Optimalisasi Konten di Media Sosial Untuk Meningkatkan Kreativitas Usaha di Era Digital Sebagai Katalisator Pemasaran pada Koperasi UMKM Kemang Berdaya

Authors

  • Sri Fauziah Magister Manajemen, Universitas Pamulang
  • Supriyadi Supriyadi Magister Manajemen, Universitas Pamulang
  • Sri Wahyuni Magister Manajemen, Universitas Pamulang
  • Prisma Garin Nugroho Magister Manajemen, Universitas Pamulang
  • Phintoko Akhbar Akriyono Magister Manajemen, Universitas Pamulang
  • Yayan Sudaryana Magister Manajemen, Universitas Pamulang
  • Sewaka Sewaka Magister Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i1.38440

Keywords:

UMKM, Digital Marketing, Promosi, Konten Media Sosial

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat ini berjudul Optimalisasi Konten di Media Sosial Dalam Kreativitas Usaha Di Era Digital Sebagai Katalisator Pemasaran Pada Koperasi UMKM Kemang Berdaya di Kemang-Bogor. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen pemasaran dalam pengelolaan media sosial dengan mengoptimalisasi konten yang menarik dan kreatif di Era Digital.  Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen pemasaran, digital marketing, promosi dan strategi pembuatan konten melalui aplikasi canva dan capcut sebagai alat untuk edit foto dan video produk. Kesimpulan dari pengabdian  kepada masyakat ini adalah bahwa perlu adanya pemberdayaan para pelaku UMKM Kemang, yang diharapkan dapat terwujud dengan baik dimana mereka mampu bersaing di era digital dengan menguasai strategi bisnis di era digital sehingga mampu meningkatkan penjualan mereka dan scale up bisnis.

References

Dima, Enike Tje Yustin, and Maria Aprilia Sintia Waja. 2022. “Peran UMKM Dalam Menjaga Stabilitas Perekonomian Masyarakat Akibat Pandemi Covid-19 Di Kota Atambua ( Studi Kasus Home Industri Pembuatan Stik Berbahan Dasar Daun Kelor ).” Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan 5(1):9–13.

Handley, A., & Chapman, C. . (2022). Content Rules How to Create Killer Blogs, Podcasts, Videos, Ebooks, Webinars (and more) That Engage Customers and Ignite Your Business. John Wiley & Sons, Inc.

Hendrayati, H., dkk. 2018. “Viral Marketing and E-Word of Mouth Communication in Social Media Marketing.” Advances in Economics, Business and Management Research 117.

Indrawati, S., & Rachmawati, A. F. 2021. “Edukasi Legalitas Usaha Sebagai Upaya Perlindungan Hukum Bagi Pemilik UMKM.” Jurnal Dedikasi Hukum 1(3):231–241.

Isnawati, Setya Indah. 2022. “Viral Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial.” Manajemen Dan Akuntansi 2(1):2022.

Lieb, R. (2012). Content Marketing (G. Wiegand, R. Kughen, S. Schroeder, & S. Kerney (ed.)). Que Publishing

Lisyawati, E. 2022. “Pembedayaan UMKM Melalui Penguatan Legalitas Usaha Di Desa Cogreg Kecamatan Parung Kabupaten Bogor.” PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):46–52.

Mulyana, Mumuh. 2019. “Inisiasi VIII Strategi Promosi Dan Komunikasi.” Materi Tutorial Online Ekma 4216 Manajemen Pemasaran 57–63.

Pangkey, Risye; Wantah, Edwin; Sumual, Tinneke; & Mangkono, Allen. 2022. “Analisis Masalah Dan Kebutuhan Pengembangan Konten Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Untuk Pemasaran Produk Keramik.” YUME: Journal of … 5(3):567–72. doi: 10.37531/yume.vxix.348.

Pertiwi, D., & Gusfa, H. (2018). Pengaruh Content Marketing terhadap Pembentukan Brand Awareness pada Kalbis Institute. Jurnal Media Kom, VIII(2), 45–57.

Downloads

Published

2024-03-18

How to Cite

Fauziah, S., Supriyadi, S., Wahyuni, S., Garin Nugroho, P., Akhbar Akriyono, P., Sudaryana, Y., & Sewaka, S. (2024). Optimalisasi Konten di Media Sosial Untuk Meningkatkan Kreativitas Usaha di Era Digital Sebagai Katalisator Pemasaran pada Koperasi UMKM Kemang Berdaya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(1), 57–60. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i1.38440