Pelatihan Pembuatan Media Ajar Menggunakan Canva Pada Guru Smk Pgri 39 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/kmm.v4i2.40807Keywords:
Pelatihan, Media Pembelajaran, CanvaAbstract
Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk memberikan keterampilan pembuatan media pelajaran dengan aplikasi canva pada guru SMK PGRI 39 Jakarta. Pelatihan ini bertujuan supaya guru di SMK PGRI 39 Jakarta dapat membuat media pembelajaran yang interaktif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini didasari karena banyaknya permasalahan guru yang melihat siswa yang kurang motivasi dalam pembelajaran. Alternatif solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan untuk guru-guru dalam membuat pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif belajar di dalam kelas, salah satunya menggunakan media pembelajaran interaktif. Canva merupakan salah satu aplikasi yang memudahkan guru untuk membuat media pembelajaran yang interaktif, inovatif dan kreatif. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa pelatihan atau workshop. Dengan metode pemberian pelatihan diharapkan guru-guru dapat menyerap ilmu yang diberikan secara maksimal dan dapat melakukan praktek langsung membuat media pembelajaran interaktif dengan aplikasi canva. Hasil dari kegiatan PKM ini meliputi: (1) Diharapkan guru-guru di SMK PGRI 39 Jakarta dapat membuat media pembelajaran dengan aplikasi canva (2) Diharapkan media pembelajaran yang dibuat oleh guru merupakan media pembelajaran yang interaktif, kreatif dan inovatif (3) Diharapkan siswa-siswa menjadi lebih termotivasi dan mengalami peningkatan prestasi belajar setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran dengan canva.
References
Abd Haris Nasution, A.D. 2020. Pengembangan Media Berbentuk Infografis Dalam Pembelajaran Sejarah Tingkat SMA. Jurnal Sekolah Vol. 4. No. 3 Hal. 261-266
Amin, S. 2019. Peningkatan Profesionalisme Guru Malalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat,Vol. 4 No. 4 Hal. 563-572.
Dai, H. Roviana, dkk. 2022. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Bagi Guru SD N 2 Limboto. Devotion: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 1 No. 2 Hal 27 – 30.
Enterprise, Jubilee. 2021. Desain Grafis dengan Canva Untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komptindo.
Kustandi, Cecep & Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.
Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Sleman: CV. Budi Utama.
Rochmawati, Naim. 2023. Pelatihan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Untuk Guru MI Al Ahmad Krian Sidoarjo. Jurnal Abdi Vol. 9 No. 1 Hal. 46 – 52.
Umbara, U. dkk. 2019. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Flash Menggunakan Adobe Animate bagi Guru SMP di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol 4. No. 1 Hal 93 – 104.
Wardhanie, Ayouvi P. 2021. Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk Pada Sekolah Islami Berbasis Kewirausahaan. Society : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol 2 No. 1 Hal 51 – 58.
Yanuarti, M. dkk. 2023. Matematika Ekonomi dan Bisnis. Tangerang Selatan: Unpam Press
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.