Pentingnya Memiliki Soft Skill Public Speaking dan Melatih Public Speaking Pada Anak Remeja di Sma Al-Mubarok, Tangerang Selatan
Keywords:
Public Speaking, Siswa, Soft SkillsAbstract
Public speaking adalah kemampuan yang sangat berguna bagi remaja. Menguasai public speaking tidak hanya sekedar bicara lancar, tapi juga menyampaikan pesan dengan percaya diri dan efektif di depan banyak orang. Publik speaking atau berbicara di depan umum adalah keterampilan yang sangat penting bagi remaja, baik dalam konteks akademik maupun kehidupan sehari-hari. Adapaun tujuan dari PKM ini adalah membantu Siswa khususnya siswa SMA Al-Mubarak kelas 10 di Tangerang untuk meningkatkan kemampuan public speaking siswa SMA, mendorong siswa SMA untuk berani tampil dan menyampaikan ide atau gagasan mereka dengan percaya diri, mempersiapkan siswa SMA untuk menghadapi dunia kerja dan pergaulan yang lebih luas. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah Metode Penyuluhan dan penyadaran yang dipilih untuk memberikan penjelasan tentang Pengenalan Public Speaking. Metode Tanya Jawab juga digunakan untuk memungkinkan para siswa memiliki pengetahuan sebanyak- banyaknya tentang penting Public Speaking. Metode Simulasi atau Pelatihan yang diberikan kepada para peserta pelatihan dalam memberikan kesempatakan untuk mempraktekkan public speaking dan soft skills nya di depan kelas. Hasil dari PKM ini dapat memberikan pemahaman secara terperinci tentang pentingnya Public Speaking dan Soft Skills bagi remaja, juga dapat menuangkan para siswa untuk mencoba mengembangkan kemampuannya dalam berbicara dengan mengimplementasikan Public speaking dan Soft Skills di depan kelas.
References
Ahmad. (2021). Mengenal Apa Itu Public Speaking dan Dasar-dasarnya. Gramedia. https://www.gramedia.com/best-seller/apa-itu-public-speaking
Karolina, C. M., & Arindita, R. Pelatihan Public speaking Sebagai Sarana Peningkatan Kepercayaan Diri dan Kompetensi Komunikasi Pada Remaja Dengan Thalassemia (Thaller) di Kota Depok. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 2(1), 164. https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1638. 2022
Lucas, S. (2011). The Art of Public Speaking. McGraw-Hill.
Lucas, Spencer. (2012). Talk Like TED: The 9 Public Speaking Secrets of the World's Top TED Speakers. St. Martin's Press
Mulasih, A., & Devi, R. (2020). Public Speaking: Kiat Sukses Berkomunikasi di Depan Umum. Bandung: Penerbit Simpati.
Narsih, D., Rizkiyah, N., & Wahjuningtijas, R. (2022). Pelatihan Public Speaking Dalam Meningkatkan Soft Skill Remaja Masjid Al Hadad Sawangan Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(3), 71-75.
Rahmawati, L., & Yuliati, S. (2017). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Karanganyar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(1), 1-10.
Resti Wiratami, N. M. A., Adiari, N. K., Ayomi, P. N., & Dian Andriyani, A. A. A. (2022). Pengembangan Soft Skill “Public Speaking” Bagi Siswa/Siswi SMA/SMK di Bali. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 3(1), 67–72. https://doi.org/10.36733/jadma.v3i1.4682
Supardi, & Eka, S. (2016). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Kinerja Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 1(1), 1-10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.