Edukasi Fintech Guna Meningkatkan Pengetahuan Transaksi Digital pada Anggota UMKM Kemang Berdaya di Kec. Kemang Kab. Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i1.38441Keywords:
UMKM, Edukasi Fintech, Transaksi DigitalAbstract
Pengabdian Masyarakat di UMKM Kemang Berdaya Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor, telah terlaksana pada tanggal 28 Januari 2024. Dengan perencanaan program kegiatan berdasarkan hasil observasi dengan menganalisis masalah yang didapati yaitu belum banyaknya UMKM yang menggunakan teknologi electronic wallet pada era digital saat ini, dimana teknologi tersebut mempermudah pembayaran dari konsumen kepada padagang dan mempermudah pedagang atau pelaksanan UMKM untuk melakukan rekapitulasi pendapatan yang masuk dari transaksi penjualan. Edukasi FINTECH adalah sebuah upaya agar para pelaku UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah) mulai menggunakan E- Wallet untuk transaksi sehingga dapat mempermudah dan mempercepat proses transaksi serta memperluas jaringan dengan E-commerce lainya. Pada pengaplikasian penggunaan E-Wallet, pelaku UMKM mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya :1. Mendapatkan keuntungan pembayaran yang variatif, yaitu tunai dan non- tunai, 2. Mempercepat proses transaksi jual-beli, 3. Mempermudah pencatatan transaksi jual-beli, 4.Memperluas jaringan kerja sama dengan E-Commerce lainya. Pada prosesnya beberapa pelaku usaha UMKM masih bayak yang belum menerapkan aplikasi tersebut. Dalam hal ini, pelaksanaan “EDUKASI FINTECH GUNA MENINGKATKAN PENGETAHUAN TRANSAKSI DIGITAL PADA ANGGOTA UMKM KEMANG BERDAYA DI KEC. KEMANG KAB. BOGOR” perlu dilakukan.
References
Agusta, Adib. 2016. Analisis Deskriptif Tingkat Literasi Keuangan Pada UMKM di Pasar Koga Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung
Amalia, Fitri. 2016. Buku fintech: buku teknologi keuangan untuk Investor, entrepreneurs dan visionaries. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Volume 31, Nomor 3, 2016, 345 – 348
Aufar, F.D. 2014. UMKM & Globalisasi Ekonomi. Yogyakarta : Lembaga Penelitian,Publikasi,& Pengabdian Masyarakat (LP3M), 2014.
Ikatrinasari, Z. F. 2017. Pengembangan Model Bisnis Koperasi Ritel Kareb Bojonegoro Jawa Timur, Prosiding SNTI dan SATELIT 2017 (pp. F171-177) Jurusan Teknik Industri. Universitas Brawijaya: Malang.
Kharisma, Kotler. 2016. Manajemen Pemasaran Yogyakarta : Deepublish, 2016.
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Marketing Management. Salemba Empat. Jakarta.
Ridwansyah, Ardhi. 2017. Pemasaran. Erlangga. Jakarta
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implikasi. Penervbit Andi. Yogyakarta.
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Tambunan. 2013. Pengembangan Usaha Mikro,Kecil dan Menengah. Jakarta : Erlangga , 2013.
Tjiptono Fandy. (2020). Strategi Pemasaran. Prinsip dan Penerapan Penerbit Andi. Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.