Follow them and people will follow you. HarperCollins Leadership.

Meqi, T. (2020). Peran Perempun dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (studi kasus): Perempuan Pekerja Sawah Di Desa Lemoh Barat Kecamatan Tomboriri Timur Abdimas Akademika, Volume 2, No. 02, Desember 2021, hal. 75 - 83.

Poza, Ernesto J. (2010). Family Business: Third Edition. Cengage Learning Academic Resource Center: U.S.A

Raymond, Martin. (2006). The Tomorrow People : Konsumen Masa Depan Serta Cara Memahami Mereka Dewasa ini. PT Bhuana Ilmu Populer. Jakarta.

Ronald J. Ebert, Ricky W. Griffin. 2015. Pengantar Bisnis. PT Gelora Aksara Pratama. Jakarta.

S, D. R., & Herawati, J. (2021). Lahan Pekarangan. 1(3), 180–189.

Septiani, F., & Arianto, N. (2022). Dampak Waralaba pada Kawasan Permukiman Bidang Penelitian dan Pengembangan di BAPPEDA. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 19-32.

Sitanggang M, Sarwono B. (2011). Budidaya Gurami (Edisi Revisi). Jakarta (ID): Penebar Swadaya.

Solihin, Ismail. (2014). Pengantar Bisnis. PT Gelora Aksara Pratama. Jakarta.

Sukirno, Sadono., (2015). Makroekonomi: Teori Pengantar. Rajawali Press, Jakarta. Edisi ke III cetakan ke 23.

Wulandari P.K.(2017). Inovasi Pemuda Dalam Mendukung Ketahanan Ekonomi Keluarga (Studi Kampung Warna–Warni Kalurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing Kota Malang, Jurnal Ketahanan Nasional, Vol. 23 no.3 Edisi Desember ) 300-319.

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Marthadinata, S., Arianto, N., & Mustakim, M. (2024). Upaya Peningkatan Perekonomian dan Bisnis Keluarga Dengan Pemanfaatan Lahan Kosong di Pekarangan Rumah Untuk Budi Daya Ikan Gurami. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(1), 5–8. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i1.38183