Penguatan Literasi Anti Bullying Sejak Dini Sebagai Bentuk Penguatan Budaya Organisasi di Lingkungan SMA Riyadlul Jannah
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i2.40264Keywords:
Literasi Anti Bullying, Budaya OrganisasiAbstract
Menyaksikan aksi tindakan perundungan atau yang dikenal bullying semakin marak tersebar melalui berbagai media sosial. Bahkan tidak jarang pelaku sendiri yang merekam dan menyebarkan perilakunya tersebut. tindakan ini tidak hanya terjadi di sekolah umum, dI Pesantren juga tidak kalah marak berita ini terdengar, bahkan paling ekstrim korbanya sampai terbunuh. Sebagai insan yang berkecimpung dalam dunia pendidikan kita tentu merasa miris dan tentunya ikut terpanggil untuk setidaknya memberikan kontribusi yang bernilai untuk turut serta mencegah perilaku tersebut agar tidak membudaya di lingkungan pendidikan. atas dasar hal tersebut dan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat kami melaksanakan kegiatan PKM di SMA Riyadlul Jannah, sebuah lembaga pendidikan yang bersistem Asrama atau pesantren. bentuk kegiatan PKM berupa sosialisasi pencegahan perundungan yang disampaikan melalui metode ceramah secara langsung kepada santri dan santri wati SMA Riyaduk Jannah. di akhir kegiatan sosialisasi diberikan umpan balik, dengan tujuan memastikan bahwa apa yang kami sampaikan kepada peserta dapat di mengerti dan dipahami dengan baik.
References
Ahmed, E. & Braithwaite, V. (2004). Bullying and victimization: Cause for concern for both families and schools. Social Psychology of Education, 7(1) 35-54.
Apriansyah, M., Agrasadya, A., Sunarto, A., Irawati, L., & Kencana, P. N. (2020). Pengembangan SDM Rumah Sakit Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada RS. Medika Bsd. Dedikasi PKM, 2(1), 61-67.
Assegaf, A.R. (2004) Pendidikan Tanpa Kekerasan. Tipologi kondisi, Kasus dan Konsep. Yogyakarta : Tri Wacana
Ates A.D. dan Yagmurlu B. (2010) Examining Victimization in Turkish Schools Europan Journal of Educational Studies 2(1)31-37
Azwar, S. (2009). Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Burns, D.D. (2010). Konsep Diri, Teori Pengukuran Perkembangan dan Perilaku. (penerjemah: Eddy). Jakarta : Arcan.
Calhoun, J.F., and Acocella, J.R. (2004). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan (penerjemah Satmoko) Semarang : Penerbit IKIP Semarang.
Chaplin, J.P. (2010) Kamus Psikologi. (penerjemah : Kartono). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Coloroso, B. (2004). Stop Bullying! Memutus Rantai Kekerasan Anak Dari Prasekolah Hingga SMU (penerjemah; Santi Indira Astuti) Jakarta : Serambi ilmu Semesta.
Depdikbud. (2001). Kurikulum Bimbingan Khusus Bagi Anak Tuna Laras. Jakarta:
Depdikbud. Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung :
Remaja Rosdakarya. Effendi, M. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta:Bumi Aksara.
Sunarto, A. (2019). Analisis Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Mandiri Cluster Cilegon I. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 2(3), 241-250.
Sunarto, A. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Berbasis Inovasi Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(2), 397-407.
Sunarto, A., & Abidin, A. Z. (2024). Analisis Penerapan Disiplin dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Kantor Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 1754-1765.
Sunarto, A., & Latif, L. (2024). ANALYSIS OF THE APPLICATION OF WORK DISCIPLINE AND WORK MOTIVATION IN IMPROVING THE PERFORMANCE OF NON ASN EMPLOYEES IN THE CLEANING SECTION AT THE CENTER FOR STATE CIVIL STAFF DEVELOPMENT IN BOGOR. International Journal of Economy, Education and Entrepreneurship (IJE3), 4(1), 95-110.
Sunarto, A., & Maulana, D. (2021). The Effect of Discipline and Physical Work Environment on Employee Productivity At PT. Liebra Permana Gunung Putri Bogor. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(2), 318-335.
Sunarto, A., Kencana, P. N., & Dumilah, R. (2022). PELATIHAN CERDAS MENABUNG UNTUK SISWA BERDAYA EMPOWERING STUDENT ENTREPENEURS PADA PKBM NEGERI 26 BINTARO. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(11), 2955-2962.
Sunarto, A., Krisyanto, E., & Ellesia, N. (2023). Penyuluhan Budaya Menabung Untuk Anak Serta Mengelola Keuangan Sendiri Secara Mandiri Dengan Hemat, Cermat Dan Tepat Pada Peserta Didik Yayasan Lembaga Amil Zakat Nasional Mizan Amanah. Indonesian Collaboration Journal of Community Services, 3(1), 29-41.
Sunarto, A., Sartika, D., Cay, S., Sumiyati, R. Y., & Nurhidayat, M. A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dirumah Masing-masing Selama Masa Pandemic Covid-19 pada Ypms Darussalam Kedaung Pamulang. Dedikasi Pkm, 2(1), 14-20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.