Pelatihan Digital Marketing Produk Homemade Parfume Laundry Melalui Sosial Media Bagi Ibu-Ibu Kader Posyandu Desa Parung Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i1.38185Keywords:
PKM, Pelatihan, Digital MarketingAbstract
Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan digital marketing kepada ibu-ibu kader Posyandu Desa Parung Kabupaten Bogor. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 07 dan -08 Oktober 2023 di Kp. Jati Parung Rt. 04/04 Kecamatan Parung Bogor. Hasil kegiatan menunjukan bahwa sebelum pelaksanaan PKM, para peserta masih kurang memahami ap aitu digital marketing, namun setelah pelaksanaan kegiatan dilakukan peserta kegiatan PKM ini sudah bisa memahami fungsi dari social media yang dapat digunakan sebagai media untuk melakukan promosi pada produk yang akan dijual atau dijadaikan sebuah usaha. Metode kegiatan yang digunakan adalah berdiskusi bersama kepada para peserta yaitu ibu-ibu kader Posyandu Desa Parung, melakukan tanya jawab serta mengadakan simulasi terkait pembuatan nama dan akun media soasial yang akan digunakan sebagai media promosi.
References
Abidin, R. F., & Ibrahim, N. (2019). Analisa dan Pengimplentasian Digital marketing pada Studio Brother’s Photo. Jurnal STRATEGI-Jurnal Maranatha, 1(2), 397–410.
Arianto, B. (2020). Peran Buzzer Media Sosial dalam Memperkuat Ekosistem Pemasaran Digital. Jurnal Optimum UAD, 10(1), 51–65.
Aristawidia, I. B. (2018). Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi Kemajuan Umkm Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 1–13. Azizah, A. (2017).
Brodjonegoro, S. S., & Virginia, A. (2017). Menjalin Interaksi dengan Konsumen melalui Facebook: Analisis terhadap Tiga Brand Perangkat Elekronik Laptop. Jurnal Komunikasi Indonesia, 129–136.
Chakti, A. G. (2019). The book of digital marketing. In Makassar: Celebes Media Perkasa.
Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital marketing. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22.
Sidi, A. P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Digital marketing terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 1–8.
Suharto, B., & Bantulu, L. (2020). Optimalisasi Sarana Prasarana Water Park Tiara Kota Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(1), 7– 16.
Sukandi, A., Efi, N. A. S., & Sudaryo, Y. (2019). Implementasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah Dan Berdampak Pada Citra Lembaga Perbankan. Sosiohumaniora, 21(3), 355–364.
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47.
Wastutiningsih, S. P., & Dewi, T. P. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Extension and Development.
Yustikasari, Y., & Komala, L. (2018). Digital Marketing Public Relations Dalam Industri Fashion Indonesia. Citra: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1).
Yusuf, F. (2016). Optimalisasi Program Branding Dan Aktivasi Merek Di Era Digital. Komunikasi, Volume VII.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.