Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha Umkm Melalui Manajemen Keuangan yang Baik Untuk Calon dan Pelaku Usaha di Lingkungan Rw 011 dan 019, Serua Ciputat Tangerang Selatan Bersama Yayasan Masjid Al Ikhlas

Authors

  • Adi Martono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Masno Marjohan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Lisdawati Lisdawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i2.40642

Keywords:

Meningkatkan, Berwirausaha, Manajemen Keuangan

Abstract

Wirausaha adalah sebuah kegiatan ekonomi ketika seorang membentuk dan mengelola usahanya secara mandiri. Wirausaha merupakan proses menekankan kreativitas dan keberanian dari pengusaha-pengusaha yang ingin membuka lapangan kerja. Kehidupan bermasyarakat tidak bisa terlepas dari yang namanya kegiatan ekonomi. Dengan kata lain, untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap manusia selalu berhubungan dengan kegiatan ekonomi. Dalam melaksanakan kegiatan PKM digunakan beberapa metode pelatihan, yaitu: 1) Metode Ceramah/Presentasi. Metode ceramah/presentasi dipilih untuk memberikan penjelasan tentang: a. Memberikan pengetahuan terkait pentingnya menerapkan kewirausahaan bagi kalangan pemuda dan masyarakat . b. Presentasi mengenai materi pentingnya berwirausaha; 2) Metode Tanya Jawab. Metode tanya jawab sangat penting bagi para peserta pelatihan. Metode ini memungkinkan menggali pengetahuan sebanyak- banyaknya tentang  pentingnya  berwirausaha  bagi kemajuan UMKM .; 3) Sharing Session Tentang    be rwirausaha bagi kemajuan UMKM dan Manajemen Keuangan.   Sharing session ini diberikan kepada para peserta    pelatihan dalam memberikan masukan dan bimbingan untuk mempraktekan materi yang diperoleh. Harapannya, peserta pelatihan dapat menguasai materi pelatihan yang diterima dan dapat diaplikasikan dalam mengelola usaha. Adapun hasil dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan berwirausaha UMKM melalui manajemen keuangan.

References

Amali, L. N., Gani, H., Katili, M. R. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Upaya PeningkatanSDM Melalui Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Sibermas. 11(4), 722 -738.doi: https://doi.org/10.37905/sibermas.v11i2.12215

David, F. R. (2009). Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat

Interactive Crew. 2019. “10 Permasalahan UKM dan Cara Mudah untuk Mengatasinya”. Artikel Media Online.https://interactive.co.id/blog/10-permasalahan-ukm-dan-cara- mudah-untuk-mengatasinya-127.html. (diakses hari Sabtu, 21 Juni 2020).

Jurnal Kewirausahaan, 2017. “ Membangun Usaha Kreatif. Inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan sosial”

Kurniawati, D. P., Supriyono, B., dan Hanafi I. (2013). Pemberdayaan Masyarakat di Bidang UsahaEkonomi (Studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto), JurnalAdministrasi Publik (JAP), 1(4), 9-14.

Ling, Ay. (2013). Pengelolaan dan Pengembangan Usaha pada Usaha Mikro Kecil Menengah (StudiDeskriptif pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya). AGORA, 1(1), 1-18.

Maria., Aladin., dan Firmansyah. (2019). Pengelolaan Usaha Pada Usaha Mikro Kecil Menengah DiKawasan Industri Tuan Kentang. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi pada Masyarakat.108-116.

Sukirman dan Indaryani, M. (2014). Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil Menuju KemandirianUsaha dengan Menerapkan Manajemen Profesional. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1), 1-14.doi: https://doi.org/10.32502/jimn.v4i1.252

Sulastri, L. (2016). Manajemen Usaha Kecil Menengah. Bandung: LGM - LaGood’s Publishing.Tambunan, T. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia (Isu-Isu Penting). Jakarta:LP3ES

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Martono, A., Marjohan, M., & Lisdawati, L. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha Umkm Melalui Manajemen Keuangan yang Baik Untuk Calon dan Pelaku Usaha di Lingkungan Rw 011 dan 019, Serua Ciputat Tangerang Selatan Bersama Yayasan Masjid Al Ikhlas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(2), 152–157. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i2.40642