Pelatihan Pembuatan Media Ajar Menggunakan Canva Pada Guru Smk Pgri 39 Jakarta

Authors

  • Maghfiroh Yanuarti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Endah Asmarawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Aidil Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/kmm.v4i2.40807

Keywords:

Pelatihan, Media Pembelajaran, Canva

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk memberikan keterampilan pembuatan media pelajaran dengan aplikasi canva pada guru SMK PGRI 39 Jakarta. Pelatihan ini bertujuan supaya guru di SMK PGRI 39 Jakarta dapat membuat media pembelajaran yang interaktif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini didasari karena banyaknya permasalahan guru yang melihat siswa yang kurang motivasi dalam pembelajaran. Alternatif solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan untuk guru-guru dalam membuat pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif belajar di dalam kelas, salah satunya menggunakan media pembelajaran interaktif. Canva merupakan salah satu aplikasi yang memudahkan guru untuk membuat media pembelajaran yang interaktif, inovatif dan kreatif. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa pelatihan atau workshop. Dengan metode pemberian pelatihan diharapkan guru-guru dapat menyerap ilmu yang diberikan secara maksimal dan dapat melakukan praktek langsung membuat media pembelajaran interaktif dengan aplikasi canva. Hasil dari kegiatan PKM ini meliputi: (1)  Diharapkan guru-guru di SMK PGRI 39 Jakarta dapat membuat media pembelajaran dengan aplikasi canva (2) Diharapkan media pembelajaran yang dibuat oleh guru merupakan media pembelajaran yang interaktif, kreatif dan inovatif (3) Diharapkan siswa-siswa menjadi lebih termotivasi dan mengalami peningkatan prestasi belajar setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran dengan canva.

References

Abd Haris Nasution, A.D. 2020. Pengembangan Media Berbentuk Infografis Dalam Pembelajaran Sejarah Tingkat SMA. Jurnal Sekolah Vol. 4. No. 3 Hal. 261-266

Amin, S. 2019. Peningkatan Profesionalisme Guru Malalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat,Vol. 4 No. 4 Hal. 563-572.

Dai, H. Roviana, dkk. 2022. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Bagi Guru SD N 2 Limboto. Devotion: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 1 No. 2 Hal 27 – 30.

Enterprise, Jubilee. 2021. Desain Grafis dengan Canva Untuk Pemula. Jakarta: Elex Media Komptindo.

Kustandi, Cecep & Daddy Darmawan. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Sleman: CV. Budi Utama.

Rochmawati, Naim. 2023. Pelatihan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Untuk Guru MI Al Ahmad Krian Sidoarjo. Jurnal Abdi Vol. 9 No. 1 Hal. 46 – 52.

Umbara, U. dkk. 2019. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Flash Menggunakan Adobe Animate bagi Guru SMP di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol 4. No. 1 Hal 93 – 104.

Wardhanie, Ayouvi P. 2021. Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk Pada Sekolah Islami Berbasis Kewirausahaan. Society : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol 2 No. 1 Hal 51 – 58.

Yanuarti, M. dkk. 2023. Matematika Ekonomi dan Bisnis. Tangerang Selatan: Unpam Press

Downloads

Published

2024-06-13

How to Cite

Yanuarti, M., Asmarawati, E., & Putra, A. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Ajar Menggunakan Canva Pada Guru Smk Pgri 39 Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(2), 161–166. https://doi.org/10.32493/kmm.v4i2.40807