Implementasi Business Model Canvas Bmc Dalam Pengembangan Usaha Pelaku Umkm Perumahan Pamulang Estate Kota Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i1.39227Keywords:
Business Model Canvas, UMKM, BMCAbstract
Memiliki bisnis yang sukses adalah impian setiap orang atau pelaku UMKM. Oleh karena itu, penting bagi UMKM untuk merancang bisnisnya sebaik mungkin, salah satunya yaitu dengan menggunakan bisnis model canvas. Business model canvas (BMC) merupakan kerangka kerja yang dikenal banyak untuk mendefinisikan model bisnis startup dan bisa diterapkan oleh semua jenis startup tanpa terbatas sektor usaha. Hal ini disusun dengan tujuan untuk menjelaskan, menilai, memvisualisasikan, serta mengubah model bisnis sehingga kinerja yang dihasilkan oleh startup akan lebih maksimal. Adapaun tujuan dari PKM ini adalah untuk mengetahui Konsep Business model canvas (BMC), untuk mengetahui penerapan Business model canvas (BMC) dalam mengembangkan ide Bisnis pelaku UMKM, untuk mengetahui lebih dalam tentang contoh-contoh model Business model canvas (BMC). Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah Metode Ceramah. Metode ceramah dipilih untuk memberikan penjelasan tentang Pengenalan BMC. Metode Tanya Jawab. Metode tanya jawab sangat penting bagi para Mitra. Metode ini memungkinkan para pelaku UMKM pengetahuan sebanyak- banyaknya tentang ilmu BMC. Metode Simulasi. Metode simulasi ini diberikan kepada para peserta pelatihan dalam memberikan kesempatan untuk mempraktekkan ide Bisnisnya dalam model canvas. Hasil dari PKM ini dapat memberikan pemahaman secara terperinci tentang BMC, juga dapat menuangkan pelaku UMKM untuk mencoba mengembangkan bisnisnya dengan mengimplementasikan model BMC ini.
References
Fahmi Nurahman, Ahmad. 2019. “Penerapan Model Bisnis Canvas Pada Perusahaan Jasa Wedding Organizer” Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta. 2019.
Hayyu, Rahmi. 2019. “Analisis Bisnis Model Dengan Pendekatan Business Model Canvas Terhadap Baitul Maal Wat Tamwil Masjid Al Azhar Jakarta Selatan” Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta. 2019.
Osterwalder, Alexander & Pigneur, Yves. 2013. Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Hoboken: Wiley.
Tjitradi, E. C. (2015). Evaluasi Dan Perancangan Model Bisnis Berdasarkan Business Model Canvas. Surabaya. Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra., 3(1), 8–16.
Xing, K., & Ness, D. (2016). Transition to Product-service Systems: Principles and Business Model. Procedia CIRP, 47, 525–530. https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.03.236
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jamaludin Jamaludin, Ana Septia Rahman, Thamrin Thamrin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.