Edukasi Fintech Guna Meningkatkan Pengetahuan Transaksi Digital pada Anggota UMKM Kemang Berdaya di Kec. Kemang Kab. Bogor

Authors

  • Lindra Aulia Rachman Magister Manajemen, Universitas Pamulang
  • Fili Amalia Magister Manajemen, Universitas Pamulang
  • Rama Adhitya Nugroho Magister Manajemen, Universitas Pamulang
  • Wandi Nurhikmat Magister Manajemen, Universitas Pamulang
  • Yoyoh Cikayanti Magister Manajemen, Universitas Pamulang
  • Sachro Sachro Magister Manajemen, Universitas Pamulang
  • Sahroni Syarif Magister Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i1.38441

Keywords:

UMKM, Edukasi Fintech, Transaksi Digital

Abstract

Pengabdian Masyarakat di UMKM Kemang Berdaya Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor, telah terlaksana pada tanggal 28 Januari 2024. Dengan perencanaan program kegiatan berdasarkan hasil observasi dengan menganalisis masalah yang didapati yaitu belum banyaknya UMKM yang menggunakan teknologi electronic wallet pada era digital saat ini, dimana teknologi tersebut mempermudah pembayaran dari konsumen kepada padagang dan mempermudah pedagang atau pelaksanan UMKM untuk melakukan rekapitulasi pendapatan yang masuk dari transaksi penjualan. Edukasi FINTECH adalah sebuah upaya agar para pelaku UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah) mulai menggunakan E- Wallet untuk transaksi sehingga dapat mempermudah dan mempercepat proses transaksi serta memperluas jaringan dengan E-commerce lainya. Pada pengaplikasian penggunaan E-Wallet, pelaku UMKM mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya :1. Mendapatkan keuntungan pembayaran yang variatif, yaitu tunai dan non- tunai, 2. Mempercepat proses transaksi jual-beli, 3. Mempermudah pencatatan transaksi jual-beli, 4.Memperluas jaringan kerja sama dengan E-Commerce lainya. Pada prosesnya beberapa pelaku usaha UMKM masih bayak yang belum menerapkan aplikasi tersebut. Dalam hal ini, pelaksanaan “EDUKASI FINTECH GUNA MENINGKATKAN PENGETAHUAN TRANSAKSI DIGITAL PADA ANGGOTA UMKM KEMANG BERDAYA DI KEC. KEMANG KAB. BOGOR” perlu dilakukan.

References

Agusta, Adib. 2016. Analisis Deskriptif Tingkat Literasi Keuangan Pada UMKM di Pasar Koga Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung

Amalia, Fitri. 2016. Buku fintech: buku teknologi keuangan untuk Investor, entrepreneurs dan visionaries. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Volume 31, Nomor 3, 2016, 345 – 348

Aufar, F.D. 2014. UMKM & Globalisasi Ekonomi. Yogyakarta : Lembaga Penelitian,Publikasi,& Pengabdian Masyarakat (LP3M), 2014.

Ikatrinasari, Z. F. 2017. Pengembangan Model Bisnis Koperasi Ritel Kareb Bojonegoro Jawa Timur, Prosiding SNTI dan SATELIT 2017 (pp. F171-177) Jurusan Teknik Industri. Universitas Brawijaya: Malang.

Kharisma, Kotler. 2016. Manajemen Pemasaran Yogyakarta : Deepublish, 2016.

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Marketing Management. Salemba Empat. Jakarta.

Ridwansyah, Ardhi. 2017. Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implikasi. Penervbit Andi. Yogyakarta.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Tambunan. 2013. Pengembangan Usaha Mikro,Kecil dan Menengah. Jakarta : Erlangga , 2013.

Tjiptono Fandy. (2020). Strategi Pemasaran. Prinsip dan Penerapan Penerbit Andi. Yogyakarta

Downloads

Published

2024-03-18

How to Cite

Aulia Rachman, L., Amalia, F., Adhitya Nugroho, R., Nurhikmat, W., Cikayanti, Y., Sachro, S., & Syarif, S. (2024). Edukasi Fintech Guna Meningkatkan Pengetahuan Transaksi Digital pada Anggota UMKM Kemang Berdaya di Kec. Kemang Kab. Bogor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(1), 61–65. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i1.38441