Optimalisasi Konten di Media Sosial Untuk Meningkatkan Kreativitas Usaha di Era Digital Sebagai Katalisator Pemasaran pada Koperasi UMKM Kemang Berdaya
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i1.38440Keywords:
UMKM, Digital Marketing, Promosi, Konten Media SosialAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat ini berjudul Optimalisasi Konten di Media Sosial Dalam Kreativitas Usaha Di Era Digital Sebagai Katalisator Pemasaran Pada Koperasi UMKM Kemang Berdaya di Kemang-Bogor. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen pemasaran dalam pengelolaan media sosial dengan mengoptimalisasi konten yang menarik dan kreatif di Era Digital. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen pemasaran, digital marketing, promosi dan strategi pembuatan konten melalui aplikasi canva dan capcut sebagai alat untuk edit foto dan video produk. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah bahwa perlu adanya pemberdayaan para pelaku UMKM Kemang, yang diharapkan dapat terwujud dengan baik dimana mereka mampu bersaing di era digital dengan menguasai strategi bisnis di era digital sehingga mampu meningkatkan penjualan mereka dan scale up bisnis.
References
Dima, Enike Tje Yustin, and Maria Aprilia Sintia Waja. 2022. “Peran UMKM Dalam Menjaga Stabilitas Perekonomian Masyarakat Akibat Pandemi Covid-19 Di Kota Atambua ( Studi Kasus Home Industri Pembuatan Stik Berbahan Dasar Daun Kelor ).” Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan 5(1):9–13.
Handley, A., & Chapman, C. . (2022). Content Rules How to Create Killer Blogs, Podcasts, Videos, Ebooks, Webinars (and more) That Engage Customers and Ignite Your Business. John Wiley & Sons, Inc.
Hendrayati, H., dkk. 2018. “Viral Marketing and E-Word of Mouth Communication in Social Media Marketing.” Advances in Economics, Business and Management Research 117.
Indrawati, S., & Rachmawati, A. F. 2021. “Edukasi Legalitas Usaha Sebagai Upaya Perlindungan Hukum Bagi Pemilik UMKM.” Jurnal Dedikasi Hukum 1(3):231–241.
Isnawati, Setya Indah. 2022. “Viral Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial.” Manajemen Dan Akuntansi 2(1):2022.
Lieb, R. (2012). Content Marketing (G. Wiegand, R. Kughen, S. Schroeder, & S. Kerney (ed.)). Que Publishing
Lisyawati, E. 2022. “Pembedayaan UMKM Melalui Penguatan Legalitas Usaha Di Desa Cogreg Kecamatan Parung Kabupaten Bogor.” PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):46–52.
Mulyana, Mumuh. 2019. “Inisiasi VIII Strategi Promosi Dan Komunikasi.” Materi Tutorial Online Ekma 4216 Manajemen Pemasaran 57–63.
Pangkey, Risye; Wantah, Edwin; Sumual, Tinneke; & Mangkono, Allen. 2022. “Analisis Masalah Dan Kebutuhan Pengembangan Konten Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Untuk Pemasaran Produk Keramik.” YUME: Journal of … 5(3):567–72. doi: 10.37531/yume.vxix.348.
Pertiwi, D., & Gusfa, H. (2018). Pengaruh Content Marketing terhadap Pembentukan Brand Awareness pada Kalbis Institute. Jurnal Media Kom, VIII(2), 45–57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.