Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Sdm Dalam Pengelolaan Umkm Pada Masyarakat Leuwiliang Kabupaten Bogor Jawa Barat

Authors

  • Nopi Oktaviati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Styo Budi Utomo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Andri Priyadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i1.38187

Keywords:

PKM, Pelatihan, Teknologi Digital

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pemahaman teknologi digital dalam pengelolaan UMKM kepada warga Kp. Puraseda Babakan Sabrang Leuwiliang Kabupaten Bogor. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 16-17  September 2023 di Kp. Babakan Sabrang RT.03/04 Puraseda Leuwiliang Kabupaten Bogor. Hasil kegiatan menunjukan bahwa sebelum pelaksanaan PKM, para peserta masih kurang memahami apa pentingnya teknologi digital, namun setelah pelaksanaan kegiatan dilakukan peserta kegiatan PKM ini warga paham bahwa ternyata dengan teknologi digital banyak sekali manfaat yang dapat salah satunya pengelolaan UMKM, promosi dan sarana mendapatkan ide dalam pengembangan hasil pertanian yang mereka hasilkan yang nantinya akan berdampak pada pendapatan daerah setempat. Metode kegiatan yang digunakan adalah pemberian materi, diskusi dan tanya jawab serta melakukan simulasi terkait pengenalan teknologi digital melalui perangkat smartphone.

References

Abidin, R. F., & Ibrahim, N. (2019). Analisa dan Pengimplentasian Digital marketing pada Studio Brother’s Photo. Jurnal STRATEGI-Jurnal Maranatha, 1(2), 397–410.

Arianto, B. (2020). Peran Buzzer Media Sosial dalam Memperkuat Ekosistem Pemasaran Digital. Jurnal Optimum UAD, 10(1), 51–65.

Aristawidia, I. B. (2018). Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi Kemajuan Umkm Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 1–13.

Azizah, A. (2017).Brodjonegoro, S. S., & Virginia, A. (2017). Menjalin Interaksi dengan Konsumen melalui Facebook: Analisis terhadap Tiga Brand Perangkat Elekronik Laptop. Jurnal Komunikasi Indonesia, 129–136.

Chakti, A. G. (2019). The book of digital marketing. In Makassar: Celebes Media Perkasa.

Fadhilah, D. A., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital marketing. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22.

Indarsih, A. (2015). Pengaruh Teknologi Sistem Informasi Baru Dan Kepercayaan Dalam Kinerja Individual. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kadarisman. (2017). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Rosada.

Kembuan, Olivia dan Mewengkang, A. (2018). PKM Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sistem Informasi Desa SEA II, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa (pp. 221–228). Jurnal ABDIMAS, Vol. 11, No. 3, Desember

Kosasih, E. (2019). Literasi media sosial dalam pemasyarakatan sikap moderasi beragama. Jurnal Bimas Islam Vol, 12(2), 264-296.

Nusantoro, E. (2020). Optimalisasi Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Dalam Lingkungan Bekerja. Universitas Negeri Semarang.

Sunyoto Usman,2004, Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sidi, A. P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Digital marketing terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 1–8.

Suharto, B., & Bantulu, L. (2020). Optimalisasi Sarana Prasarana Water Park Tiara Kota Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(1), 7– 16.

Sukandi, A., Efi, N. A. S., & Sudaryo, Y. (2019). Implementasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah Dan Berdampak Pada Citra Lembaga Perbankan. Sosiohumaniora, 21(3), 355–364.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47.

Wastutiningsih, S. P., & Dewi, T. P. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Extension and Development.

Yustikasari, Y., & Komala, L. (2018). Digital Marketing Public Relations Dalam Industri Fashion Indonesia. Citra: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1).

Yusuf, F. (2016). Optimalisasi Program Branding Dan Aktivasi Merek Di Era Digital. Komunikasi, Volume VII.

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Oktaviati, N., Utomo, S. B., & Priyadi, A. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Sdm Dalam Pengelolaan Umkm Pada Masyarakat Leuwiliang Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(1), 18–20. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i1.38187